Evaluasi Kinerja: Pengertian, Fungsi dan Cara Melakukan Evaluasi

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Evaluasi Kinerja: Pengertian, Fungsi dan Cara Melakukan Evaluasi
Isi Artikel

Evaluasi kinerja merupakan suatu proses mengukur performa karyawan dan memastikan keselarasan dengan target perusahaan.

Karyawan yang merupakan aset perusahaan, kinerjanya diharapkan selalu stabil dan mampu berkontribusi terhadap perkembangan perusahaan. Namun, ada masanya kinerja karyawan bisa turun atau kurang efektif karena beberapa hal.

Untuk menjaga dan memastikan kinerja karyawan masih sesuai rencana, perusahaan perlu melakukan evaluasi kinerja secara rutin. Agar lebih jelas, simak artikel berikut ini!

Pengertian Evaluasi Kinerja Karyawan

Evaluasi kinerja adalah seperangkat parameter atau penilaian yang dilakukan perusahaan untuk meninjau dan mengetahui apakah hasil kerja karyawan terhadap perusahaan sesuai harapan dan tujuan atau tidak.

Kegiatan evaluasi yang baik dilakukan secara berkelanjutan, sistematis, dan terstruktur untuk memastikan bahwa keseluruhan proses berjalan baik dan benar.

Jika ada hasil kinerja yang kurang bagus, maka perlu peninjauan dan strategi mengenai cara kerja karyawan tersebut. Hal ini bertujuan agar penilaian kinerja karyawan menjadi lebih baik di kemudian hari.

Hasilnya, perusahaan dapat mengetahui dan memahami hal apa saja yang karyawan butuhkan untuk mengembangkan kinerja mereka.

Sementara itu, karyawan harus mampu melihat perkembangan kinerja selama ini dan introspeksi untuk mencapai performa yang berkualitas.

Baca juga: 5 Metode Evaluasi Kinerja Karyawan

Fungsi Evaluasi Kinerja Karyawan

Evaluasi kinerja karyawan bagi sebagian orang terkesan menyeramkan karena sering dikira sebagai ajang kritik performa.

Padahal tidak demikian. Evaluasi memiliki fungsi utama untuk memperbaiki dan mengembangkan kinerja dari pihak karyawan dan perusahaan itu sendiri.

Karyawan dan perusahaan akan mendiskusikan tentang bagaimana upaya yang bisa dilakukan untuk bersama-sama mencapai kinerja yang lebih baik.

Dari diskusi tersebut, komunikasi antara karyawan dan perusahaan akan terjalin lebih intens dan harmonis.

Selain itu, ada beberapa fungsi evaluasi kinerja karyawan yang lain yaitu:

  1. Menciptakan saling pengertian antara karyawan dan perusahaan tentang dunia kerja;
  2. Bahan pemberian apresiasi kepada karyawan yang memiliki kinerja baik, sehingga mereka lebih termotivasi untuk bekerja lebih giat;
  3. Landasan untuk pemberian pelatihan bagi karyawan yang kinerjanya belum optimal;
  4. Memberikan peluang keterlibatan untuk karyawan dalam pengembangan perusahaan dan karir;
  5. Merumuskan sasaran kerja perusahaan di masa depan berdasarkan laporan kinerja periode berlangsung;
  6. Memvalidasi rencana pelaksanaan dan pengembangan karyawan, apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Baca Juga: Contoh Surat Evaluasi Kinerja Karyawan dan Cara Membuatnya

Cara Melakukan Evaluasi Kinerja Karyawan

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi evaluasi kinerja karyawan, anda perlu mengetahui cara melakukan evaluasinya. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba saat melakukan evaluasi.

  1. Pahami KPI karyawan dan tujuan melakukan evaluasi
  2. Persiapkan dan kumpulkan bahan evaluasi
  3. Mintalah penilaian dari atasan terkait mengenai performa karyawan
  4. Buat rangkuman penilaian yang terstruktur, objektif, transparan, dan adil
  5. Temui karyawan secara privat atau 1-on-1 dalam ruangan yang terprivasi
  6. Lakukan diskusi dengan karyawan sesuai hasil penilaian dan pahami sudut pandang karyawan
  7. Berikan umpan balik yang membangun atau perbaikan untuk karyawan
  8. Fokuskan evaluasi kepada satu orang, hindari pembicaraan melebar mengenai orang lain
  9. Lakukan tindak lanjut setelah melakukan evaluasi dan lihat perkembangan karyawan
  10. Buat jadwal evaluasi kinerja karyawan secara rutin dan konsisten

Bagaimana Software HRD Membantu Evaluasi Kinerja Karyawan?

Perusahaan seringkali mengalami hambatan dan kesulitan dalam menentukan parameter penilaian kinerja. Contohnya perusahaan sering memasukkan parameter yang sulit diukur seperti loyalitas, kepribadian, dan sebagainya.

Pada akhirnya, perusahaan akan luput dan mengabaikan indikator yang menjadi hal terpenting dalam parameter penilaian. Akhirnya proses evaluasi tidak berjalan akurat dan tepat sasaran.

Evaluasi terhadap karyawan adalah hal terlihat sepele jika jumlah karyawan dalam perusahaan hanya sebanyak hitungan jari.

Lalu, bagaimana jika jumlah karyawan dalam perusahaan sangat banyak? Tentunya HRD akan memerlukan banyak tumpukan kertas dan dokumen untuk mencatat dan membuat laporan mengenai evaluasi kinerja.

Cara manual dalam evaluasi pun bukan lagi pilihan karena dinilai tidak efektif serta memakan banyak waktu dan tempat.

Di era penggunaan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan, inilah saatnya menggunakan Software HRD untuk membantu evaluasi kinerja karyawan lebih mudah dan akurat.

 

Software HRD dari LinovHR Sebagai Kunci Evaluasi Kinerja Karyawan

software hris

Sebagian perusahaan masih bertahan dengan kegiatan evaluasi manual yang mengandalkan input manual dan tumpukan dokumen. Padahal, cara tersebut tidaklah efisien, memakan banyak waktu dan ruang.

Otomatisasi dan kesatuan sistem Software HRD dari LinovHR adalah kunci bagi keberhasilan evaluasi kinerja karyawan.

LinovHR memberikan solusi kepada perusahaan dengan menyajikan Software HRD yang memiliki berbagai macam fitur untuk melakukan proses evaluasi secara otomatis dan terintegrasi.

Staf HRD dapat menentukan parameter untuk penilaian kualitas kerja karyawan, baik kinerja secara individu maupun kinerja dalam tim atau divisi melalui fitur Review Form.

Masing-masing parameter mempunyai bobot nilai yang dapat dikalkulasikan. Berdasarkan total nilai kalkulasi, kinerja karyawan akan terlihat dengan jelas dan rinci mengenai hal apa saja yang patut dipertahankan dan yang harus diperbaiki.

Karyawan juga dapat terlibat secara aktif dalam evaluasi melalui Software HRD dengan cara memasukkan daftar achievements selama bekerja ke dalam sistem. Selanjutnya, pihak manajerial HRD akan melakukan review dan validasi atas achievements tersebut.

Tidak hanya itu, Software HRD dari LinovHR juga mendukung komunikasi karyawan dengan perusahaan melalui fitur Question Feedback Master yang mengatur dan mengelola feedback berkenaan dengan penilaian kinerja.

Kemudahan dalam menyediakan dan melakukan evaluasi pun dapat dicapai hanya dengan satu kesatuan sistem yang terpusat.

Evaluasi menggunakan Software HRD dari LinovHR tidak membutuhkan penggunaan kertas berkat dukungan penyimpanan cloud server yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang bersifat konfidensial seperti data pribadi karyawan maupun data perusahaan.

Cloud server juga memungkinkan HRD untuk mengakses data evaluasi melalui perangkat keras apa saja selama masih terkoneksi internet.

Dengan demikian, evaluasi kerja yang identik dengan hal-hal rumit dapat menjadi hal yang praktis, mudah, namun serta tepat sasaran.

Yuk, coba Software HRD dari LinovHR sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter