8 Ide Hadiah Perpisahan untuk Rekan Kerja yang Resign

8 Ide Hadiah Perpisahan untuk Rekan Kerja yang Resign

Rekan kerja yang resign dengan berbagai alasan merupakan peristiwa wajar yang sering kali ditemui. Baik pindah ke lokasi baru ataupun mengejar karir yang berbeda, akan ada karyawan yang memutuskan untuk meninggalkan perusahaan. Walau mereka memutuskan resign, bukan berarti relasi Anda dengan rekan putus begitu saja. Sebagai bentuk kenang-kenangan, Anda dapat memberikan hadiah perpisahan rekan kerja.

Memberi hadiah perpisahan untuk rekan kerja adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai pekerjaan yang telah diberikan kepada perusahaan. Sehingga, rekan kerja Anda juga menghargai betapa bersyukur dan bangga menjadi bagian dari lingkungan kerja yang menyenangkan.

Namun kira-kira apa hadiah yang tepat sebagai hadiah perpisahan yang tepat dan sekiranya akan senang diterima? Mari kita simak bersama!

 

Pertimbangan Sebelum Memberikan Hadiah Kepada Rekan Kerja

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai ide untuk rekan kerja, ada baiknya Anda memahami pertimbangan yang dilakukan sebelumnya.

Memberikan hadiah kepada rekan terkadang melalui banyak pertimbangan. Salah memberikan hadiah, justru tidak terpakai sama sekali oleh rekan atau malah menyinggung perasaan.

Jadi, bagaimana cara memilih hadiah untuk rekan kerja? Pahami 3 poin berikut!

 

Berapa Biaya yang Akan Anda Keluarkan?

Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya untuk membeli hadiah yang akan diberikan untuk rekan. Penting untuk memahami berapa biaya yang Anda akan keluarkan untuk membeli barang tersebut.

Mengapa demikian? Jangan sampai alih-alih ingin menyenangkan orang lain, justru barang yang Anda beli terlampau mahal dan mengurangi anggaran untuk biaya pribadi. Jadi, pastikan Anda benar-benar tahu berapa yang Anda akan keluarkan berdasarkan keuangan saat ini.

 

Pahami Kepercayaan dan Kebiasaan Rekan

Setiap orang memiliki kepercayaan, kebiasaan, dan latar belakang yang berbeda. Anda juga harus mengetahui seperti apa kepercayaan yang dimiliki serta kebiasaan atau pola hidup rekan.

Misalkan Anda membelikan satu paket Champagne sementara rekan Anda beragama Islam dan tidak minum minuman beralkohol. Contoh lainnya, Anda membelikan paket makan barbeque di restoran ternama untuk rekan Anda yang vegetarian. Pasti akan sangat mengganggu, bukan?

Oleh karenanya, pastikan jika Anda tahu dan paham kepercayaan serta kebiasaan rekan agar hadiah yang diberikan benar-benar cocok.

 

Tidak Harus Selalu Barang

Memberikan hadiah tidak harus berupa barang. Namun di sisi lain, memberikan uang tunai dinilai kurang simpatik dan menghargai rekan kerja. Solusinya, Anda dapat memberikan hadiah berupa voucher atau gift card.

Anda bisa memberikan voucher sebagai alternatif jika bingung benda apa yang Anda akan berikan. Tetapi, pastikan jika kedua poin di atas sudah Anda pahami dulu!

 

Baca Juga: Proses Offboarding Untuk Karyawan Yang Akan Resign

 

Ide Hadiah Perpisahan untuk Rekan Kerja yang Hendak Resign

Penting untuk mengakhiri hubungan profesional Anda dengan teman kerja melalui cara yang baik. Menggunakan hadiah perpisahan untuk mendoakan hal baik membuat mereka merasa didukung saat mereka melanjutkan hidup. 

Memberikan hadiah juga dapat menjaga hubungan Anda dengan rekan kerja, sebab bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti Anda akan bertemu kembali dengan rekan Anda. 

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan hadiah apa yang akan diberikan kepada rekan kerja. Anda bisa mempertimbangkan kesukaan atau hobi rekan yang bersangkutan. Berikut beberapa ide hadiah yang sekiranya dapat Anda contoh : 

 

Merchandise Perusahaan

Sebagai pengingat akan perusahaan, pastinya memberikan merchandise akan perusahaan merupakan ide yang baik untuk diberikan sebagai hadiah resign. Biasanya merchandise perusahaan berupa buku, lanyard, notebook hingga lanyard.

 

Bunga

hadiah perpisahan rekan kerja
Bunga untuk hadiah perpisahan rekan kerja

 

Bunga merupakan simbolik akan rasa terima kasih atas kerja keras selama ini sekaligus tanda sayang dari seluruh tim untuk rekan kerja yang ingin resign.

Anda dapat menyisipkan kartu ucapan yang dapat ditandatangani seluruh rekan kerja. Dengan memberikan hadiah perpisahan rekan kerja berupa buket bunga, rekan kerja yang hendak resign merasa lebih dihormati dan dihargai.

 

Makanan

Siapa yang tidak suka diberikan makanan? Semua orang sangat menyukainya! Apalagi jika diberikan makanan kesukaan.

Makanan dianggap senjata terampuh untuk meningkatkan mood. Sebaiknya sebelum diberikan makanan, lebih baik ditanya makanan yang disukai atau belakangan ini ingin dimakan. Sehingga tidak mubazir dan yang menerima juga akan senang.

 

Baca Juga: Tingkat Stress Karyawan Tinggi? Coba 5 Program Ini untuk HRD

 

Photo Team

Foto sebagai kenang-kenangan merupakan kado yang amat manis untuk teman yang ingin resign. Apalagi diberikan foto full team dalam salah satu acara kantor dengan frame yang bagus merupakan hadiah yang akan selamanya diingat.

 

Buku atau Notebook

hadiah perpisahan rekan kerja
Hadiah Buku

 

Ide hadiah perpisahan untuk rekan kerja adalah buku. Jikalau rekan Anda memang suka membaca, Anda dapat memberikan buku yang inspiratif atau sesuai dengan genre kesukaannya. Namun jika kurang suka baca, notebook or journal sebagai buku tulis untuk mengingat seluruh deadline di perusahaan baru.

 

Cangkir Kopi

hadiah perpisahan rekan kerja
Cangkir Kopi

 

Cangkir kopi bukan hanya diperuntukkan bagi minum kopi saja, namun minum teh atau sekedar air putih juga bisa. Hal ini tentunya berguna karena tiap orang pasti rutin minum minuman tertentu. Dapat juga cangkir tersebut diprint dengan muka rekan kerja atau seluruh tim sebagai kenangan. 

 

Pulpen

Sebagai pekerja, pulpen sebagai alat tulis yang paling berguna. Walaupun hampir semua sudah beralih ke digital, tetap saja pulpen juga dibutuhkan. Oleh karena itu, memberikan pulpen sebagai hadiah juga masih dapat Anda berikan.

 

Voucher Penginapan

Hadiah Resign Voucher
Voucher

Sebagai reward atas usaha dan kerja kerasnya, voucher penginapan dapat menjadi ide hadiah yang menarik. Hal ini dapat membantu rekan kerja yang hendak resign dapat refresh sejenak. Pastikan voucher yang Anda berikan flexible waktu sesuai keinginan penerima dan mendapatkan fasilitas minimal sarapan dan gym. 

 

Dengan beberapa ide hadiah perpisahan rekan kerja diatas, rekan kerja Anda akan senang dan merasa bahagia karena merasa disayang dan dihargai selama bekerja bersama Anda. Semoga rekomendasi hadiah perpisahan untuk rekan kerja dapat berguna!