Fungsi Manajemen Kinerja Pada Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

performance management
Isi Artikel

Setiap perusahaan yang didirikan memiliki tujuan yang baik. Untuk mencapai tujuan perusahaan, maka diperlukan kinerja yang bagus.

Prestasi dalam sebuah perusahaan ditentukan dari kinerja para karyawan yang tergabung dalam manajemen perusahaan tersebut.

Mulai dari pengelolaan sumber daya manusia, proses pelaksanaan kerja, bahkan aktivitas harian terkecil yang mendukung kinerja perusahaan juga patut diperhatikan.

Untuk menjamin seluruh proses berjalan baik diperlukan usaha dari manajemen dalam mengatur dan melaksanakan aktivitas harian ini.

 

 

Apa itu Manajemen Kinerja?

Fungsi manajemen terdiri dari beberapa indikator, salah satunya adalah fungsi manajemen kinerja perusahaan.

Fungsi manajemen kinerja adalah sarana yang ada dalam perusahaan untuk mengelola kinerja yang telah ditentukan dan disepakati bersama.

Manajemen kinerja harus mampu membawa perusahaan menjadi satu kesatuan tim untuk mencapai hasil yang baik.

Kinerja itu sendiri bukan berarti hanya sekedar bekerja dan bekerja, tapi juga mencakup bagaimana mengatur strategi, mengatur jalannya proses kerja, dan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen yang dilayani perusahaan.

Usaha ini dapat dilakukan dengan memperbaiki cara kerja karyawan yang telah ada bekerja di perusahaan.

Dipimpin oleh seorang manajer, maka manajemen kinerja dapat memberikan dorongan dan hasil yang baik bagi perusahaan dalam usaha mencapai potensinya.

Fungsi manajemen kinerja yang baik akan memberikan manfaat bukan hanya kepada pihak perusahaan saja, namun berguna juga bagi seluruh anggota perusahaan termasuk karyawan yang bekerja dan manajer yang memimpin.

Dalam penerapannya sehari-hari manajemen kerja menghargai kejujuran, saling memberikan pelayanan terbaik baik ke dalam maupun keluar perusahaan, memiliki rasa tanggung jawab, sehingga dalam bekerja setiap anggota tim merasa nyaman, terjadi komunikasi yang baik antara tim.

 

Fungsi Manajemen Kinerja bagi Perusahaan

Berikut beberapa contoh fungsi manajemen kerja bagi Perusahaan dalam penerapannya sehari-hari.

 

1. Menjadi Suatu Indikator Kinerja dengan KPI 

KPI (Key Performance Indicator) mengukur secara kinerja secara kuantitatif dan jelas, serta waktu untuk mencapainya.

Tentu saja ukuran ini harus menjawab tantangan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut.

Dalam bisnis atau perusahaan komersial, maka indikator kinerjanya adalah berbagai aspek finansial seperti laba, pertumbuhan penjualan, lalu indikator pemasaran seperti jumlah pelanggan. Pemerintahan pun sekarang menggunakan KPI.

 

2. Mencapai Tujuan Perusahaan

Manajemen kinerja berfungsi dalam membantu mencapai tujuan dari perusahaan.

Keberadaannya membuat tujuan perusahaan bisa dimonitor dan dikalibrasi ulang jika dibutuhkan, ibarat sebuah kompas yang membantu untuk mengembalikan perusahaan ke jalurnya yang benar.

 

3. Memperbaiki Sistem Kerja

Perubahan merupakan satu-satunya yang konstan di dunia ini. Meskipun sebuah perusahaan yang terlihat hebat dan megah, terkadang belum tentu memiliki manajemen kerja yang solid.

Untuk itulah fungsi manajemen kerja perusahaan dibentuk. Perbaikan dan penyempurnaan sistem yang sudah ada akan membawa dampak positif baik kepada karyawan dan perusahaan.

 

Baca Juga : Strategi Manajemen SDM yang Bisa Diterapkan HR

 

4. Menciptakan Apresiasi

Penilaian kinerja dalam perusahaan yang objektif sangat penting, di mana penilaian kinerja dilakukan oleh atasan, rekan sekerja, pengguna jasa (klien) serta bawahan.

Pada prinsipnya manusia itu berpikir secara subyektif, memilih apa yang dianggap disukai, tetapi menilai secara bersama mampu mengubah sikap subyektif itu menjadi sangat mendekati obyektif.

Dengan demikian, ternyata berpikir bersama jauh lebih holistik daripada berpikir sendiri-sendiri.

Ini dapat memberi semangat kerja bagi semua karyawan. Mereka akan bekerja keras karena merasa dihargai.

Manajemen kinerja bukan hanya memberi manfaat kepada organisasi saja tetapi juga kepada manajer dan individu.

 

Bagi organisasi, manfaat manajemen kinerja adalah menyesuaikan tujuan organisasi dengan tujuan tim dan individu.

Selain itu, sistem manajemen kinerja bisa memperbaiki kinerja, memotivasi pekerja, meningkatkan komitmen, mendukung nilai-nilai inti, memperbaiki proses pelatihan dan pengembangan, serta meningkatkan dasar ketrampilan.

Hal ini dapat mengusahakan perbaikan dan pengembangan berkelanjutan, mengusahakan basis perencanaan karier, membantu menahan pekerja terampil agar tidak pindah, mendukung inisiatif kualitas total dan pelayanan pelanggan, serta mendukung program perubahan budaya.

 

Baca Juga: Apakah Workforce Management Lebih Efektif Menggunakan Aplikasi?

 

Performance Management System LinovHR Sebagai Sistem Manajemen Kinerja Perusahaan

Software HRIS

LinovHR menawarkan solusi software performance management yang luar biasa untuk perusahaan.

Dengan platform yang canggih dan mudah digunakan, LinovHR memungkinkan perusahaan untuk mengelola kinerja karyawan dengan efektif dan efisien.

 

Dengan menggunakan Performance Management System dari LinovHR, perusahaan dapat mengatur dan melacak tujuan karyawan, mengukur pencapaian mereka, serta memberikan umpan balik yang relevan dan konstruktif.

Ini memungkinkan manajer dan pimpinan perusahaan untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kinerja individu dan tim, serta memperoleh wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Keunggulan Performance Management System LinovHR tidak hanya terletak pada fungsionalitasnya, tetapi juga pada keamanan dan keandalannya.

Dengan mengadopsi teknologi terkini, LinovHR menjaga data perusahaan tetap aman dan terlindungi.

 

Ayo, segera ajukan jadwal demo Performance Management System LinovHR dan dapatkan berbagai promo menarik untuk perusahaan Anda!

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter