membuat struktur organisasi

Tips Membuat Struktur Organisasi yang Efektif

Struktur organisasi merupakan kerangka susunan yang menjelaskan setiap komponen dalam susunan perusahaan, dimana setiap karyawan akan menduduki posisi dan fungsinya masing-masing. Diperlukan cara yang efektif untuk membuat struktur organisasi yang efektif. 

 

Tips Membuat Struktur Organisasi

Dalam suatu perusahaan, struktur organisasi ini sangat penting karena untuk keberlangsungan operasional perusahaan. Tapi masih banyak perusahaan khususnya tim HRD yang membuat struktur organisasi secara baik dan benar. 

 

Ingin tahu bagaimana cara membuat struktur organisasi yang benar? Simak ulasan LinovHR di bawah ini! 

 

  • Buat Struktur Organisasi Sesuai dengan Tujuan Perusahaan

Pertama, buatlah struktur organisasi sesuai dengan visi, misi, tujuan, hingga harapan perusahaan. Hal ini bertujuan agar organisasi perusahaan memiliki kejelasan arah tujuan. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempelajari tujuan perusahaan sebelum merumuskan struktur organisasi.

 

  • Tentukan Sasaran Bisnis

Setelah mempelajari tujuan serta visi dan misi perusahaan, langkah selanjutnya adalah menentukan sasaran bisnis perusahaan yang ingin dicapai. Rumuskan apa saja hal yang ingin dilakukan beserta sasarannya. 

Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengenal bisnis yang sedang dijalani dan kegiatan apa yang harus dilakukan untuk melahirkan produk bisnis perusahaan. 

Dengan mengetahui target bisnis perusahaan akan memudahkan Anda dalam membuat struktur organisasi.

 

Baca Juga : Cara Merancang Marketing Plan untuk Bisnis

 

  • Susun Struktur Organisasi Sesuai dengan Skill Karyawan

Lakukanlah analisis terhadap bakat dan kemampuan karyawan yang mungkin saja tersimpan. Struktur ini harus dibuat dengan menempatkan orang-orang yang tepat untuk mengisi tiap posisinya. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk mengamati karakteristik dan skill para karyawan, sehingga Anda dapat menempatkan karyawan pada posisi yang sesuai dengan bakat mereka.

 

  • Perhatikan Usia Para Karyawan

Dalam membentuk struktur organisasi perusahaan, faktor usia menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menempatkan karyawan dengan susunan posisi yang sudah dibuat.

Alasan kenapa faktor usia menjadi perhatian lebih karena hal ini merupakan indikator dari tingkat kedewasaan, kematangan, hingga kecepatan seseorang dalam bekerja.

 

  • Jelaskan Deskripsi Pekerjaan Secara Detail

Salah satu hal yang paling dihindari oleh karyawan adalah overlapping position, atau seseorang mengerjakan tugas yang seharusnya dikerjakan oleh 2 orang. Jadi dalam menyusun struktur ini, Anda harus menjelaskan setiap detail job description secara jelas dan tepat.  Cara ini dilakukan agar tiap karyawan dapat mengerjakan tugasnya masing-masing.

 

Baca Juga : Pengertian Job Description dan Job Spesification Beserta Contohnya

 

  • Hindari Posisi/Jabatan yang Tidak Selaras dengan Kompetensi Karyawan

Terkadang masih ada perusahaan yang menempatkan karyawan pada posisi yang tidak sesuai dengan kompetensi. Tentu saja dalam membuat struktur organisasi, Anda harus memertimbangkan skill para karyawan agar menciptakan struktur yang ideal.

 

  • Lakukanlah Evaluasi pada Karyawan

Setelah kegiatan operasional perusahaan telah berjalan pada beberapa waktu, saatnya Anda melakukan evaluasi kepada kinerja karyawan. Selain memberikan evaluasi, Anda juga dapat diberlakukan self assessment atau penilaian diri sendiri kepada karyawan. Maka karyawan dapat meningkatkan kualitas dirinya setelah evaluasi tersebut. 

 

  • Buat Struktur Organisasi Secara Efisien

Struktur Organisasi lebih baik jika dibuat secara ramping dan efisien. Anda tidak perlu menyertakan posisi tidak dibutuhkan. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghindari sistem berjalan secara rumit dan memperlambat kegiatan operasional. 

 

hris

Kelola Struktur Organisasi bersama Modul Organization Management

Agar perusahaan dapat membuat struktur organisasi secara efektif, tentunya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Agar hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, module Organization Management sangat cocok untuk keperluan perusahaan dalam membuat struktur organisasi.

Modul organization management ini dapat dapat melihat secara visual terkait dengan gambaran besar hingga komponen-komponen kecil yang mendukung dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Kemudahan dalam modul organization management akan membantu Anda pada proses manajemen organisasi perusahaan. Kemudahan tersebut tersebut antara lain:

  • Membuat deskripsi atau penjelasan secara lengkap tentang perusahaan
  • Menyimpan seluruh database perusahaan secara aman
  • Mengelola seluruh informasi berkaitan dengan data unit karyawan, posisi, divisi atau departemen
  • Mengelola job description dari tiap divisi agar menjadi lebih jelas

 

Struktur organisasi merupakan pondasi penting yang wajib ada dalam kegiatan operasional perusahaan.  Untuk itu, perusahaan atau tim HRD harus dapat membuat struktur ini dengan baik agar setiap kegiatan bisa berjalan sesuai dengan tujuan dan harapan perusahaan.

Demikianlah tips untuk membuat struktur organisasi efektif yang bisa diterapkan di perusahaan Anda. Agar lebih mudah lagi, gunakan modul Organization Management dari LinovHR solusi untuk mengelola manajemen organisasi perusahaan Anda. Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!