associate

Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Cobalah Melamar Jabatan Associate!

Bagi para fresh graduate, memang biasanya jenis atau jabatan pekerjaan yang diincar merupakan jenis jabatan new entry. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata jabatan associate juga bisa Anda dapatkan meskipun status yang dimiliki adalah fresh graduate?

Pasalnya, jabatan associate adalah jabatan yang menunjukkan posisi di bawah rekan kerjanya.

Karena dari arti associate itu sendiri adalah ‘Muda’, seperti sales associate atau sales muda. Maka dari itu, apabila Anda memiliki pengalaman sedikit dari biasanya yang harus dimiliki, Anda dapat menjadi seorang associate dari sebuah posisi meskipun dengan gaji yang lebih kecil.

Karena hal ini lah, biasanya associate juga sering dikategorikan sebagai posisi entry-level. Meskipun demikian, perlu juga bagi Anda untuk tetap memastikan kembali mengenai penjelasan deskripsi pekerjaan yang ingin Anda lamar meskipun tertera bahwa jabatannya adalah associate. 

 

Kenapa Jabatan Associate Cocok Untuk Fresh Graduate?

Sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di atas bahwa jabatan associate merupakan jabatan yang sama saja dengan jabatan entry level, khusus untuk orang-orang yang belum memiliki pengalaman banyak dalam perihal pekerjaan, jabatan associate tentunya sangat cocok untuk fresh graduate.

Bagi para fresh graduate yang hanya memiliki minim pengalaman dalam dunia kerja, jabatan associate bukanlah merupakan hal yang dihindari dan lebih cenderung untuk mengambil entry-level saja.

Padahal jabatan associate ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan utama Anda untuk memulai karir Anda di dalam suatu posisi dan juga mendalami jabatan yang Anda inginkan.

Untuk menjadi seorang associate pun yang hanya Anda butuhkan adalah minimal pendidikan SMA atau S1 dengan berbagai pengalaman dari program internship yang pernah dijalani sebelumnya semasa sekolah atau kuliah. Setelah menjadi associate, Anda dapat memiliki pengalaman kerja sebagai bekal untuk naik jabatan secara perlahan-lahan. 

Saat mencari pekerjaan tingkat associate, coba masukkan istilah “associate” di samping judul pekerjaan yang Anda inginkan. Di beberapa situs pencarian kerja, Anda juga dapat memilih tingkat senioritas yang Anda ingin dapatkan.

Memulai dari tingkat jabatan yang lebih rendah di perusahaan bisa memberikan Anda kesempatan untuk memperoleh keterampilan, pengalaman dan juga relasi profesional yang dapat membantu Anda menuju promosi selanjutnya.

 

Baca Juga: Cara Menulis CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Beserta Contoh!

 

Contoh Posisi Yang Sering Menyertakan Posisi Associate 

Bila Anda masih bingung mengenai posisi pekerjaan apa saja yang biasa membuka jabatan associate di sebuah perusahaan, berikut ini adalah beberapa posisi associate dan juga tugas yang dimiliki oleh setiap posisi.

 

Associate Manager

Posisi pekerjaan ini biasanya menempatkan Anda menjadi bawahan seorang manajer.

Posisi ini cocok bagi Anda yang ingin meniti karir sebagai manajer. Manajer asosiasi mungkin diminta untuk melakukan tugas lain di dalam perusahaan yang sepadan dengan keahlian dan pengalaman mereka.

 

Tugas dari seorang associate manager adalah seperti berikut:

  1. Mengawasi pekerjaan semua anggota staf
  2. Mengutamakan pengalaman customer  dengan menanggapi masalah yang muncul
  3. Menyimpan catatan terbaru tentang produk yang terjual dan total penjualan harian
  4. Berpartisipasi dalam pertemuan rutin untuk membahas proyek dan tujuan perusahaan
  5. Bekerja sama dengan manajer untuk mengembangkan dan meningkatkan prosedur perusahaan
  6. Melakukan riset pasar secara berkala untuk mengetahui efektivitas strategi penjualan perusahaan

 

Associate Director of Marketing

Associate director dapat dipanggil untuk melakukan tugas lain tergantung pada keahlian dan pengalaman tertentu dalam ruang lingkup marketing.

Tugas dari seorang Associate Director of Marketing meliputi berbagai hal, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

 

  1. Merencanakan dan mengarahkan operasi harian departemen marketing
  2. Melaporkan kepada executive marketing director tentang kemajuan menuju target perusahaan
  3. Menerapkan rencana strategis tahunan yang disepakati oleh manajemen senior
  4. Mengatur dan mendorong pelatihan anggota staf baru dan peluang pengembangan karir bagi karyawan senior
  5. Berkonsultasi dengan executive director untuk mengembangkan rencana operasional masa depan
  6. Menghadiri pertemuan tingkat senior untuk mempresentasikan pekerjaan departemen marketing

 

Baca Juga: 7 Tips Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru untuk Fresh Graduate

 

Associate Editor

Lowongan yang satu ini sering dijumpai di media massa. Berikut adalah tanggung jawab yang perlu dipenuhi oleh seorang associate editor:

 

  1. Meninjau dan mengedit konten yang ditulis oleh staf penulis atau pekerja lepas
  2. Membuat dan menegakkan tenggat waktu untuk sebuah proyek
  3. Mengawasi kemajuan tim pengeditan
  4. Menulis artikel editorial yang dijadwalkan secara teratur untuk publikasi
  5. Memeriksa sumber konten untuk akurasi

 

Seringkali, seorang associate editor dengan riwayat kinerja yang sangat baik akan memenuhi syarat untuk promosi dalam waktu dua tahun.

Masih ada banyak lagi posisi yang sering membuka lowongan dalam jabatan associate yang tentunya cocok untuk para fresh graduate yang ingin menambah ilmu serta menambah pengalaman demi mendapatkan bekal di jenjang karir yangs selanjutnya.

Meskipun posisi pekerjaan dengan tingkat jabatan associate ini dapat dikatakan cocok untuk para fresh graduate, perlu diingat lagi bahwa semua jenis pekerjaan tentunya membutuhkan berbagai skill untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Maka dari itu, usahakanlah untuk tetap selalu mengecek kembali deskripsi pekerjaan yang dilamar agar Anda pun dapat menyesuaikan kemampuan dan juga tanggung jawab yang memang dibutuhkan dalam posisi tersebut.

Bagaimana, kini tertarik untuk melamar pekerjaan dengan tingkat jabatan associate?

Posisi ini cocok untuk para pencari kerja yang belum ada pengalaman kerja secara mendalam.  Semoga artikel ini bermanfaat!