tepat waktu

5 Keuntungan Datang Tepat Waktu ke Kantor Setiap Hari

Bagi sebagian karyawan, pagi hari adalah saat yang melelahkan. Mereka harus berlari terburu-buru untuk menuju kantor. Sesampainya di kantor, karyawan justru tidak nyaman karena pagi tadi sempat berlari turun dari kendaraan. Pekerjaan pun menjadi kurang fokus akibat kelelahan di pagi hari. Hal tersebut tidak akan dialami oleh karyawan yang selalu datang tepat waktu. Memang bangun lebih pagi agar tiba di kantor tepat waktu agak merepotkan. Namun, manfaatnya sangat besar bagi karyawan. 

 

Keuntungan Datang Tepat Waktu

Setiap orang mempunyai kemampuan untuk mengatur waktunya masing-masing. Kehadiran adalah salah satu faktor evaluasi kinerja dalam perusahaan. Semakin sering karyawan datang pada waktu yang ditentukan, semakin baik kinerjanya di mata HRD. Datang tepat waktu juga membuat karyawan lebih rileks dalam memulai hari-harinya di kantor. Penasaran manfaat lainnya? Di bawah ini adalah penjelasan mengenai keuntungan karyawan yang selalu datang tepat waktu!

 

1. Lebih Fokus dan Produktif

Karyawan yang datang tepat waktu cenderung lebih fokus dan produktif. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karyawan tersebut punya waktu lebih untuk merencanakan apa yang akan dikerjakan hari ini dan hal-hal kecil lain seperti menyusun meja kerja agar mood kerja semakin baik. Karyawan pun lebih siap untuk menyelesaikan tugas utamanya lebih fokus dan menghadapi berbagai tugas tambahan yang ada. Sehingga karyawan cenderung lebih fokus dan produktif karena paham dan tahu hal apa yang harus dilakukan hari itu. 

 

2. Mengurangi Stress

Ada kalanya tugas pekerjaan mulai menumpuk dan membuat karyawan menjadi stress. Bayangkan jika seorang karyawan datang terlambat dan tidak mampu menyelesaikan tugas utamanya, sementara tiba-tiba request tugas baru muncul. Tentu hal itu membuat karyawan kelabakan dan stress jika berlama-lama bertahan di kebiasaan tersebut. Stres yang dirasakan terus-menerus akan mengganggu kemampuan untuk membuat keputusan, berpikir dan menyelesaikan sesuatu dengan tepat. Dengan tepat waktu, karyawan dapat memulai kerja dengan rileks, jernih dan bebas dari gangguan emosional yang mengganggu.

 

Baca Juga: Tips Manajemen Stress untuk Karyawan

 

3. Memperkuat Kepercayaan dan Komunikasi

Datang terlambat mencerminkan integritas dan rasa hormat kepada orang lain. Karyawan lain akan menilai karyawan yang selalu telat sebagai orang yang  tidak dapat diandalkan, ceroboh, dan tidak teratur. Sementara ketepatan waktu mencerminkan karyawan sebagai orang yang dapat dipercaya, perhatian terhadap detail, dan siap menghadapi tantangan. Hal itu akan mempengaruhi pola komunikasi dan tingkat kepercayaan dengan karyawan lain jauh lebih baik.  

 

4. Manajemen Waktu Lebih Teratur

Manajemen waktu adalah proses kontrol berdasarkan kegiatan yang direncanakan dari yang paling penting hingga yang tidak terlalu penting dan tak membutuhkan banyak perhatian. Kontrol atau pengendalian tersebut dimaksudkan agar proses kinerja menjadi maksimal. Karyawan yang terlambat tidak punya waktu lebih untuk mengatur skala prioritas dan manajemen waktu, berbeda dengan karyawan yang datang lebih awal dan punya waktu lebih untuk merencanakan apa yang akan dikerjakan dan kapan akan mengerjakannya. 

 

5. Meningkatkan Profesionalisme

Datang terlambat pada akhirnya akan menghancurkan profesionalisme dan penilaian kinerja. Ketepatan waktu adalah tanda profesionalisme serta membantu karyawan menjadi orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.  Kehadiran yang tepat secara konsisten akan membangun reputasi sebagai karyawan yang profesional. Secara tidak langsung profesionalisme akan membantu karyawan memperoleh promosi dan kenaikan jenjang karir. Terdengar cukup menggoda, bukan? 

 

Baca Juga: 12 Cara Kerja Cerdas bukan Kerja Keras

 

Mencatat Kehadiran Karyawan dengan Aplikasi Absensi 

Jumlah karyawan yang banyak menyulitkan HRD dalam mencatat dan rekapitulasi data kehadiran. Sistem absensi manual menggunakan kertas pun mudah dimanipulasi. Contohnya karyawan yang datang terlambat bisa saja menuliskan jika ia datang tepat waktu tanpa disadari oleh pihak HRD. Pembuatan laporan kehadiran untuk penilaian kinerja jauh lebih sulit karena HRD harus menginput data kehadiran satu-satu kedalam tabel laporan. Kehadiran karyawan juga menjadi salah satu komponen perhitungan gaji yang harus diintegrasikan dalam payroll saat payroll bulanan tiba. Lagi-lagi, sistem absensi manual tidak dapat memfasilitasinya.  

Untuk itulah aplikasi absensi dari LinovHR dapat menjadi kunci bagi rumitnya pencatatan kehadiran karyawan. Data akan langsung menampilkan secara real time karyawan mana yang datang tepat waktu dan terlambat setiap harinya. Manipulasi kehadiran karyawan pun hampir tidak dapat dilakukan. Data kehadiran dalam aplikasi absensi dari LinovHR juga dapat diintegrasikan dengan sistem payroll untuk perhitungan payroll bulanan. Pengolahan dan perhitungan gaji menjadi cepat dan akurat berkat aplikasi absensi dari LinovHR. Ingin mencoba kemudahan aplikasi absensi dari LinovHR? Hubungi LinovHR sekarang juga!