diversity

Apakah Diversity Penting di Perusahaan? Simak 5 Alasan Berikut!

Ketika berada di lingkungan kerja, pasti ada keberagaman yang muncul. Akan tetapi, apa yang anda pikirkan? Apakah hal umum seperti yang selalu dipikirkan orang lain seperti perbedaan usia, latar belakang budaya, ras, dan jenis kelamin? Jika hal-hal seperti ini yang ada di dalam pemikiran anda, maka hal tersebut bukan lah keseluruhan dari diversity atau keberagaman di dunia kerja.

 

Pengertian Diversity di Perusahaan

Diversity atau keberagaman di dunia kerja juga mencakup hingga hal personal seperti kepribadian, pola pikir, hingga perbedaan tahapan karir yang dimiliki oleh para pegawainya. Keanekaragaman budaya yang ada di lingkungan kerja, akan mempengaruhi mood dan suasana pekerjaan berdasarkan perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu yang ada di dalamnya. 

Dengan mempekerjakan orang yang beragam dengan segala perbedaan kepribadian, kreativitas, serta pola pikir, yang unik untuk membantu suatu organisasi atau perusahaan dalam mendapatkan berbagai ide dan perspektif yang beragam untuk mencapai tujuan, visi dan misi  perusahaan tersebut.

 

Baca Juga: Memecahkan Masalah dengan Kreatif Menggunakan Design Thinking

 

Sedangkan di dalam konteks organisasi atau kelompok, keberagaman atau diversity adalah dapat dijelaskan sebagai karakteristik penting dari manusia yang memiliki pengaruh terhadap nilai nilai, persepsi, serta kesempatan individu pada dirinya dan orang lain.

 

Alasan Diversity atau Keberagaman Penting di Perusahaan

Berdasarkan pengertian yang sudah dijelaskan, diversity atau keberagaman adalah suatu kondisi yang berbeda di dalam sebuah lingkungan. Dari situ ada beberapa hal yang menyebabkan keberagaman menjadi penting di dalam sebuah lingkungan organisasi, atau perusahaan. Hal- hal tersebut adalah :

 

1. Menghadirkan bakat, keterampilan & pengalaman

Manfaat yang pertama dari keanekaragaman budaya yang ada di dalam suatu perusahaan adalah dapat menghadirkan bakat, keterampilan serta pengalaman. Adanya pribadi yang berbeda sama lain dapat menunjukan skill yang berbeda satu sama lain. Dengan hal ini, tentu saja akan  memberikan keuntungan bagi perusahan dan kinerja dari seluruh anggota perusahaan atau organisasi.

 

2. Menciptakan inovasi

Manfaat kedua yang didapatkan dari adanya keberagaman di dalam sebuah perusahaan, adalah karena dapat menciptakan inovasi atau ide-ide baru. Dengan adanya orang yang mempunyai latar belakang, pola kerja, serta pengalaman yang berbeda dapat mendorong terciptanya berbagai macam ide dan inovasi. Sebagai contoh, apabila seorang pegawai memiliki ide baru yang dapat diterima oleh mayoritas pegawai, dan ada orang lain yang memiliki pengalaman serta pendapat yang dibutuhkan guna mewujudkan ide tersebut. Ini merupakan salah satu bukti jika kemampuan yang berbeda dapat digunakan untuk memaksimalkan ide tersebut.

 

3. Keterampilan berbahasa asing

Keterbatasan bahasa dan perbedaan budaya terkadang menjadi rintangan di dalam mengembangkan suatu usaha, apalagi jika berada di dalam skala internasional. Namun, dengan memiliki pegawai yang memiliki kemampuan berbahasa asing dengan baik, dapat membantu bisnis dan perusahaan untuk terus berkembang.

 

Baca Juga: Mengenal Perusahaan Multinasional dan Contohnya di Indonesia

 

4. Menumbuhkan bakat karyawan

Manfaat berikutnya dari adanya diversity di dalam suatu perusahaan adalah dapat menumbuhkan dan memunculkan bakat dari para karyawannya. Jika suatu perusahaan yang menghargai adanya keberagaman, pasti akan menarik lebih banyak minat orang lain untuk melamar dan masuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Alasannya, sebuah perusahaan atau organisasi yang menghargai keberagaman pasti dipandang sebagai perusahaan yang progresif dan akan menarik bagi seluruh lapisan masyarakat.

 

5. Meningkatkan kinerja kerja

Manfaat terakhir adalah dapat meningkatkan kinerja dari karyawan. Secara tidak langsung, perusahaan yang menghargai adanya diversity atau keberagaman akan menjadikan karyawannya merasa diterima oleh lingkungan kerja. Hal ini akan menjadi dorongan atau alasan untuk para pegawai dan karyawan menjadi lebih bertanggung jawab dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

 

performance review

Cara Menerapkan Diversity di Perusahaan

Lima cara penerapan manajemen diversity di dalam perusahaan ini sesuai dengan pernyataan Bangun (2012) bahwa salah satu cara mengelola keragaman yakni dengan memberikan kepercayaan penuh kepada anggota minoritas dalam berkreasi dan mengembangkan kegiatan-kegiatan organisasi. Di dalam menerapkan manajemen keberagaman, ada beberapa langkah yang dapat digunakan oleh perusahaan. Yaitu dengan :

  1. Menyediakan prasarana dan sarana serta fasilitas olahraga untuk karyawan, kegiatan yang mendukung hobi karyawan seperti musik.
  2. Mengadakan kegiatan keagamaan yaitu kesempatan untuk merayakan hari raya keagamaan yang langsung difasilitasi perusahaan.
  3. Memberikan cuti bagi seluruh karyawan dengan aturan yang disesuaikan berdasarkan kebijakan perusahaan.
  4. Perusahaan menempatkan aspek kesejahteraan karyawan dalam posisi yang tinggi dengan memberikan fasilitas kesehatan bagi karyawan dan keluarga serta program pasca kerja yang dapat memberikan ketenangan di masa yang akan datang. 
  5. Perusahaan juga memberikan wadah bagi karyawan untuk dapat menyuarakan aspirasi atau ide yang dimilikinya bagi perusahaan melalui serikat karyawan Petrokimia Gresik. 

 

Melalui cara tersebut, para karyawan  merasa bahwa perusahaan adalah bagian dari hidupnya, sehingga mencurahkan segala kemampuan dan keterampilan untuk perusahaan. Selain itu, diversity pada akhirnya akan membuat moral kerja lebih baik karena semua karyawan peka terhadap kebutuhan akan perbedaan nilai, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan kerjasama antar individu dalam organisasi.