employee survey

6 Tips Mengadakan Employee Survey dalam Perusahaan

Berbagai informasi mengenai karyawan seperti tingkat kepuasan, komitmen, pandangan karyawan terhadap perusahaan sangat berarti bagi perusahaan. Mungkin akan cukup mudah jika Human Resource Department (HRD) tinggal menanyakannya langsung kepada pihak karyawan. Akan tetapi, bagaimana jika jumlah karyawan dalam perusahaan tersebut cukup banyak dan sulit untuk menanyakannya satu-satu? Gunakan saja employee survey yang lebih praktis! 

 

Pengertian Employee Survey

Apa yang dimaksud employee survey? Sederhananya, employee survey adalah sebuah survey yang terdiri dari pertanyaan dan parameter untuk mengetahui bagaimana tanggapan karyawan terhadap pekerjaan dan perusahaan. Employee survey ini sangat berkaitan dengan kepuasan karyawan. Jika tingkat kepuasan karyawan cukup tinggi, maka informasi dan data yang masuk dari karyawan bersifat positif. Sebaliknya, jika kepuasan karyawan sangat rendah, maka data dan informasi yang masuk pasti bersifat negatif. 

 

Manfaat Employee Survey

Ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh manajer dan HRD jika mereka rutin menyelenggarakan survey kepada karyawan. Apa saja manfaat tersebut? 

 

performance review

Membantu Memahami Tingkat Kepuasan Karyawan

Kepuasan karyawan akan berpengaruh besar terhadap kinerja. Tingkat kepuasan yang tinggi akan menghasilkan performa yang cemerlang. Karena itu, melakukan berbagai upaya untuk menjaga kepuasan karyawan dengan memberikan berbagai benefit  di samping gaji utama. Tak hanya itu, perusahaan perlu secara berkala mempelajari dan meninjau bagaimana tingkat kepuasan karyawan dalam suatu perusahaan

 

Landasan Perencanaan HRD

HRD menyusun atau merancang berbagai perencanaan agar tingkat kepuasan karyawan selalu terjaga. Agar perencanaan lebih tepat sasaran, perusahaan dan HRD harus memahami bagaimana kondisi karyawan. Cara yang paling sering digunakan HRD adalah menggunakan survey. Sebab, penggunaan survey dinilai lebih cepat dan efektif dibandingkan langsung menanyakan kepada karyawan.

 

Meningkatkan Komunikasi

Kelancaran komunikasi baik secara horizontal dan vertikal adalah gerbang utama menuju kelancaran kerja tim. Tanpa komunikasi yang baik, kerja tim akan berantakan. Survey dapat membantu meningkatkan komunikasi antar karyawan dan atasan. Karyawan tidak perlu canggung atau ragu untuk memberikan opini dan kritik yang membangun kepada perusahaan tempatnya bekerja selama hal tersebut dapat membangun perusahaan lebih baik. Sehingga atasan seperti manajer dan supervisor memahami kondisi karyawan dengan lebih baik. 

 

Baca Juga: Cara Menguasai Komunikasi Asertif Agar Komunikasi Selalu Lancar

 

Mendeteksi Masalah Lebih Dini

Ada berbagai masalah yang muncul dalam lingkungan karyawan, contohnya adalah konflik antar karyawan, beban kerja berlebih, kepuasan kerja rendah, dan lainnya. Semua masalah yang muncul di lingkungan kerja akan menyebar dan menyebabkan masalah yang lebih besar jika tidak cepat ditangani. Dengan menggunakan survey, HRD dapat mendeteksi masalah yang muncul lebih dini agar bisa ditangani secepatnya. 

 

Tips Mengadakan Employee Survey

Survey yang sukses adalah survey yang mampu mengumpulkan informasi yang valid dan akurat. Untuk mempermudah menyelenggarakan employee survey, berikut ini adalah tips mengadakan employee survey: 

 

Pahami Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan akan mempengaruhi pola kerja dan kinerja karyawan. Begitu pula dengan susunan pertanyaan yang akan diajukan dalam survey. Pastikan HRD memahami dengan budaya perusahaan. Sehingga HRD lebih mudah untuk memformulasikan pertanyaan yang akan diajukan dalam survey. 

 

Komunikasikan Tujuan Survey

Tujuan utama dari survey adalah mengumpulkan informasi dari karyawan. Akan tetapi, sudut pandang itu hanyalah tidak semua karyawan memahami apa tujuan dari survey dan akhirnya asal-asalan dalam mengisinya. Agar menghindari hal tersebut, pastikan bahwa karyawan paham tujuan dari survey. Dengan begitu diharapkan karyawan tidak mengisi asal-asalan dan menjawabnya dengan jujur. 

 

Susun Pertanyaan yang Mudah Dipahami

Alasan lain mengapa karyawan sering asal-asalan mengisi survei adalah ketidakmampuan untuk memahami konteks pertanyaan. Gunakan bahasa yang mudah dipahami agar tidak membingungkan karyawan.  Bahasa yang mudah dipahami juga mempercepat karyawan dalam mengisi survey karena karyawan tidak perlu terlalu lama untuk memahami maksud pertanyaan. 

 

Jamin Kerahasiaan Informasi 

Segala informasi yang masuk kedalam sistem bersifat rahasia. Informasi karyawan yang  disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab dapat menjadi bumerang bagi perusahaan dan membahayakan karyawan. Itulah sebabnya perusahaan perlu menggunakan database yang bisa menyimpan dan memproses data karyawan. 

 

Gunakan Software HRD LinovHR

Pasti akan cukup  merepotkan jika HRD harus menyebarkan formulir untuk banyak karyawan sekaligus. Gunakan Software HRD LinovHR yang mampu menyebarkan survey secara digital ke banyak karyawan. Begitu karyawan mengisi formulir, informasi dan data survey akan masuk ke dalam sistem secara real time. Jadi tidak ada lagi lembaran dokumen yang rumit dan memusingkan. 

 

Jangan Lupakan Tindakan Lebih Lanjut

Hal ini lebih sering dilupakan oleh HRD. Setelah mengumpulkan informasi, jangan lupakan tindakan lebih lanjut. Tindakan bisa berupa penyusunan strategi dan dan tinjauan lebih lanjut mengenai apa yang terjadi di perusahaan. Hal ini akan membantu pengembangan keterlibatan karyawan dalam perusahaan yang lebih baik. 

Employee survey umumnya diselenggarakan tiap 3 bulan, 6 bulan, atau setahun tergantung kebutuhan perusahaan. Jadi, perusahaan perlu memahami bagaimana kebutuhan perusahaan terlebih dahulu. Employee survey dapat disusun menggunakan fitur engagement dalam Software HRD LinovHR. Semua pertanyaan dan jawaban survey dapat tersimpan lebih sistematis dan struktur. Untuk informasi selanjutnya, hubungi LinovHR sekarang juga!