horeka

Horeca: Sejarah, Pengertian, Macam dan Contoh di Indonesia

Ada banyak jenis usaha yang dilakukan dalam perekonomian untuk menunjang kehidupan. Serta banyak sektor yang bergerak membantu ekonomi masyarakat. Salah satunya melalui sektor horeca. 

Kali ini LinovHR akan membahas mengenai apa itu horeca, jenis-jenis dan contoh perusahaan horeca di Indonesia! 

 

Sejarah Singkat Horeca

Kata Horeca banyak digunakan di negara-negara Eropa.Pada awalnya industri horeca berkembang pesat di Eropa. Pada tahun 2004 sektor ini mampu mempekerjakan 7,8 juta orang. Selain itu, sektor industri ini juga menghasilkan omset hingga milyaran euro. 

Horeca cukup berperan penting dalam mendukung sektor pariwisata. horeka dapat mendukung sektor pariwisata dalam meningkatkan pengunjung. Industri horeka meliputi berbagai bidang, diantaranya, yaitu  bisnis hotel,  lokasi berkemah, restoran, bar,  kantin dan katering. 

 

Baca Juga: Perusahaan F&B dan Perkembangannya di Indonesia

 

Namun, dahulu sektor horeca dipandang sebagai tempat bekerja musiman. Hal tersebut lantaran bidang ini banyak mempekerjakan para pelajar yang mengisi waktu dengan kerja part time di waktu luang, seperti liburan musim panas. 

 

Pengertian Horeca

Horeca adalah sektor industri yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman.  horeca merupakan singkatan dari Hotel, Restoran, dan cafe. 

Sektor Horeca berperan penting dalam pertumbuhan sektor pariwisata. Apabila sektor horeca dikelola dengan baik, maka akan meningkatkan pendapatan suatu negara melalui pajak yang dihasilkan.

Tak hanya itu, sektor horeca juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Karena sektor ini bergerak dalam bidang makanan dan minuman, maka tenaga kerja yang terserap umumnya berasal dari sekolah perhotelan atau tata boga.

horeca

 

Jenis – Jenis Perusahaan Horeca

Umumnya, horeca terbagi menjadi 3 jenis, yakni:

1.Hotel 

Jenis yang pertama dari Horeca adalah. hotel 

Hotel merupakan bisnis yang bergerak dibidang jasa jasa penginapan. Selain menyediakan jasa penginapan hotel juga menyediakan fasilitas penunjang lain seperti cafe atau restoran.

 

2. Restoran

Restoran adalah suatu tempat pelayanan komersial yang menyediakan pelayanan untuk konsumen. Pelayanan tersebut berupa penyedia makanan dan minuman. Dalam memajukan usaha restoran, perlu memperhatikan berbagai aspek.

Aspek tersebut mulai dari penyediaan bahan baku makanan dan minuman yang segar dan berkualitas. Pembangunan restoran di lokasi yang strategis agar mudah ditemukan pelanggan. Serta, penyediaan fasilitas penunjang yang lengkap, seperti ruangan bersih, kelengkapan alat makan dan minum, toilet layak guna dan lainnya.

 

3.  Cafe

Cafe merupakan suatu tempat yang menyediakan pelayanan penjualan minuman. cafe biasanya identik dengan sajian minuman kopi. Akan tetapi, cafe biasanya juga menyediakan makanan ringan lainnya. 

Saat ini, cafe cukup banyak dikunjungi oleh kawula muda. Anak-anak muda menjadikan cafe sebagai tempat bercengkrama dan melepas kerinduan. Pengunjung yang berasal dari kalangan muda pun kerap mengupload kunjungannya ke cafe di sosial media mereka. 

Selain itu, cafe juga dikunjungi untuk mencari suasana kerja yang baru. Suasana cafe yang nyaman mampu meningkatkan produktivitas dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Contoh Perusahaan Horeca di Indonesia

Di bawah ini adalah contoh keberadaan industri horeca di Indonesia:  

 

  • Hotel Grand Hyatt Jakarta

 

Hotel ini berada di jalan M.H. Thamrin Jakarta Pusat. Hotel ini memiliki pelayanan bintang 5. Fasilitas yang diberikan, yaitu Wifi, kolam renang, pusat kesehatan (gym), taman yang luas, lapangan olahraga, lahan parkir gratis, dan lainnya.

 

 

  • Hotel Ascott Jakarta

 

Hotel ini berada di daerah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Hotel berbintang lima ini memiliki fasilitas lengkap, seperti lapangan olahraga, pusat kesehatan (gym), sauna, restoran, dan lain-lain.

 

 

  • Restoran Akira Back

 

Akira Back merupakan restoran Jepang.Restoran ini terletak di kawasan Setia Budi, Kuningan, Jakarta Selatan. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan gedung-gedung tinggi yang menawan. Menu andalan dari restoran ini, yaitu akira back tacos. Makanan ini berupa sajian daging sapi wagyu yang diselimuti saus ponzu serta taco.

 

 

  • Restoran Turkuaz

 

Turkuaz Restaurant terletak di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Restoran ini memiliki desain unik ala Turki. Restoran ini cocok untuk pengunjung yang menyukai makanan khas Turki.

 

 

  • Cafe Batavia

 

cafe Batavia memberikan suasana layaknya bangunan Belanda zaman dahulu.cafe terletak di Jl. Pintu Besar Utara, Tamansari, Jakarta. Desain yang unik dari cafe mampu memikat hati pengunjung sehingga tak jarang dari mereka yang melakukan swafoto dan mengunggahnya ke media sosial.

 

 

  • Cafe Strawberry

 

cafe ini terletak di Greenville, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. cafe Strawberry memiliki tema unik, yakni buah strawberry. cafe ini memberikan kesan manis bagi pengunjung lantaran terdapat buah strawberry di berbagai sudut cafe.

 

Kehadiran Sektor horeca yang terdiri dari industri Hotel, Restoran, dan cafe yang dikelola dengan baik, nantinya akan meningkatkan minat wisatawan. Mengapa demikian? Hal tersebut karena wisatawan akan merasa nyaman dalam mengunjungi suatu objek wisata yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang lengkap.

Selain itu, horeca juga mendatangkan banyak manfaat lainnya. Terbukanya lapangan kerja untuk masyarakat sekitar. Serta, meningkatnya penghasilan pajak untuk pemerintah.