inovasi

Manfaat dan Jenis Inovasi dalam Perusahaan

Inovasi hampir menjadi aspek yang menyeluruh dalam kehidupan masa kini. Tanpanya, semua yang ada dalam perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk merancang produk dan sistem yang berkesinambungan.  inovasi adalah suatu ide dan gagasan dari kehidupan sehari-hari yang dilandasi dengan suatu framework dan diterima sebagai hal yang baru untuk diimplementasikan. 

 

Jenis Inovasi

Di bawah ini adalah beberapa jenis inovasi yang biasanya ada di perusahaan: 

 

Incremental Innovation

Jenis ini adalah yang paling umum dan biasanya memanfaatkan teknologi dengan meningkatkan value produk yang telah ada dari sisi desain, ifur, manfaat, dan lainnya. Tak selalu tentang perubahan drastis. Inovasi pada hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan perbaikan produk yang ada. Perubahan kecil dan penambahan value dapat mengurangi biaya menarik segmentasi konsumen baru. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Software HR Terbaik untuk Perusahaan

 

Disruptive Innovation

Penerapan teknologi untuk membuka pasar baru yang belum ada sebelumnya sangat berperan dalam hal ini. Perusahaan akan mencoba untuk mendalami dan mengantisipasi perubahan pasar yang dinamis dan memberi variasi pada bisnis demi mengikuti perubahan zaman. Contoh nyatatnya adalah media cetak. Banyak sekali media cetak seperti Tempo, Kompas, The Jakarta Post tetap memproduksi koran harian mereka secara cetak namun juga memiliki portal berita website semi memenuhi permintaan masyarakat dan zaman atas informasi yang cepat dan akurat dalam teknologi. 

 

Architectural Innovation

Jenis ini hanya mengambil pengetahuan, teknologi, dan skill dari produk atau sistem sebelumnya dan menerapkannya di produk atau sistem dalam pasar yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen baru di suatu pasar. Perusahaan melakukan hal ini juga demi mengurangi risiko kegagalan karena inovasi sebelumnya telah terbukti berhasil meskipun dalam ranah yang berbeda. 

 

Radical Innovation

Sesuai namanya, radical. Akan ada perubahan total skala besar yang memiliki tujuan untuk menciptakan produk atau sistem baru yang tidak berkaitan dengan produk atau sistem yang lain. Jenis ini dapat melahirkan sektor industri baru yang belum pernah ada. Dari semua jenis di atas, Radical Innovation adalah jenis yang paling besar dalam melakukan perubahan.

 

Baca Juga:  9 Tips Meeting Efektif dalam Perusahaan

 

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Inovasi? 

Iklim bisnis semakin dinamis dan banyak sekali muncul perusahaan yang berkembang. Semua pertumbuhan tersebut akan membuat perusahaan berlomba-lomba dalam menghasilkan produk yang lebih unggul dibandingkan kompetitor lain.  Eksplorasi yang mendalam tentang gagasan dan ide akan menghasilkan improvisasi proses, meningkatkan kualitas produk baru dalam pasar, meningkatkan efisiensi, dan yang terpenting adalah meningkatkan profit. Kunci utama dari inovasi adalah peka terhadap perubahan dan kondisi di sekitar. Gagasan dan ide dapat dikembangkan melalui serangkaian percobaan sehingga dapat menghasilkan suatu inovasi yang diminati banyak orang. 

Ada banyak sekali perusahaan yang akhirnya gagal bersaing di pasar akibat mengabaikan inovasi. Contoh nyatanya adalah Blackberry. Merk smartphone yang sempat menguasai pasar smartphone tersebut akhirnya tumbang pada 2013 dan kalah bersaing dengan kompetitor seperti Apple, Samsung, dan Xiaomi di industri yang sama. Dilansir dari Wired  dalam The Mistakes That Cost BlackBerry Its Crown, dijelaskan bahwa Blackberry gagal karena perusahaan tidak mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan tren. Oleh karena itu, hal ini menjadi pembelajaran penting bagi perusahaan lain agar tidak mengalami kegagalan yang serupa. 

 

Manfaat Inovasi untuk Perusahaan

Selain urgensi dalam meningkatkan daya saing dan profit, inovasi memiliki beberapa manfaat lain yang sangat berguna untuk perusahaan. Di bawah ini adalah uraian singkat tentang manfaat yang dimaksud. 

 

Memecahkan Kesulitan Masalah

Perusahaan akan selalu mengalami masalah yang kian hari makin kompleks. Untuk menyelesaikan masalah, terkadang perusahaan membutuhkan cara yang berbeda. Ketika perusahaan berusaha mencari solusi di luar cara biasa, bisa saja muncul penyelesaian yang baru dan tak terpikir sebelumnya. 

 

Meningkatkan Produktivitas

Jika perusahaan merasa stuck dan berjuang untuk meningkatkan produktivitas, inilah saatnya untuk memikirkan cara menemukan proses baru.  Ada banyak metode di luar sana yang bisa kita gunakan, tetapi sebaliknya perusahaan membangun satu per satu yang memenuhi kebutuhan spesifik. Kombinasi ide-ide yang bekerja sama untuk membuat rencana produktivitas baru dan inovatif. 

 

Melahirkan Value Unik 

Perusahaan yang memiliki value unik jauh lebih unggul dan menonjol jika dibandingkan perusahaan lain. Di sinilah pemasaran akan lebih meningkat. Tunjukkan apa yang menjadi keunggulan dari value produk atau sistem yang dimiliki. Konsumen akan mengingat value tersebut dan lebih populer.

 

Bersaing dengan Kompetitor

Karena memiliki value yang unik, perusahaan tidak perlu gusar dengan kompetitor yang ada dalam lingkungan bisnis. Alih-alih menggunakan atau meniru kompetitor, perusahaan dapat menemukan keunggulan tersendiri. Dengan sedikit eksplorasi, perusahaan dapat menemukan cara yang lebih baik untuk merancang produk, terhubung dengan pelanggan, memasarkan bisnis, dan mengembangkan promosi.