Menyikapi Kegagalan di Tempat Kerja

Kegagalan Adalah Hal yang Harus Dihadapi, Ini Cara Menyikapinya!

Kegagalan adalah hal yang pasti kita alami, termasuk di dunia kerja. Pasti ada momen di mana kita gagal untuk memenuhi apa yang diharapkan. Di dalam keadaan seperti itu, pasti kita merasa sedih dan merasa diri ini tidak layak.

Tapi, saat kegagalan menghampiri Anda, ada baiknya jangan bersedih berlarut-larut. Kemampuan kita untuk bangkit dan belajar dari kegagalan akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih tangguh dan memiliki resilience.

Jika Anda merasakan kegagalan di tempat kerja dan merasakan frustasi akibat kegagalan tersebut, Anda perlu membaca artikel dari LinovHR berikut ini!

 

 

Apa Itu Kegagalan?

Kegagalan adalah suatu kondisi di mana ketidakmampuan seseorang dalam menuju tujuan yang telah ditetapkan ataupun mewujudkan keinginannya. Selain itu kegagalan juga bisa diartikan tidak berhasilnya suatu tujuan seseorang.

Mengutip Fogle, kegagalan membuat manusia mudah menyerah karena tidak mampu mewujudkan impiannya. Sehingga manusia tidak dapat menjaga diri dalam ranah lingkungan sekitarnya.

Selain itu, kegagalan bisa terjadi akibat seseorang memaksakan dirinya melampaui batas kemampuannya.

Apabila dalam konteks pekerja, kegagalan bisa merujuk pada ketidakmampuan kita dalam menyelesaikan tugas seperti yang diharapkan.

Atau sebagai suatu hal yang terjadi karena ketidaksesuaian sebuah target atau tujuan yang ingin dicapai tidak terpenuhi.

Namun, seharusnya hal ini digunakan sebagai proses menuju kesuksesan. Pelajaran dalam sebuah kegagalan akan memberikan pengetahuan tentang sesuatu dan dapat digunakan untuk menjadi landasan agar seseorang dapat mewujudkan impiannya.

Seharusnya Anda tidak perlu berlarut-larut dalam keterpurukan. Dibutuhkan kerja keras dan bersikap pantang menyerah untuk meraih keberhasilan di tempat kerja.

 

Cara Menyikapi Kegagalan di Tempat Kerja

Kita semua pasti pernah menghadapi kegagalan yang membuat kita kehilangan kepercayaan diri. Namun, hal itu jangan sampai kita biarkan berlarut-larut. Berikut adalah beberapa cara menyikapinya.

 

  1. Mengakui kesalahan

Pada saat mengalami kegagalan, terimalah kegagalan tersebut dalam diri sendiri. Suatu kegagalan terjadi tentunya dikarenakan adanya suatu kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Oleh karena itu, akuilah kesalahan Anda walaupun terasa pahit. Sehingga hal tersebut akan meringankan beban pikiran dan meringankan langkah dalam melakukan perbaikan diri untuk bangkit kembali.

 

  1. Memaafkan diri sendiri

Cara yang kedua adalah memaafkan diri sendiri. Setelah mengakui kesalahan yang diperbuat, langkah selanjutnya adalah memaafkan diri sendiri. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri atau orang lain, Anda hanya perlu memperbaiki kegagalan yang telah dilakukan.

 

  1. Tetap tenang dalam menghadapi kenyataan

Kegagalan di dunia kerja merupakan sebuah proses pembelajaran untuk menuai keberhasilan. Anda harus memiliki pola pikir seperti itu agar dapat keluar dari pahitnya kegagalan.

Berusahalah tetap tenang dan selalu menunjukkan sikap profesionalisme yang tinggi saat di tempat kerja. Anda tentunya harus mengontrol emosi dan mulai menghadapi kenyataan dengan pikiran yang positif.

 

  1. Intropeksi diri

Setelah Anda bisa mengendalikan emosi, selanjutnya Anda perlu intropeksi diri dan berusaha memahami penyebab kegagalan.

Cobalah merenung dan merefleksikan diri selama beberapa saat. Cari tahu penyebab kegagalan dan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Lalu temukan solusi dan penyelesaian masalahnya, setelah itu lakukan solusi tersebut secara bertahap.

 

Baca Juga: Membangun Mental Kuat Karyawan dengan Resilience Training

 

Cara Menyemangati Orang yang Menghadapi Kegagalan

Jika Anda melihat teman, rekan atau keluarga yang sedang mengalami kegagalan, seharusnya Anda hadir untuk menyemangatinya.

Memiliki empati yang tinggi adalah dasar untuk menyemangati seseorang yang sedang mengalami kegagalan.

Berikut adalah beberapa cara menyemangati orang yang bisa Anda lakukan.

 

  1. Selalu ingatkan mereka bahwa setiap manusia pasti mengalami kegagalan

Cara yang pertama adalah selalu ingatkan mereka bahwa setiap orang pasti mengalami kegagalan. Ingatkan mereka dengan lembut dan halus agar mereka dapat menerima nasihat tersebut.

Ingatkan mereka bahwa mereka bukan satu-satunya orang yang mengalami kegagalan, dan sadarkan mereka bahwa setiap manusia tidak luput dari kesalahan.

 

  1. Berikan saran untuk istirahat

Berikan saran kepada mereka untuk beristirahat sejenak. Beristirahat dapat menjernihkan otak dan pikiran serta memperbaiki kesehatan mental seseorang.

Berikan mereka waktu untuk sendiri dan beristirahat agar pikiran mereka kembali jernih dan kembali menjalani kehidupan normalnya.

 

  1. Alihkan pikiran mereka untuk melakukan suatu hal yang penting

Langkah selanjutnya adalah alihkan pikiran mereka untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti olahraga, membaca buku, pengembangan diri, dan lain-lain.

Langkah ini dilakukan untuk membuat mereka tidak berlarut-larut dalam kesedihan akibat kegagalan yang terjadi.

 

Kata-kata Motivasi untuk Menyikapi Kegagalan

Mendengar kegagalan memang terasa pahit didengar. Saat Anda sedang mengalami hal ini, membaca kata-kata motivasi bisa menjadi coping mechanism kita sehingga kita tidak terlarut dalam kesedihan terus menerus.

Berikut adalah kata-kata motivasi untuk menyikapi kegagalan. Harapannya kata-kata motivasi ini dapat memberikan semangat untuk Anda dalam menghadapi sebuah kegagalan di tempat kerja.

  • “Kekhawatiranmu tidak akan mengubah hasilnya, tetap bangkit dan berjuanglah”.
  • “Kegagalan memberikan Anda kesempatan untuk memulai kembali dengan cara yang lebih cerdas”.
  • “Jangan menyerah jika mimpimu belum tercapai, dengan semangat dan sikap pantang menyerah, semua yang tidak mungkin akan berubah menjadi mungkin”.
  • “Jangan bersedih dari apa yang terjadi hari ini, sebab kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari”.
  • “Ada 1000 cara untuk bangkit, maka lakukanlah salah satunya”.
  • “Jadikan kegagalanmu menjadi landasan atas kesuksesanmu kelak”.
  • “Takut untuk salah adalah bentuk kegagalan yang telah mereka ciptakan sendiri”.
  • “Seorang pelaut yang handal tidak dilahirkan dari lautan yang tenang”.
  • “Kesuksesan berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan lain, tanpa kita harus kehilangan semangat”.
  • “Suatu kesuksesan perlu dirayakan, tetapi yang paling penting adalah untuk mengambil pelajaran dari kegagalan”.

 

Demikianlah artikel tentang cara menyikapi kegagalan di dunia kerja. Semoga artikel dari LinovHR ini dapat membantu Anda dalam menyikapi suatu kegagalan.

Terimakasih telah membaca sampai akhir.