10 Online Employee Survey Software Terbaik untuk Penilaian dan Pemberian Feedback

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

online employee survey software
Isi Artikel

Pengukuran dan umpan balik karyawan yang efektif adalah kunci untuk memahami kepuasan, keterlibatan, dan kebutuhan sebuah perusahaan.

Dalam era digital saat ini, banyak perusahaan yang mengandalkan online employee survey software untuk memperoleh data yang berharga dan memberikan feedback yang relevan.

Saat ini sendiri ada banyak software yang tersedia untuk melakukan survei online. Simak beberapa rekomendasi dari LinovHR berikut ini!

 

 

Apa Itu Online Employee Survey Software?

Online employee survey software adalah sebuah sistem atau platform berbasis online yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data dari karyawan melalui survey online.

Software ini memungkinkan perusahaan untuk membuat dan mengirimkan survei kepada karyawan dengan mudah, serta mengelola dan menganalisis data yang dikumpulkan. 

Sehingga dengan menggunakan software ini, perusahaan dapat mengukur tingkat kepuasan karyawan, tingkat keterlibatan, persepsi terhadap budaya perusahaan, dan berbagai aspek lainnya terkait dengan apa yang dirasakan karyawan selama bekerja.

Selain itu, software ini juga menyediakan fitur untuk memberikan feedback kepada karyawan dan mengidentifikasi area perbaikan yang perlu diperhatikan.

Penggunaan software ini dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan strategis, meningkatkan kepuasan karyawan, dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

 

Manfaat Online Employee Survey Software

Manfaat Online Employee Survey Software
Manfaat Online Employee Survey Software

 

Penggunaan online employee survey software mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  • Untuk memperoleh kepercayaan dan motivasi dari karyawan.
  • Mendapatkan pemahaman yang lebih holistik dan mendalam tentang tingkat keterlibatan karyawan.
  • Membantu perusahaan untuk memfokuskan perhatian pada kebutuhan dan meningkatkan aspek positif (kekuatan) dan peluang yang ada, serta mengelola kelemahan dan ancaman.
  • Memberikan panduan yang jelas dalam mengembangkan program dan mengukur peningkatan keterikatan karyawan.
  • Untuk melakukan perbandingan dengan perusahaan sejenis yang memiliki ukuran organisasi yang setara.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Online Employee Survey Software

Ketika memilih online employee survey software, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat memilih yang terbaik sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

 

  1. Kelengkapan Fitur

Pertama, pastikan bahwa software tersebut menyediakan fitur-fitur yang diperlukan, seperti kemampuan untuk membuat dan mengelola survei dengan mudah, mengirimkan undangan survei kepada karyawan, dan mengumpulkan dan menganalisis data dengan efisien. 

 

  1. Menyediakan Template Survei

Selain mampu membuat survei dari awal, pastikan software yang Anda pilih juga menyediakan template yang bisa digunakan.

Pastikan juga kemampuan untuk menyimpan, dan menggunakan kembali survei tersebut.

 

  1. User Friendly

Selanjutnya, perhatikan kemudahan penggunaan software tersebut, apakah antarmuka pengguna intuitif dan mudah dipahami oleh semua pengguna.

Juga, pastikan bahwa software tersebut dapat diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada di perusahaan, seperti sistem manajemen sumber daya manusia atau sistem penggajian. 

 

  1. Menyediakan Berbagai Jenis Pertanyaan

Software survei haruslah dapat membuat berbagai format pertanyaan dan jawaban yang berbeda-beda, seperti pilihan ganda, kotak centang, dan jawaban terbuka.

 

  1. Dapat Dikustomisasi

Pastikan bahwa software yang Anda pilih memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai penyesuaian terkait survei yang akan dilakukan.

Sehingga penggunaan perangkat lunak ini memang tepat guna.

 

  1. Menyediakan Fitur Report dan Analisis

Kemampuan ini penting sekali jadi pertimbangan, pastikan Anda dapat melihat metrik kinerja survei dengan format yang mudah dipahami.

 

10 Online Employee Survey Software Terbaik

Saat ini, sudah ada banyak online employee survey software di pasaran. Berikut ini kami rekomendasikan 10 yang terbaik.

 

  1. LinovHR

LinovHR
Software LinovHR

 

LinovHR adalah sebuah platform HR digital yang menyediakan alat survey karyawan yang ada dalam modul performance management.

Alat survey ini membantu perusahaan dalam mengukur kepuasan, keterlibatan, dan kebutuhan karyawan secara holistik.

LinovHR menyediakan solusi yang lengkap, mulai dari survei karyawan hingga manajemen kinerja. 

Platform ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis data yang mendalam, membuat laporan yang komprehensif, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan.

 

  1. Bonusly

Alat survey karyawan terbaik untuk budaya perusahaan. Bonusly menawarkan pengalaman yang menyenangkan dalam program employee recognition dengan memberikan insentif untuk tugas-tugas sederhana.

Program “Signals” terbaru dari Bonusly memungkinkan Anda mengumpulkan insight yang dapat dijadikan tindakan untuk menciptakan budaya kepercayaan dan komunikasi terbuka.

 

  1. Motivosity

Alat survey karyawan terbaik untuk wawasan real-time. Motivosity menyediakan platform survei lengkap mulai dari awal hingga akhir dengan fungsi umpan balik real-time. 

Karyawan dapat dengan nyaman berkomunikasi di dalam jaringan sosial mereka sendiri, lengkap dengan survei, penghargaan, pengakuan, dan sedikit kesenangan.

 

  1. Kazoo

Kazoo fokus pada empat komponen utama pengalaman karyawan, yaitu hubungan, penghargaan, kinerja, dan pertumbuhan. 

Dengan memahami perasaan karyawan tentang peran mereka, kepemimpinan, tempat kerja, dan lainnya, Anda dapat secara positif memengaruhi empat pilar ini dan meningkatkan keterlibatan karyawan.

 

  1. Monday.com

Monday.com membantu mengukur kesejahteraan karyawan yang meliputi kepuasan kerja, tingkat stres, kesehatan fisik, emosional, mental, dan faktor penting lainnya.

Dengan memahami dimana karyawan membutuhkan bantuan, Anda dapat memberikan dukungan yang tepat.

 

  1. Guusto

Guusto menyediakan program pengakuan karyawan dan program hadiah pelanggan.

Software ini menawarkan penghargaan global di lebih dari 160 negara. Fleksibilitas Guusto dalam pilihan penggunaan (cetak, aplikasi seluler, dan berbasis web) membuatnya mudah disesuaikan dengan situasi masing-masing individu.

 

  1. Bambee

Bambee menyediakan platform di mana karyawan dapat menyampaikan keluhan secara anonim atau memuji rekan kerja mereka secara terbuka. 

Selain itu, Bambee membantu memantau pencapaian tujuan karyawan dan memberikan umpan balik yang efektif serta panduan yang ditargetkan untuk menjaga mereka tetap berada pada jalur yang benar.

 

  1. Nectar

Nectar membantu menciptakan budaya perusahaan yang membuat karyawan betah dan tidak ingin pergi. 

Dengan memonitor pengakuan tim pada berbagai level dan mendorong partisipasi yang rendah, Anda dapat meningkatkan keterlibatan karyawan.

 

  1. Leapsome

Leapsome membantu menciptakan budaya umpan balik yang kuat dengan fitur-fitur survei karyawan yang canggih. 

Anda dapat mengukur sejauh mana karyawan mengidentifikasi diri mereka dengan nilai-nilai dan tujuan perusahaan, serta mendapatkan wawasan tentang kepuasan karyawan, kolaborasi tim, dan kualitas kepemimpinan.

 

  1. 15Five

15Five memungkinkan Anda untuk mengumpulkan umpan balik karyawan secara rutin dengan pertanyaan yang terstruktur. 

Anda dapat melacak perkembangan, kebutuhan pengembangan, dan kepuasan karyawan. Alat ini juga memungkinkan adanya dialog berkelanjutan antara karyawan dan manajer mereka.

Penting untuk diingat bahwa setiap alat survey karyawan memiliki fitur-fitur khusus dan keunggulan yang berbeda.

Memilih yang terbaik untuk kebutuhan perusahaan Anda bergantung pada prioritas dan tujuan yang Anda inginkan untuk dicapai melalui survei karyawan.

 

Baca Juga: Employee Feedback: Pengertian, Cara Melakukan dan Contohnya

 

Aplikasi Performance Management LinovHR Sebagai Online Employee Survey Software Terbaik

performance review

 

Online employee survey software menyediakan perangkat yang memudahkan perusahaan melakukan survei dan menilai kinerja karyawan.

Saat Anda ingin mengimplementasikan perangkat ini, pastikan memilih software yang menyediakan berbagai fitur dan fungsi. Hal ini demi mendukung proses survei berjalan dengan baik.

Bila Anda membutuhkan online employee survey software yang punya fitur lengkap baik untuk melakukan survei dan monitoring kinerja karyawan. Aplikasi Performance Management LinovHR bisa menjadi pilihan yang lengkap.

 

Aplikasi Performance Management LinovHR menyediakan fitur Feedback yang secara khusus mendukung perusahaan untuk melakukan survei dan mendapatkan umpan balik dari karyawan.

Selain itu, Aplikasi Performance Management LinovHR juga mendukung perusahaan untuk melakukan review karyawan dengan metode yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Tidak hanya didukung oleh fitur dan fungsi yang mumpuni, Aplikasi Performance Management LinovHR juga didukung dengan layanan after sales yang mumpuni.

Anda akan mendapatkan dukungan penuh baik saat terdapat masalah atau saat ingin melakukan implementasi.

 

Semua proses survei dan pengelolaan kinerja jadi lebih mudah dengan Aplikasi Performance Management LinovHR. Ayo ajukan demo gratisnya untuk mengetahui fitur lengkapnya!  

Tentang Penulis

Picture of Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter