performance review

Mudahnya Melakukan Employee Performance Evaluation dengan LinovHR

Employee Performance Evaluation penting untuk setiap perusahan. Tinjauan tersebut dapat memberdayakan karyawan untuk mencapai keberhasilan.  Apalagi dengan Software Performance Management, proses employee performance evaluation dapat dilakukan dengan cepat dibandingkan cara manual. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut ini! 

 

Apa itu Employee Performance Evaluation

Employee Performance Evaluation adalah sebuah penilaian formal di mana manajer HRD akan mengevaluasi kinerja kerja karyawan, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, menawarkan umpan balik, dan menetapkan tujuan untuk kinerja masa depan. Dulu banyak perusahaan masih bertahan dengan review secara manual. Namun, kini semakin banyak perusahaan yang menggunakan Software Performance Management  untuk mempermudah peninjauan. 

 

Manfaat Melakukan Employee Performance Evaluation Secara Rutin

Jika dilakukan dengan benar dan rutin,Evaluasi dapat membantu karyawan untuk memahami progres, memperbaiki kinerja, dan bagaimana cara mengambil peranan aktif untuk tujuan perusahaan. Jika didukung dengan Software Performance Management, proses evaluasi dapat berjalan cepat dan akurat. 

 

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Salah satu manfaat paling jelas dari evaluasi kinerja karyawan adalah meningkatkan kinerja karyawan. Seorang manajer divisi terkait dapat Anda dapat membantu karyawan membuat parameter untuk menilai kemajuan kinerja dan menetapkan tenggat waktu untuk setiap periode. Jika masalahnya signifikan, manajer harus  memasukkan anggota staf dalam masa percobaan sampai perbaikannya terlihat. 

 

Keterlibatan Karyawan Lebih Besar

Evaluasi kinerja yang rutin  juga dapat membantu karyawan dengan feedback yang dapat meningkatkan keterlibatan karyawan. Karyawan akan memahami dengan lebih baik tentang bagaimana posisi dan kontribusi pada tujuan perusahaan. Hal tersebut dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan. 

 

Baca Juga: Tips Employee Engagement Lintas Generasi dalam Perusahaan

 

Memperbesar Peluang Promosi

Melalui feedback yang diberikan setelah review, karyawan dapat memahami kekuatan dan kelemahan setiap anggota serta potensi mereka untuk mengisi posisi tertentu. Hal ini akan memperbesar peluang promosi untuk karyawan yang sudah lama bekerja di perusahaan. Promosi tidak hanya menguntungkan perusahaan. Kandidat baru dari eksternal cenderung memiliki kinerja jauh lebih rendah karena harus melalui proses adaptasi daripada karyawan lama yang dipromosikan ke posisi tertentu.  Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan, karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga untuk rekrutmen baru. 

 

Identifikasi Kebutuhan Training

Perusahaan harus memastikan bahwa pelatihan atau training yang dilakukan dalam perusahaan sudah tepat atau tidak. Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan adalah melihat hasil dari review. Hasil itu dapat membantu perusahaan mengidentifikasi kebutuhan training lebih akurat dan tepat, sehingga pelatihan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Training Need Analysis

 

Memperkuat Hubungan dan Loyalitas

Meninjau kinerja karyawan setidaknya setahun sekali dapat meningkatkan hubungan dan loyalitas. Sebab, review akan memicu komunikasi yang intens  dan akan berdampak positif terhadap hubungan karyawan.  Komunikasi saat peninjauan kinerja juga membuat atasan akan mendengarkan kekhawatiran yang dimiliki karyawan. Dengan begitu karyawan merasa lebih dihargai dan loyal kepada perusahaan. 

 

performance review

Software Performance Management LinovHR Solusi Kelola Kinerja Lebih Baik

Penilaian kinerja dengan cara manual tidaklah efektif dan memakan waktu lama dikarenakan tidak adanya integrasi data dan lembaran kertas yang mengganggu. Oleh karena itu Software Performance Management dari LinovHR hadir untuk mengotomatisasi penilaian kinerja karyawan secara akurat dan efisien. Fitur performance review dalam Software Performance Management  dapat me-review seluruh kinerja karyawan dengan cepat dan akurat.

Pemberian review bisa dari mana saja. Tentu saja fitur performance review dari Software Performance Management LinovHR telah mengantisipasi hal ini.  Terdapat beberapa jenis review yang bisa dilakukan, yaitu: 

  1. Self Review untuk review diri sendiri;
  2. Manager Review yang memfasilitasi manajer memberikan review kepada bawahan; 
  3. Subordinate Review, dimana karyawan juga bisa memberikan review kepada manajer atau atasan; 
  4. Peer to Peer Review atau review dengan sesama rekan kerja; 
  5. Team Review, yaitu review yang dilakukan oleh rekan kerja satu tim; 
  6. Internal Review yang dilakukan untuk sesama staff internal dari divisi yang berbeda secara random atau sesuai pilihan requestor
  7. External Review dari pihak luar perusahaan untuk internal; 
  8. Dan yang terakhir adalah Custom Review dengan menggabungkan internal dan external review dengan HRD tetap berperan sebagai requestor. 

 

Dengan menggunakan Software Performance Management dari LinovHR, perusahaan dapat melakukan performance review lebih cepat, akurat, dan lengkap berdasarkan masukan dari berbagai pihak. Karyawan juga terlibat aktif dalam penilaian yang akan membuat karyawan merasa menjadi bagian penting dari perusahaan. Dengan begitu, suasana kerja dapat berjalan harmonis. Penasaran ? Undang kami untuk melakukan demo software performance management melalui tautan berikut linovhr.com/trail-performance-management/