HR Application

7 Fitur Penting yang Harus ada di Software dan HR Application

Penggunaan HR Application saat ini semakin banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan besar. Penggunaan Application atau Software ini menjadi solusi dalam membantu membereskan tugas dan peran HRD perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia. 

Selain itu, HR Application ini sangat mudah digunakan jadi perusahaan tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk merekrut tenaga ahli IT khusus yang memasang tarif tinggi.

Di dalam Application terdapat berbagai fitur yang ditawarkan untuk memudahkan proses bekerja. Tentu saja agar proses kerja bisa berjalan dengan optimal, fitur tersebut harus disajikan secara lengkap dan sesuai dengan kebutuhan banyak perusahaan. 

Untuk itu, artikel ini akan membahas 7 fitur aplikasi yang wajib ada di dalam HR Application.

 

1. Pengaturan Jadwal Kerja

Agar setiap karyawan memiliki jadwal kerja sesuai dengan tugasnya, fitur pengaturan jadwal kerja adalah hal pertama yang harus ada dalam software.

Fitur ini akan membantu HRD dalam membuat jadwal kerja yang berbeda-beda pada setiap karyawan dengan cepat dan tepat. Selain itu, fitur aplikasi atau software ini dapat bisa diakses oleh para karyawan untuk melihat jadwal kerja mereka.

 

Baca juga : Penjadwalan Kerja Akurat dengan Employee Scheduling Software

 

2. Pengelolaan Absensi Karyawan

Kehadiran setiap karyawan akan lebih mudah dan simpel jika menggunakan HR Application. Untuk itu, fitur pengelolaan absensi karyawan akan membantu dalam mengatur jumlah kehadiran, cuti, libur, sakit, izin dan lainnya setiap bulan. 

Selain HRD, fitur ini juga digunakan karyawan untuk melakukan proses absensi setiap hari. Dengan memanfaatkan fitur absensi ini dapat menghindari kecurangan karyawan yang ingin memanipulasi jumlah kehadiran atau menitipkan absen kepada karyawan lain.

 

3. Payroll

Penggajian bulanan merupakan perwujudan dari kewajiban perusahaan kepada karyawan. Itulah sebabnya fitur payroll menjadi fitur yang sangat penting dibutuhkan tim HRD. fitur payroll dapat mengelola penggajian bulanan, mulai dari komponen gaji hingga membuat laporan penggajian dan slip gaji otomatis. 

Dengan memanfaatkan fitur manajemen penggajian, proses perhitungan gaji dan lainnya bisa dapat dilakukan secara akurat dan meminimalisir kesalahan. Selain perhitungan gaji, dokumen-dokumen penting seperti slip gaji akan tersimpan dengan rapi dan dapat diakses secara online.

payroll

4. Pengajuan Klaim dan Reimbursement

Ada beberapa perusahaan yang memberikan kebijakan reimbursement untuk beberapa kasus seperti ketika karyawan jatuh sakit atau mengeluarkan sejumlah dana demi kepentingan perusahaan. Fitur klaim dan reimbursement ini akan memudahkan para karyawan untuk melakukan proses pengajuan klaim dan reimbursement. Melalui aplikasi ini, tim HRD juga dapat memproses perizinan ajuan tersebut dengan cepat dan mudah.

 

Baca juga : Mudahkan Klaim Reimburse Dengan Reimbursement LinovHR

 

5. Manajemen Data Karyawan

Pada fitur manajemen data karyawan, perusahaan akan menyimpan seluruh data karyawan perusahaan dengan kapasitas yang sangat banyak. Melalui fitur ini, perusahaan tidak perlu khawatir akan terjadinya kebocoran atau kehilangan data yang nantinya akan menyebabkan masalah internal maupun eksternal perusahaan, karena HR Application memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. 

 

6. Penilaian Kinerja Karyawan

Selain pelatihan dan pengembangan kerja, setiap karyawan berhak untuk mendapatkan penilaian kinerja. Fitur aplikasi ini akan membantu tim HRD dalam menganalisis kinerja karyawan secara menyeluruh untuk setiap divisi.

Karena lebih terukur, penilaian kinerja dapat mendukung perkembangan perusahaan yang lebih optimal. Dengan begitu, karyawan dapat bekerja lebih optimal dan berkembang dengan seiring waktu.  

performance review

7. Pelatihan dan Pengembangan Kerja

Setiap perusahaan ingin karyawannya berkembang dari waktu ke waktu demi mendukung operasional perusahaan. Biasanya, perusahaan akan memberikan pelatihan dan pengembangan kerja setelah melakukan penilaian kinerja. Namun, ada juga perusahaan yang mengadakan pelatihan dan pengembangan kinerja ketika ada karyawan baru masuk. 

Fitur pelatihan dan pengembangan pada HR Application dapat membantu perusahaan bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan pelatihan dan pengembangan kerja untuk meningkatkan skill, kompetensi, dan kapabilitas tiap karyawan. Bahkan, fitur pelatihan dan pengembangan juga dapat membantu dokumentasi pelatihan serta hasil dari pelatihan yang telah usai. 

Sebelum memilih HR Application untuk perusahaan Anda, pastikan fitur-fitur di atas sudah tersedia. Agar tidak salah dalam memilih, LinovHR menyediakan HR Application dengan fitur penting yang pastinya sangat dibutuhkan perusahaan. Segera jadwalkan demo HR Application dari LinovHR sekarang juga! 

Demikian beberapa fitur yang harus ada dalam HR Application. Keberadaaan fitur ini dapat  membantu HRD melancarkan pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan menjadi sistematis. Sehingga akan tercipta kualitas tenaga kerja unggulan yang sanggup berkompetensi.