Pentingnya Employee Evaluation Online untuk Kinerja Karyawan

Kualitas kinerja bersifat fluktuatif. Bisa saja karyawan yang mempunyai performa bagus akan menurun sewaktu-waktu. Itulah gunanya employee evaluation online perlu dilakukan secara berkala. Di samping itu, perubahan dunia bisnis juga membuat perusahaan harus lebih peka terhadap penyesuaian yang harus ditetapkan dalam kinerja karyawan. Pekerjaan karyawan dapat lebih mudah terkontrol dan dibantu penyelesaiannya bila ditemukan hambatan. 

 

Pengertian Employee Evaluation Online

Employee evaluation atau penilaian kinerja online adalah tinjauan yang akan membahas kinerja yang telah dipenuhi dan kurang efektif selama satu periode. Sebagian besar perusahaan memiliki sistem evaluasi karyawan di mana karyawan dievaluasi secara teratur melalui employee evaluation online. Penggunaan sistem dimaksudkan agar perusahaan lebih mudah dalam menyimpan komponen serta informasi yang dijadikan sebagai bahan evaluasi, kemudian dari informasi tersebut akan didapatkan analisis mengenai kinerja karyawan.  

Hasil apresiasi dari kinerja yang bagus adalah kompensasi dan promosi karyawan. Sedangkan hasil dari kinerja yang kurang bagus biasanya dapat berupa surat peringatan atau analisis beban kerja karyawan ulang. Idealnya, manajer atau supervisor juga akan memberikan feedback mengenai bagaimana cara mengembangkan atau menjaga kinerja jauh lebih baik. 

 

Mengapa Employee Evaluation Penting? 

Tujuan utama dari  employee evaluation adalah untuk mengukur prestasi kerja. Banyak evaluasi memberikan pengukuran yang penting untuk lingkungan kerja yang berorientasi pada produksi. Evaluasi karyawan lainnya berguna untuk memberi informasi  mengenai kualitas pekerjaan karyawan. Evaluasi karyawan memberikan penilaian tentang kekuatan dan kelemahan karyawan serta bakat kolektif karyawan dari sebuah departemen atau tim. Dengan demikian, perusahaan akan  menyesuaikan kualifikasi karyawan dengan job assignment

 

Baca Juga: Mengenal Job Assignment dalam Software HRIS LinovHR

 

Pelatihan karyawan dan kebutuhan pengembangan adalah alasan lain mengapa evaluasi karyawan begitu penting. Menilai kekuatan dan kelemahan karyawan adalah langkah pertama dalam menentukan jenis pelatihan yang dibutuhkan. Pelatihan biasanya mendukung karyawan memperoleh keterampilan baru dan membantu membangun bakat untuk memperbaiki kinerja. Contohnya adalah pelatihan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi bisnis dan mengelola stress.

Selain untuk informasi mengenai pelatihan dan pengembagan kinerja, employee evaluation sangat berguna untuk parameter pemberian penghargaan. Karyawan akan sangat senang bila mendapatkan penghargaan atas kerja kerasnya selama bekerja di perusahaan. Evaluasi karyawan dijadikan bahan acuan bagi manajer untuk mengakui kerja keras, dedikasi, dan komitmen karyawan. Penghargaan bisa berupa kenaikan jabatan atau gaji. Dengan begitu, karyawan bekerja lebih loyal dan termotivasi untuk selalu lebih baik. 

 

Manfaat Employee Evaluation Online

Dengan dunia bisnis yang semakin kompetitif, beberapa perusahaan merasa sulit untuk melakukan analisis dan pengumpulan data dengan cepat. Sistem yang terintegrasi dalam employee evaluation online membuat pengumpulan dan analisis data menjadi cepat. Hasil dari analisis akan membantu perbaikan dan menetapkan tujuan pengembangan karir. Inilah beberapa manfaat dari employee evaluation online

 

1. Hemat Waktu

Integrasi dan otomatisasi sistem dalam evaluasi akan menghemat waktu. Sistem akan menyimpan secara rapi dan runtun data metrik kinerja sepanjang tahun dan HRD akan melakukan analisis data. Ini semua dapat dilakukan secara instan tanpa perlu membolak-balik dokumen fisik seperti evaluasi manual. 

 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi KPI

 

2. Real Time

Penilaian kinerja online bekerja secara real time, sehingga semua penilaian dapat dilihat oleh pihak yang bertanggung jawab saat itu juga. Hal ini akan meningkatkan efisiensi kerja. Setelah seorang manajer selesai dengan penilaian salah satu karyawan, mereka beralih ke orang berikutnya yang perlu mengakses data dari sistem yang berbeda.

 

3. Karyawan Mudah Menerima Feedback

Setelah penelitian selesai dilakukan, karyawan akan menerima feedback saat itu juga. Karyawan dapat memanfaatkan feedback untuk evaluasi secara mandiri demi peningkatan kualitas kerja. Karyawan dapat menerima feedback tidak hanya dari atasan atau manajer, melainkan juga dari sesama rekan kerja bahkan eksternal perusahaan. 

 

software hris

 

Employee Evaluation Online Bersama LinovHR

Dalam melakukan penilaian kinerja, seringkali ada hambatan yang menjadikan  penilaian kurang tepat dan tidak objektif. Contohnya dalam menentukan standar penilaian, staf bisa saja melakukan salah input atau menetapkan parameter yang bias. Apalagi harus mengisi berlembar-lembar formulir penilaian yang memakan banyak waktu. Itulah sebabnya LinovHR menawarkan employee evaluation online yang dapat menjadi solusi penilaian kinerja karyawan secara akurat dan efisien.

Dengan menggunakan employee evaluation online dari LinovHR, perusahaan dapat mengevaluasi dan memantau kinerja lebih praktis. Tiap penilaian memiliki bobot dan nilai yang dapat dikalkulasikan untuk mengetahui hasil akhir. Karyawan pun dapat dilibatkan di dalam proses penilaian kinerja dengan cara memasukkan daftar pencapaian hasil kerja yang dicapai oleh diri sendiri dan rekannya ke dalam sistem yang akan di-review terlebih dahulu oleh manajemen. Yuk, coba gratis LinovHR sekarang juga!