featured image dashboard hris

Dashboard HRIS Lengkap LinovHR Bantu Perencanaan Strategis Perusahaan

Tugas yang paling menantang bagi bisnis saat ini adalah menangani jumlah data yang tak terbatas, yang memberikan visibilitas, wawasan, dan informasi lainnya secara real-time. Di mana data ini sangat berguna untuk membantu pengambilan keputusan bisnis yang penting.

Tantangan ini bisa menjadi lebih buruk lagi ketika organisasi tidak memiliki data dalam satu tampilan yang komprehensif secara struktur dan metrik.

Terutama bagi HR, yang mengurus berbagai banyak data dan diharapkan untuk selalu mendapatkan informasi terbaru.

Berbagai data penting tentang wawasan bisnis perusahaan, manajemen sumber daya manusia, proses manajemen kompensasi karyawan, pemantauan SDM, dan metrik bisnis lainnya yang membutuhkan banyak data yang akan menciptakan sebuah informasi berarti.

Di sinilah diperlukan HRIS yang memiliki dashboard yang kuat yang membantu tim HR untuk mengintegrasikan data bisnis, analitik, data real-time, untuk menciptakan wawasan tunggal.

Menjawab kebutuhan data bagi HR dan perusahaan yang semakin krusial, LinovHR sebagai penyedia software HRIS terkemuka menjawab hal ini dengan menyediakan dashboard yang komprehensif.

Mari kenali lebih dalam mengenai jenis, hak akses, dan kelebihan yang dimiliki dashboard HRIS LinovHR.

 

Kenapa Penting Memiliki Software HRIS yang Memiliki Dashboard

Visualisasi berperan besar dalam memberikan kejelasan dan pemahaman data yang kompleks di dalam data HR, sehingga dapat ditindaklanjuti.

Bayangkan, Anda menghabiskan waktu yang lama untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan karyawan dan bisnis. Anda menghitung metrik dan KPI, serta membuat berbagai bagan dan grafik.

Namun sekarang Anda perlu melacak semua temuan dan melakukan perbandingan dan perhitungan lainnya untuk dianalisis dengan berbagai sistem secara bersamaan.

Kehadiran dashboard menjadi solusi yang tepat dalam hal ini. Dashboard yang menampilkan visualisasi data dapat menjembatani persepsi manusia dengan presentasi data.

Dengan memanfaatkan alat visual seperti bagan, pengukur, dan peta, dashboard menawarkan wawasan yang berdampak dan prediktif yang memenuhi kebutuhan operasional, analitis, dan strategis.

Infographic manfaat dashboard hris
Infographic manfaat dashboard hris

 

Jenis-jenis Dashboard yang Dimiliki HRIS LinovHR

LinovHR memiliki berbagai pilihan jenis dashboard yang menyesuaikan dengan modul-modul yang tersedia. Dashboard tersebut tersedia di dalam modul:

  • Organization
  • Workforce
  • Time & Attendance
  • Payroll
  • Loan
  • Reimbursement
  • Recruitment
  • Competency Management
  • Performance
  • Career Path
  • Succession
  • Learning Management
Dashboard HRIS
Dashboard HRIS

 

Keberagaman jenis dashboard yang disediakan oleh HRIS LinovHR ini sendiri adalah sebagai cara untuk mengakomodir kebutuhan data dan informasi yang berbeda-beda yang dibutuhkan oleh user dalam pengelolaan human resource.

Oleh karena itu, untuk menjawab itu semua, LinovHR memisahkan setiap dashboard pada masing-masing modul.

 

Siapa Saja yang Bisa Mengakses Dashboard?

Dashboard bisa diakses oleh siapapun user yang masuk ke dalam suatu Access Group, di mana setiap user ini akan mendapatkan hak akses yang berbeda-beda untuk melihat dashboard tertentu.

Di dalam Software HRIS LinovHR juga terdapat sebuah pengaturan Dashboard Authorization yang berfungsi untuk mengatur hak akses user, di sini dapat diatur dan dikelola siapa saja yang berhak untuk mengakses dashboard tersebut.

User yang mendapatkan hak akses dashboard dapat menggunakannya dengan cara dashboard. Di sini user bisa mengatur tampilan/widget dashboard mana saja yang ingin ditampilkan sesuai dengan kebutuhan, sehingga tampilan dashboard bisa saja berbeda untuk setiap user

 

Keunggulan Dashboard HRIS LinovHR

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh dashboard HRIS LinovHR kepada para penggunanya.

1. Akses yang Fleksibel

Ya, untuk menggunakan dan melihat dashboard ini user bisa mengaksesnya melalui web atau perangkat mobile.

Akses mobile ini sendiri diperuntukan khusus untuk karyawan, baik itu mereka yang memiliki akses superior atau karyawan biasa. Namun, tentu saja data yang tersaji dalam dashboard ini berbeda dengan yang ditampilkan dalam web admin.

 

2. Kustomisasi Menyesuaikan Kebutuhan

Para pengguna Software HRIS LinovHR bisa melakukan kustomisasi dashboard mereka sesuai kebutuhan. Kustomisasi ini mungkin sekali dilakukan selama data yang ingin ditampilkan sudah tersedia di dalam aplikasi.

Contohnya, kondisi awal pada Modul Time & Attendance tidak tersedia informasi terkait dengan karyawan yang mengajukan cuti pada suatu periode, kemudian user ingin informasi tersebut dapat ditampilkan pada dashboard.

Hal ini bisa dilakukan karena pada dasarnya pengajuan cuti karyawan sudah tersedia dalam aplikasi, sehingga yang perlu dilakukan adalah mengolah data transaksi tadi ke dalam bentuk visualisasi data yang diinginkan.

 

3. Pilihan Visualisasi Data yang Beragam

Visualisasi data yang bisa ditampilkan oleh dashboard HRIS LinovHR sangat beragam, mulai dari grafik (pie chart, bar chart, line chart), persentase, dan daftar atau list. Semua bentuk visualisasi ini dapat menyesuaikan dengan informasi yang dibutuhkan.

Contohnya, user ini menampilkan data karyawan yang akan pensiun atau karyawan yang masa kontraknya akan segera berakhir. Di sini Anda bisa memilih akan menampilkan dalam bentuk list di dalam tabel.

Atau Anda ingin melihat data persebaran karyawan berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan. Anda dapat melihat visualisasi data ini dalam bentuk pie chart.

 

Pada akhirnya, dashboard HRIS LinovHR adalah tools andal yang bisa mendukung manajemen human resource dalam memanfaatkan berbagai data untuk menunjang keberhasilan bisnis Anda.

Sudah saatnya, beralih ke software HRIS yang mengerti dan mendukung pemanfaatan data dalam pengambilan keputusan. Ayo beralih ke LinovHR sekarang!

Ajukan demo gratis untuk mengetahui lebih dalam modul dan fitur yang kami tawarkan untuk perusahaan Anda!