Pentingnya Elemen Dasar Good Performance Management System

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

good performance management system
Isi Artikel

Good performance management system merupakan instrumen penting bagi suatu bisnis perusahaan. Sistem ini akan membantu perusahaan dalam mengelola karyawan, sumber daya perusahaan, serta penerapan strategi untuk mencapai suatu tujuan perusahaan.

Dengan menggunakan performance management system yang efektif, perusahaan dapat mengetahui potensi masalah yang mungkin muncul dalam bisnis sejak dini.

Hal tersebut memungkinkan atasan atau manajer untuk melakukan penyesuaian atau perubahan agar bisnis tetap terjaga stabilitasnya dan masalah dapat teratasi.

Untuk itu, hingga saat ini banyak perusahaan yang menggunakan sistem performance management untuk mengefisiensikan bisnis. 

Artikel dari LinovHR ini akan membahas mengenai good performance management system di perusahaan, mulai dari pengertian, tahapan, hingga elemen-elemen pentingnya.

Simak ulasannya berikut ini ya!

 

Apa Itu Good Performance Management System?

Performance management system merupakan suatu proses yang digunakan untuk melakukan pengukuran, identifikasi, evaluasi, perencanaan, perbaikan, dan pemberian penghargaan bagi pegawai yang memiliki performa baik. 

Biasanya, alat yang digunakan perusahaan dalam performance management system adalah KPI (Key Performance Indicator) dan PA (Performance Appraisal). KPI digunakan untuk mengukur dan membandingkan kinerja karyawan dalam memenuhi tujuan operasional perusahaan. 

Sedangkan, performance appraisal mempunyai tujuan untuk mengevaluasi prestasi kerja karyawan berdasarkan aspek kompetensi yang telah ditetapkan perusahaan. 

Penerapan performance management system di perusahaan dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan dan mendorong produktivitas kerja. Hal tersebut secara tidak langsung akan berdampak pada pengembangan bisnis perusahaan.

 

Baca Juga: Rumus dan Cara Menghitung KPI yang Benar

 

Tahapan Siklus Performance Management

Jika Anda ingin menerapkan good performance management system di perusahaan, tentunya Anda harus memperhatikan tahapan dan siklusnya. Untuk itu, berikut adalah tahapan dan siklus performance management system.

 

  1. Tahap Perencanaan

Pada tahapan perencanaan, tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan perlu ditetapkan dengan jelas. Hal tersebut mencakup target kualitas dan kuantitas dari output yang dihasilkan. Selain itu, harapan perencanaan ini bertujuan sebagai alat ukur dalam mencapai suatu tujuan bisnis.

 

  1. Tahap Pengelolaan Kinerja

Tahap pengelolaan kinerja ini adalah realisasi dari tahapan perencanaan. Rencana kerja yang dibuat sebelumnya harus dapat terealisasi dan tentunya harus mencapai target-target yang telah ditentukan.

 

  1. Tahap Penilaian

Tahapan penilaian ini diperlukan sebagai sarana penilaian atau evaluasi terhadap kinerja karyawan. Tahapan evaluasi atau PA ini biasanya dilakukan satu tahun sekali, sedangkan KPI dilakukan terus-menerus selama periode tertentu secara rutin.

 

  1. Penghargaan

Apabila kinerja karyawan telah melebihi target yang ditentukan dan penilaian karyawan cukup baik, maka perusahaan perlu memberikan penghargaan kepada karyawan tersebut. Penghargaan diberikan agar karyawan selalu semangat dalam memberikan performa terbaik di perusahaan.

Namun apabila karyawan tidak mencapai target atau penilaian karyawan buruk, maka karyawan juga berhak diberikan punishment agar kinerjanya meningkat.

 

Elemen Good Performance Management System

Ada beberapa cara untuk menerapkan performance management system yang efektif dan efisien. Salah satunya dengan mengetahui elemen-elemen pentingnya. Berikut adalah elemen-elemen penting dalam good performance management system.

 

  1. Menentukan Tujuan

Performance management yang baik tentunya harus menetapkan tujuan bisnis dan sasaran bisnis agar karyawan yang bekerja di perusahaan dapat mengetahui arah gerak perusahaan. Oleh sebab itu, tujuan bisnis yang efektif harus melibatkan partisipasi dari karyawan itu sendiri. 

Hal tersebut akan membuat karyawan lebih mengerti pentingnya kontribusi mereka di perusahaan.

 

  1. Menjalin Komunikasi serta Kolaborasi 

Salah satu elemen yang paling penting dalam performance management adalah menjalin komunikasi dan kolaborasi. Hal tersebut mendorong karyawan untuk aktif berpartisipasi di dalam suatu pekerjaan yang berdampak pada peningkatan produktivitas kerja.

Dengan begitu, karyawan akan selalu konsisten pada sasaran kerja harian dan bisa mencapai kesuksesan dalam tim.

 

Baca Juga: Penjelasan Kolaborasi dan Cara Menerapkannya dalam Tim

 

  1. Pengakuan dan Penghargaan terhadap Karyawan

Pengakuan dan penghargaan terhadap karyawan adalah salah satu elemen yang paling penting apabila manajemen kinerja berjalan dengan baik. Hal ini tentunya akan membuat karyawan merasa dihargai dari hasil kinerja mereka. 

 

Kelola Performance Management Karyawan Secara Mudah Dengan Software HRIS LinovHR 

Good performance management system akan mempermudah penilaian dan pengukuran kinerja karyawan. Sistem ini cukup efektif untuk diterapkan di perusahaan karena bisa melakukan analisis kinerja karyawan untuk meningkatkan performa karyawan.

Namun, sayangnya terdapat beberapa perusahaan yang masih belum mampu untuk memanfaatkan performance management system dengan maksimal.

Bahkan, masih banyak perusahaan yang menerapkan manajemen performa secara manual. Hal ini membuat penilaian kinerja membutuhkan waktu yang lama dan tidak efisien.

 

performance review

 

Oleh karena itu, untuk membuat penilaian berbasis data yang lebih akurat dan bisa dilakukan secara komprehensif, perusahaan perlu menggunakan Software HRIS LinovHR yang dilengkapi dengan modul Performance Management.

Modul Performance Management tersebut memungkinkan perusahaan untuk melakukan penilaian kinerja dengan data-data yang komprehensif berdasarkan KPI yang sudah ditetapkan perusahaan. 

Apalagi di dalam modul tersebut terdapat fitur Balanced Score yang bisa membantu perusahaan dalam melihat perkembangan karyawan. Hal ini akan memberikan kemudahan dalam pengelolaan manajemen performa karyawan di perusahaan.

Apakah Anda ingin melakukan pengelolaan performance management dengan mudah dan praktis? Software HRIS LinovHR adalah solusinya!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter