cloud database

Inilah 5 Keunggulan Manajemen HRD Menggunakan Cloud Database

Kualitas manajemen HRD akan menentukan kualitas kinerja karyawan. Semakin bagus manajemen HRD dalam sebuah perusahaan, semakin unggul performa para tenaga kerja. Seiring perkembangan teknologi, human resource development (HRD) kini dapat menggunakan cloud database untuk menyimpan data dan informasi karyawan dibandingkan penyimpanan menggunakan cara manual. 

Mengapa demikian? Mari kupas beberapa keunggulan cloud database melalui ulasan di bawah ini! 

 

Keunggulan Utama Cloud Database dalam Manajemen HRD

Tantangan kerja HRD semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sudah bukan waktunya untuk berkutat dengan kegiatan administrasi yang memakan waktu cukup lama sementara tugas HRD juga semakin kompleks.  Semestinya HRD harus lebih fokus kepada tugas yang membutuhkan analisis mendalam, seperti mencari kandidat unggul, merancang program pelatihan dan pengembangan karyawan, dan sebagainya. 

Inilah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh cloud database!

 

Aman dan Rahasia

Data dan informasi karyawan bersifat konfidensial. Maka, perusahaan wajib menjaga keamanan data tiap karyawan. Sayangnya, penyimpanan data karyawan tidak mendukung sistem keamanan yang memadai. Keunggulan database berbasis cloud untuk penyimpanan informasi karyawan adalah sistem keamanan yang ketat. Karena sistem keamanan yang ketat pula, kerahasiaan data karyawan pun terjamin. 

 

Akses Fleksibel

Walau aman dan rahasia terjamin, kemudahan akses tetap menjadi prioritas dalam database berbasis cloud. HRD lebih mudah dalam mengakses data karena mampu diakses dimana saja dan kapan saja ketika HRD membutuhkan informasi tertentu. Cukup ketik informasi karyawan di kolom search, maka semua informasi terkait akan muncul semua. Karena fleksibilitas pula, bukan tidak mungkin HRD bisa bekerja secara remote

 

Baca Juga: Ingin WFH Produktif? Gunakan 4 Aplikasi Ini! 

 

Menghemat Space Penyimpanan

Biasanya HRD akan menyimpan data dan informasi karyawan dalam sebuah lemari arsip. Cara ini mungkin terdengar praktis. Akan tetapi jika jumlah karyawan di perusahaan cukup banyak, maka akan semakin rumit penyimpanan data dan informasinya. 

Sedangkan penyimpanan menggunakan cloud database, informasi karyawan dapat disimpan lebih praktis tanpa melibatkan dokumen fisik. Jadi, tidak perlu lagi mengandalkan tempat penyimpanan menggunakan lemari arsip. 

 

Meningkatkan Kinerja HRD

Penyimpanan yang komprehensif dan terorganisir dapat memudahkan kinerja HRD. Alhasil, performa HRD bisa lebih produktif, efektif, dan efisien. Sebab semua informasi yang masuk dan ter-update terlihat secara real time. Hal ini akan membantu HRD untuk mengambil keputusan, menetapkan strategi, serta mengidentifikasi masalah yang ada dalam pengelolaan karyawan. 

 

Baca Juga: Cara Praktis Mengelola Database Absensi dengan Benar

 

Menguatkan Reputasi Perusahaan di Mata Karyawan 

Semakin banyak data dan informasi yang terorganisir dengan baik akan membantu HRD meningkatkan pengelolaan karyawan. Contohnya, data menunjukkan kinerja karyawan menurun. 

Ternyata setelah diselidiki, terdapat masalah dalam penyelesaian project. HRD kan sesegera mungkin turun tangan untuk membantu penyelesaian tersebut sehingga tidak akan berpengaruh terhadap kinerja yang lain. Maka demikian karyawan pun akan semakin puas dengan cara HRD dalam mengelola karyawan. 

Dari ulasan di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa penggunaan cloud database dalam manajemen HRD pada akhirnya akan menguntungkan pihak karyawan, HRD, dan perusahaan itu sendiri. Pengelolaan karyawan akan berjalan lebih maksimal dan berpengaruh besar terhadap kinerja secara keseluruhan. 

 

LinovHR: Mengelola Data Karyawan dalam Cloud Database

 

software hris

 

Penyimpanan dan pengelolaan data karyawan akan memakan waktu lama dan membutuhkan effort cukup besar. Tak heran jika banyak tugas penting HRD seperti analisis dan perancangan strategi menjadi tertinggal. 

Untuk itulah LinovHR menyediakan Software HRD yang didukung cloud database untuk mendukung pengelolaan seluruh karyawan. Data dan informasi semua karyawan disimpan dalam satu sistem terpusat dan saling terintegrasi satu sama lain. Dengan demikian, hal ini akan memudahkan HRD untuk memproses berbagai tugas seperti penggajian karyawan, penilaian kinerja, dan penyusunan laporan absensi. 

Tak hanya itu, LinovHR juga menyadari pentingnya menjaga keamanan dan informasi karyawan. Oleh karenanya, LinovHR menjamin kerahasiaan dan keamanan semua informasi milik client hanya digunakan untuk pengelolaan karyawan semata. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai kemungkinan soal penyalahgunaan data. 

Lantas, tunggu apalagi? Mari segera hubungi tim LinovHR untuk informasi lengkap mengenai Software HRD berbasis cloud database!