Apa Itu Employee Assessment? Inilah Keunggulan Assessment Melalui LinovHR!

Apa Itu Employee Assessment? Inilah Keunggulan Assessment Melalui LinovHR!

Employee assessment mengacu pada praktik yang membantu HR mengukur kinerja karyawan selama periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Evaluasi ini selanjutnya membantu HR dalam memutuskan penilaian. Employee assessment biasa dilakukan setahun sekali.  

Adanya assessment ini membantu karyawan menilai diri mereka sendiri dan kinerja sendiri secara berkala, sambil terus-menerus memperbaiki kelemahan mereka dan meningkatkan kekuatan mereka.

Sebenarnya sepenting apa employee assessment itu? Apakah berpengaruh pada perusahaan? Mari kita cari tahu jawabannya bersama!

 

Pentingnya Employee Assessment di Perusahaan

Employee assessment dilakukan untuk meninjau kontribusi karyawan untuk sebuah perusahaan. Menggunakan penilaian ini untuk menentukan tingkat kompensasi yang harus para karyawan terima atau apa yang dapat dilakukan untuk berkontribusi lebih baik bagi perusahaan. Employee assessment dapat membantu karyawan untuk tetap terlibat, tetap berada di jalurnya, dan memperkuat potensi karir dalam perusahaan.

Penilaian menjadi salah satu praktek ketenagakerjaan terbaik untuk menjaga tingkat retensi karyawan. Selanjutnya, employee assessment juga akan membantu HR dalam menentukan apakah pelatihan atau hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan potensi karir karyawan serta apakah karyawan tersebut cocok atau tidak untuk pekerjaan dan sesuai dengan budaya perusahaan. 

 

Baca Juga: Tips Mengelola Tingkat Perputaran Karyawan & Retensi

 

Dalam employee assessment, perusahaan juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mendiskusikan kinerja, memberikan saran dan membuat rencana untuk mencapai tujuan atau promosi.

 

Cara Employee Assessment Menggunakan Performance Management LinovHR

Pentingnya employee assessment ternyata memberikan efek positif jangka panjang bagi perusahaan. Selain karyawannya juga yang semakin nyaman bekerja, perusahaan juga terkena imbas baiknya atas perubahan karyawan yang semakin giat bekerja.

Namun begitu, proses ini akan sangat sulit dilakukan apabila perusahaan masih mengandalkan cara manual mengingat banyaknya data dan informasi karyawan yang beragam. Oleh karena ini, perusahaan perlu mempertimbangkan menggunakan sistem yang komprehensif guna menghasilkan hasil akurat. 

 

Baca Juga: Apa Itu HRBP? Kenali Pengertian, Job Desc, dan Peranannya di Perusahaan!

 

LinovHR menyediakan modul Performance Management yang akan membantu Anda untuk menggunakan metode employee assessment semakin mutakhir. Mulai dari performance appraisal, goal management, hingga feedback!

Seperti apa langkahnya? Pertama menggunakan Performance Appraisal sebagai alat bantu review pertama kali masalah ataupun hal lainnya yang ingin didiskusikan untuk meningkatkan kinerja karyawan. 

Lalu, dengan fitur Performance Goals untuk menentukan goals yang dituju dengan alat bantu KPI untuk melihat hasil kinerja dengan otentik.setelah fase assessment, perusahaan dapat memberikan masukan kepada karyawan menggunakan fitur feedback. 

software hris

 

Semua proses di atas berlangsung secara real time, akurat, dan praktis. HRD tidak perlu mengandalkan dokumen fisik yang menggunung. Karena sistem dapat diakses secara online, HRD bahkan bisa melakukan assessment dari mana saja! Mudah dan praktis dibandingkan cara konvensional!

 

Jadi, dapat dikatakan menggunakan modul Performance Management  dari Software HRD dapat membantu memaksimalkan employee assessment lebih optimal!

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai modul Performance Management dari LinovHR, ketuk tautan berikut ini.