Google Bisnisku

Yuk, Belajar Kelola Bisnis Anda dengan Google Bisnisku!

Apakah Anda pernah mencari nama suatu bisnis di mesin pencarian Google? Google akan menampilkan informasi ketika Anda memasukkan keyword bisnis yang dicari tersebut. Kecanggihan teknologi ini merupakan fitur dari Google My Business atau Google Bisnisku.  

Hal ini tentu dirancang untuk memudahkan konsumen menemukan informasi seputar bisnis, seperti jam operasional, lokasi, nama tempat, foto tempat, alamat email, website, review pelanggan, hingga nomor telepon yang dapat dihubungi. 

Lalu, bagaimana agar google bisnisku login? Apa saja manfaat yang akan didapatkan? Simak ulasan berikut ini.

 

Apa Itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku merupakan salah satu tool gratis yang dapat digunakan untuk membantu bisnis mendapat tampilan profil secara lengkap dan jelas pada halaman hasil pencarian, yang disediakan oleh Google.

Ini akan muncul ketika orang-orang mencari nama, informasi, atau memilih sebuah tempat pada Google Maps, di mana Google Bisnisku dapat membantu pebisnis membuat dan mengupdate entri yang ada, agar calon pelanggan dapat menemukannya dengan mudah.

Tak hanya menampilkan informasi tentang bisnis, namun pebisnis juga bisa berinteraksi dengan konsumen melalui bagan tanya jawab yang disediakan oleh Google, dan juga melalui review, sehingga fitur ini tentu dianggap sangat berdampak positif oleh para pebisnis.

 

Baca Juga: Santai tapi Produktif: Belajar dari Budaya Kerja Google

 

Manfaat Google Bisnisku

Sebagai bagian dari online marketing, ketahuilah beberapa alasan mengapa sangat penting memanfaatkan Google Bisnisku.

 

1. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Ketika mencari tempat atau destinasi di Google, Anda akan diberikan sebuah panel visibilitas di bagian atas halaman yang berisi bisnis yang ada dengan kategori sesuai pencarian. Panel ini terdiri dari 3 bisnis lokal dan informasi yang berasal dari entri Google My Business.

Karena itu, dengan memiliki profil Google Bisnis yang teroptimasi dan lengkap, maka panel ini dapat membantu bisnis Anda untuk muncul di pencarian yang tepat yang akan sangat berguna ketika pelanggan ingin mengunjungi atau menghubungi bisnis tersebut.

 

2. Mengenal Traffic Website dan Pelanggan Bisnis

Google Bisnisku memiliki integrasi dengan Google Analytics, di mana ketika pebisnis menyambungkan kedua tools ini maka akan dapat mengakses laporan lebih terperinci dan mendalam tentang traffic website.

 

3. Membantu Pengelolaan Online Presence

Anda sudah bisa mengakses semua tools Google hanya dengan login ke dashboard Google Bisnisku, dengan penawaran berbagai tools ini untuk membantu dalam mengembangkan bisnis Anda di dunia digital.

 

Baca Juga: Istilah Arti Follow Up dalam Dunia Bisnis

 

Cara Daftar Google Bisnisku

Google Business
Cara Daftar Google Business

Anda perlu mempersiapkan lokasi tempat berbisnis sebagai penunjuk arah oleh pelanggan di Google Maps, juga informasi yang tidak berubah seperti nama, nomor telepon dan website, untuk mempermudah proses daftar Google Bisnisku.

Selanjutnya, pastikan Anda telah memiliki akun Google untuk memulai pendaftaran, seperti  akun Gmail personal untuk mengatur profil Google Bisnisku, tetapi lebih ideal lagi jika mempunyai email dengan domain bisnis menggunakan produk bisnis G-Suite.

 

Masuk ke Google Bisnisku Login

Kunjungi halaman Google Bisnis setelah sign in ke akun Google, dan klik tombol Mulai Sekarang.

 

Masukkan Informasi Bisnis

Masukkan informasi bisnis Anda secara jelas, akurat dan benar. Setelah itu, pilih area titik lokasi usaha Anda yang tepat di Google Maps. 

 

Verifikasi

Verifikasi kepemilikan atau hubungan dengan bisnis yang baru saja didaftarkan, dan memilih dari beberapa metode verifikasi, seperti kartu pos, telepon kantor, email, dan kepemilikan website.

Namun, di antara metode verifikasi di atas, hanya metode kartu pos yang dapat digunakan oleh semua bisnis, karena verifikasi lainnya perlu beberapa prasyarat dari Google yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, verifikasi menggunakan kartu pos adalah cara terbaik.

 

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Google Docs, Rupanya Sangat Mudah!

 

Lengkapi Profil Anda

Setelah semua syarat daftar Google Bisnisku sudah terpenuhi, terverifikasi dan sudah memiliki bisnis yang tercantum di Google, maka ini saatnya untuk Anda mengisi lengkap profil Anda, seperti tambahan deskripsi, kategori, fasilitas, dan informasi lainnya yang tersedia dan ingin Anda lengkapi. 

 

Kesimpulan

Google Bisnisku gratis, mudah untuk digunakan, dan cara mendaftarkan bisnis pun tidak sulit. Hal itu dikarenakan Google memahami para pebisnis dan ingin membantu mengembangkan bisnis Anda terutama bagi entrepreneur yang baru merintis usaha. Karena itu, jangan ragu untuk daftar dan mendapatkan insight untuk bisnis Anda. Selamat berbisnis!