workforce management

Apakah Workforce Management Lebih Efektif Menggunakan Aplikasi?

Workforce management atau manajemen tenaga kerja merupakan salah satu hal krusial dalam tugas staff Human Resource Department (HRD). Sebab, kualitas kinerja karyawan ini ditentukan dari metode pengelolaan karyawan tersebut. Semua itu dilakukan demi tercapainya peningkatan dan stabilitas kinerja karyawan.

 

Aspek Penting dalam Workforce Management

Untuk mendukung berjalannya workforce management yang baik, terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan oleh HRD. Apa saja aspek penting di dalamnya?

 

Pemantauan Kinerja

Tidak semua orang dapat bekerja tepat waktu sesuai deadline. Jadi, untuk mengurangi kesalahan dan waktu yang terbuang akibat kinerja karyawan melambat, perusahaan perlu memantau perkembangan kinerja dengan seksama. Jika ditemukan adanya indikasi masalah dalam proses suatu target, perusahaan bisa langsung menindaklanjuti sisi mana yang mengalami gangguan sehingga tidak mempengaruhi kinerja yang lain.

Salah satu cara pemantauan kinerja dapat menggunakan aplikasi manajemen karyawan dari LinovHR. Dengan berbagai fitur yang ada, HRD dan manajer bisa memantau perkembangan kinerja tiap tim dan masing-masing karyawan terhadap tujuan perusahaan. Sehingga memudahkan perusahaan dalam mengadakan evaluasi kinerja.

 

Komunikasi

Komponen kunci dalam manajemen tenaga kerja adalah memastikan bahwa setiap orang secara aktif berkolaborasi dalam satu proyek. Komunikasi merupakan bagian utama dalam hal ini. Perusahaan perlu menciptakan lingkungan yang sangat responsif dan kolaboratif bagi karyawan di mana karyawan memiliki gagasan bagus tentang apa yang akan dilakukan. Kelancaran komunikasi pun juga akan membuat project yang berjalan lebih cepat selesai. 

 

Mentorship

Dalam workforce management di masa lalu, HRD mengukur efisiensi tenaga kerja dalam hal output atau hasil. Aspek ini tidak salah, tetapi perusahaan di masa modern juga harus mempe, menekankan pada pemberian bimbingan dan arahan atau mentorship kepada karyawan.

Mentorship diperlukan memberdayakan karyawan dalam hal menghasilkan ide-ide berharga yang dapat bermanfaat bagi seluruh organisasi. Umumnya, mentorship dilakukan antara karyawan senior dan junior.

 

Baca Juga:  Melatih Karyawan Senior Melalui Reverse Mentorship

 

Pengembangan Skill

Tren dan industri semakin berubah, karyawan di perusahaan Anda perlu mengikuti perkembangan teknologi terbaru dalam bekerja sehari-hari supaya bisa menunjang operasional perusahaan. 

Maka dari itu, perusahaan perlu memberikan pengembangan dan pelatihan karyawan agar bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut. Program pelatihan dan pengembangan yang tepat juga dapat menumbuhkan sense of belonging yang kuat di kalangan karyawan. 

 

Tips Menyusun Workforce Management

Setelah menyimak beberapa aspek penting dalam workforce management, selanjutnya mari membahas bagaimana cara menyusun workforce management. Tips yang perlu dilakukan antara lain:

 

Standarisasi Proses dan Aturan

Hal yang pertama harus dilakukan, perusahaan perlu melakukan standarisasi terhadap aturan dan proses operasional. Dibutuhkan konsistensi dan transparansi dalam mengelola kehadiran karyawan, gaji, penjadwalan kerja, dan sebagainya. Karyawan pun butuh kejelasan dan memahami aturan serta proses kinerja yang sudah distandarisasi agar kinerja perusahaan keseluruhan berjalan lancar. 

 

Otomatisasi Proses Administrasi

Proses pengelolaan administrasi karyawan terkenal rumit dan membutuhkan waktu lama dikarenakan banyaknya dokumen dan informasi karyawan. 

Di sisi lain, HRD sebenarnya harus lebih fokus terhadap pengembangan karyawan agar kualitas kinerja kian meningkat. Untuk mengatasinya, perusahaan dapat mulai mengotomatisasi semua tugas yang berkaitan dengan administrasi karyawan seperti penggajian, pencatatan absensi, rekap data karyawan, dan lain sebagainya. 

Software HRD dari LinovHR merupakan salah satu media yang tepat untuk otomatisasi tugas administrasi HRD. Dengan implementasi Software HRD dari LinovHR, berbagai tugas administrasi HRD bisa selesai tepat waktu serta menghasilkan hasil yang akurat. 

 

Rutin Mengadakan Review Kinerja

Review kinerja bukanlah ajang untuk menyudutkan karyawan. Justru sebaliknya, adanya program review kinerja secara kontinu dapat membantu karyawan dan atasan untuk saling memahami gaya bekerja satu sama lain serta meningkatkan kerja tim lebih solid. 

Alhasil, baik karyawan dan manajer bisa saling menetapkan ekspektasi kerja yang jelas sehingga progres kinerja bisa cepat selesai dengan hasil yang memuaskan. 

 

Baca Juga: Cara Memberikan Feedback Setelah Performance Review 

 

Pertimbangkan Fleksibilitas

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa tren kinerja kian hari makin beragam. Tentunya fenomena ini akan berpengaruh terhadap pola kerja dalam perusahaan. Kini perusahaan tidak lagi bisa menetapkan aturan yang kaku ketika banyak karyawan yang bekerja di perusahaan merupakan golongan anak muda yang menyukai fleksibilitas kerja. 

Oleh sebab itu, perusahaan dapat mempertimbangkan fleksibilitas kerja selama hal tersebut tidak akan mengganggu operasional perusahaan. Namun begitu, perusahaan juga perlu menetapkan aturan dan sanksi yang jelas apabila ada karyawan yang melanggar aturan bila sistem kerja fleksibel ditetapkan.

 

LinovHR: Manajemen Kinerja Karyawan Secara Komprehensif

Sudah bukan waktunya HRD berkutat dengan proses pengelolaan karyawan yang memakan waktu lama. Kini, perusahaan dapat mengandalkan Software HRD dari LinovHR untuk manajemen kinerja karyawan secara komprehensif. 

 

software hris

 

LinovHR telah berpengalaman dalam membantu manajemen karyawan perusahaan dari berbagai macam industri. Tak hanya itu, LinovHR juga menjamin keamanan dan kerahasiaan informasi perusahaan yang digunakan dalam pengelolaan karyawan. 

Adapun berbagai modul yang ditawarkan oleh LinovHR adalah: 

 

  1. Time management
  2. Performance management
  3. Personnel Administration
  4. Organization management
  5. Learning and Development
  6. Employee Self Service
  7. Loan
  8. Payroll 
  9. Competency management
  10. Succession management
  11. Recruitment
  12. Reimbursement

 

Jika disusun dan diimplementasikan dengan tepat, workforce management dapat menunjang perkembangan kinerja karyawan dan perusahaan. Untuk lebih mengoptimalkan implementasinya, perusahaan dapat menggunakan Software HRD dari LinovHR. Ingin informasi lebih lengkap mengenai Software HRD dari LinovHR? Segera klik tautan ini untuk ajukan demo software bersama tim LinovHR!