hrbp

Apa Itu HRBP? Kenali Pengertian, Job Desc, dan Peranannya di Perusahaan!

HRBP menjadi pilar awal dalam kemajuan perusahaan. HR yang hanya fokus dalam SDM saja, kali ini ikut ambil bagian dalam skema bisnis.

Biasanya HR hanya sibuk mengurus administrasi dan fokus pada permasalahan internal. Ternyata terdapat tugas lain yaitu memikirkan perkembangan skema bisnis perusahaan.

Apa itu HRBP? Apakah beda dengan HR biasa?

Kali ini akan kita kupas tuntas sebenarnya apa itu HRBP. Mari kita simak bersama!

 

Apa Itu HRBP? 

Human Resource Business Partner atau dikenal HRBP adalah bagian human resource yang fokus dalam mengembangkan SDM perusahaan bersama para pimpinan agar menyelaraskan pikiran seluruh karyawan untuk mencapai tujuan yang sudah disetujui bersama.

HRBP juga berfungsi sebagai konsultan perusahaan karena sebagai tempat berkonsultasi jika memiliki permasalahan internal.

Dengan adanya HRBP, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan performa dan profitabilitas tanpa adanya rasa kurang nyaman dari karyawan sehingga membentuk budaya sehat dalam kerja. Sehingga akan tercipta lingkungan kerja yang kondusif serta menguntungkan baik bagi pihak perusahaan maupun karyawan. 

 

Perbedaan HRBP dan Manajer HR

HR sendiri berfokus pada pengembangan prosedur yang bersifat internal kecil dalam perusahaan yaitu karyawan. Disini Manajer HR memiliki peran penting dalam proses administrasi karyawan seperti absensi, sistem penggajian karyawan, dan hal lainnya yang bersifat untuk memajukan kinerja karyawan.

Sedangkan HRBP memiliki tugas lebih dari HR. HRBP juga ikut mengurus kegiatan administrasi seperti Manajer HR tadi namun juga ikut turut serta dalam terjun langsung ke departemen-departemen yang tersedia di perusahaan guna menilai kinerja karyawan secara personal.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan bisnis perusahaan agar mencapai visi dan tujuan perusahaan yang telah disepakati.

Perbedaan ini memang terlihat tipis namun Manajer HR dan HRBP memiliki perannya masing-masing yang saling melengkapi.

 

software hris

 

HRBP Job Description

HRBP memiliki beberapa fungsi dan tanggung jawabnya di perusahaan.

Tentunya tugas ini berbeda dari HR pada umumnya karena fokusan HRBP pada SDM yang memberikan pengaruh pada unit bisnis perusahaan. Apa saja job descriptionnya? Ini dia HRBP Job Description :

 

  1. Melakukan pertemuan mingguan dengan unit bisnis masing-masing.
  2. Berkonsultasi dengan manajemen lini hingga memberikan panduan SDM jika diperlukan.
  3. Menganalisis tren dalam kemitraan dengan grup SDM untuk mengembangkan solusi, program, dan kebijakan.
  4. Mengelola dan menyelesaikan masalah hubungan karyawan yang kompleks dengan melakukan investigasi yang efektif, menyeluruh dan objektif.
  5. Mempertahankan pengetahuan mendalam tentang persyaratan hukum yang terkait dengan manajemen karyawan sehari-hari, mengurangi risiko hukum, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan.
  6. Memberikan bimbingan manajemen kinerja sehari-hari kepada manajemen lini (misalnya, pembinaan, konseling, pengembangan karir, tindakan disipliner).
  7. Bekerja sama dengan manajemen dan karyawan untuk meningkatkan hubungan kerja, membangun moral, serta meningkatkan produktivitas dan retensi.
  8. Memberikan panduan dan interpretasi kebijakan SDM.
  9. Mengembangkan persyaratan kontrak untuk karyawan baru, promosi dan transfer.
  10. Membantu karyawan internasional dengan penugasan ekspatriat dan hal-hal terkait SDM.
  11. Memberikan arahan dan masukan mengenai restrukturisasi unit bisnis, perencanaan tenaga kerja dan perencanaan suksesi.
  12. Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan untuk unit bisnis dan kebutuhan pembinaan eksekutif individu.
  13. Berpartisipasi dalam evaluasi dan pemantauan program pelatihan untuk memastikan keberhasilan serta menindaklanjuti untuk memastikan tujuan pelatihan terpenuhi.
  14. Melakukan tugas terkait lainnya yang diberikan.

 

Baca Juga: 4 Aspek Krusial dalam Manajemen SDM Perusahaan

 

Peranan HRBP di Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa peranan HRBP di perusahaan: 

 

  1. Administrative expert : HRBP memiliki peranan untuk mengelola SDM di bagian administrasi dan pelatihan karyawan
  2. Employee champion : HRBP memiliki peranan dalam membantu untuk menelusuri permasalahan karyawan agar membentuk workflow yang sehat dan nyaman serta membangun karyawan menjadi karyawan yang unggul
  3. Change agent : HRBP disini sebagai perbantuan dalam transformasi karyawan serta beradaptasi dalam perubahan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan
  4. Business partner : HRBP disini berperan untuk membentuk strategi agar bisnis perusahaan dapat dilakukan dan tepat sasaran

 

Tugas dan Tanggung Jawab HRBP

Lantas, apa saja tugas dan tanggung jawabnya? Simak beberapa poin di bawah ini! 

 

  1. Membuat pertemuan tiap minggunya dengan seluruh unit departemen sebagai evaluasi mingguan
  2. Menganalisis tren saat ini untuk mengembangkan bisnis
  3. Menginvestigasi dan menyelesaikan permasalahan internal
  4. Memberikan informasi secara detail terkait legalitas dan manajemen perusahaan
  5. Membantu meningkatkan performa karyawan dengan memberikan arahan dan masukan serta pelatihan

 

Baca Juga: Apakah HRD Perlu Menetapkan Employee of The Month? 

 

Skill yang Harus Dimiliki HRBP

Seorang HRBP harus mampu mengelola karyawan sembari memikirkan perkembangan bisnis perusahaan. Apa saja skill atau kemampuan yang harus dikuasai supaya tugas tersebut terlaksana dengan baik? 

 

Communication

Komunikasi merupakan skill dasar yang wajib dipunya jika Anda tertarik menjadi HRBP. komunikasi disini bukan karena Anda lebih fokus pada bisnis, namun dalam berkomunikasi sehari-hari, karena basicnya Anda seorang HR.

Komunikasi yang baik menciptakan jalur hubungan yang baik dan tertata sehingga tidak salah dalam penyampaian serta menciptakan jalur harmonis. Dengan ini HRBP dapat mengembangkan skema bisnis perusahaan dengan unit lainnya dengan baik.

 

Baca Juga: Kendala Proses Rekrutmen yang Sering Dialami HR

 

Market Research

Selain itu, Anda dituntut untuk memiliki ilmu dalam menganalisis pasar. Menganalisis pasar disini, dimaksudkan adalah memahami skema bisnis yang sedang dijalankan serta mampu mempelajari selera pasar yang suka berubah dengan signifikan.

HRBP secara aktif untuk mencari tahu apa yang sekiranya dibutuhkan dengan melihat core dan value perusahaan agar strategi yang telah dibuat dapat berjalan.

 

Analytics Data

HRBP juga diharapkan dapat menganalisis data sebagai sumber bukti kuat jika terdapat permasalahan. Untuk merubah kinerja dan bisnis, dibutuhkan sumber data yang biasanya cukup banyak.

Oleh karena itu, HRBP dibutuh untuk dapat membaca dan menghitung data dengan akurat dan akuntabel. Sehingga menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang pesat.

 

Management

Kemampuan management disini maksudnya time management dan work management yang harus di pertegas. Membagi waktu dan mengatur alur pekerjaan agar dapat berjalan beriringan tanpa ada rasa tumpang tindih. Sehingga dapat dikerjakan dengan efektif dan efisien.

 

Kesimpulan

HRBP memiliki peran dan tugas yang cukup berbeda dari HR biasa. HRBP yang berfokus untuk meningkatkan bisnis perusahaan dari segi sumber daya manusianya yaitu karyawannya.

Menjadi seorang HRBP banyak sekali tugas dan tanggung jawab, namun jika Anda bisa menjadi seorang HRBP yang baik, pastinya para pimpinan akan merasa berhutang budi pada Anda. Selamat bekerja!