housekeeping

Housekeeping: Pengertian, Tugas, dan Struktur Organisasinya

Housekeeping merupakan salah satu pekerjaan di bidang jasa. Seorang pekerja di bidang ini biasanya dikenal sebagai housekeeper. Pekerjaan ini dibutuhkan di beberapa tempat. Mulai dari hotel, penginapan, atau kantor.

Dalam industri perhotelan, pekerjaan ini banyak dibutuhkan dan menjadi sangat penting untuk menjaga setiap kamar agar tetap bersih dan terjaga. Di kantor, seorang housekeeper dibutuhkan untuk menjaga ruang kerja tetap bersih, rapi, dan teratur.

Lalu, apakah tugas housekeeper hanya membersihkan ruangan saja? Untuk mengetahui apa itu housekeeping, tugas housekeeping, dan gajinya, simak ulasan dari LinovHR di bawah ini.

 

Apa Itu Housekeeping? 

Housekeeping adalah salah satu jenis pekerjaan yang bertanggung jawab atas kebersihan ruangan atau lingkungan tertentu. Pekerjaan ini akan berusaha untuk membuat ruangan agar tetap bersih, nyaman, aman, dan menarik dari segi estetika. 

Dengan kata lain, housekeeping adalah bagian operasional yang bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan, area publik, serta area lain yang dibebankan pada housekeeper.

Umumnya, pekerjaan ini dibutuhkan oleh pemilik industri yang menawarkan jasa penyewaan suatu tempat, seperti hotel dan rumah sakit. Namun selain itu, housekeeping juga bisa ditemui di gedung perkantoran.

 

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping?

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping
Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping

 

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa tanggung jawab dan tugas housekeeping adalah menjaga kebersihan dan kenyamanan suatu ruangan atau tempat. 

Akan tetapi, tugas housekeeping tidak hanya menjaga kebersihan. Adapun tugas dan tanggung jawab lain yang menjadi kewajiban untuk pekerjaan ini, seperti:

  • Memeriksa, membersihkan, dan mengisi persediaan barang yang habis pakai dalam ruangan.
  • Membersihkan setiap sampah dapur atau sampah bekas pakai.
  • Melakukan kegiatan pembersihan seperti menyapu, mengepel, serta membersihkan debu dan kotoran.
  • Menjaga setiap fasilitas ruangan terpenuhi dan tidak ada yang kurang.
  • Melaporkan setiap ada kerusakan, kekurangan, kehilangan, atau gangguan.
  • Mematuhi peraturan tentang kesehatan dan keselamatan serta mewaspadai praktik apapun terkait dengan perusahaan.

 

Struktur Organisasi Housekeeping 

Struktur organisasi housekeeping ini menunjukkan lingkup kerja serta tanggung jawab dari setiap seksi di dalamnya. Semakin besar tempat housekeeper bekerja, maka semakin banyak seksi dan departemen di dalamnya. 

Berikut adalah struktur organisasi housekeeping secara umum.

 

1. Executive Housekeeper

Posisi ini bisa dikatakan sebagai manajer atau pimpinan tertinggi dari housekeeping.

Posisi ini bertanggung jawab atas penjadwalan shift bawahannya, pembelian barang, pemberian pelatihan, pengawasan, dan pengoordinasian setiap kinerja pegawainya.

 

2. Assistant Housekeeper

Assistant Housekeeper adalah sebuah posisi yang bertugas untuk membantu, mendampingi, serta menggantikan executive housekeeper jika ia berhalangan hadir.

Posisi ini juga bertugas untuk membuat laporan yang diberikan ke atasannya untuk memudahkan dalam mengambil suatu keputusan.

 

3. Order Taker

Seorang order taker bertugas untuk menerima pesanan, menerima telepon, serta mencatat pesanan tamu dan departemen lain.

Posisi ini akan menuntut mereka untuk bekerja dengan ramah, tenang, dan mampu memecahkan masalah dengan tenang.

 

4. Floor Supervisor

Floor supervisor adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menjaga kondisi lantai dengan baik dan melakukan penandatanganan jika ada laporan kerusakan.

Umumnya bagian ini terdiri dari 3 orang dan membawahi floor section. Seorang floor supervisor harus memastikan bahwa setiap bawahannya bekerja dengan baik dan benar.

 

Pembagian Seksi Departemen Housekeeping 

Berikut adalah pembagian dari setiap seksi departemen housekeeping di hotel beserta tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

 

1. Room Section

Room section adalah seksi yang bertugas untuk membersihkan dan merapikan ruangan atau kamar yang telah digunakan oleh tamu penginapan.

Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengumpulkan dan mengantarkan kain kotor ke bagian laundry, menggantinya dengan selimut dan sprei yang baru, serta membersihkan setiap sisi ruangan dan kamar mandinya.

 

2. Public Area Section

Seksi ini bertugas dan bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pelayanan di area-area publik, seperti lobi hotel, taman, kolam renang, gym, serta fasilitas umum lainnya. Ruangan umum yang kotor akan membuat pengunjung tidak nyaman, maka dari itu pemeliharaan dan kebersihan di area publik harus dikerjakan dengan baik. 

 

Baca Juga: 10 Fasilitas yang Bikin Karyawan Betah di Perusahaan Anda

 

3. Laundry Section

Sebagai bagian dari housekeeping, seksi ini bertugas untuk mencuci, menyetrika, serta melipat semua kain kotor yang telah digunakan oleh tamu. Umumnya, seksi ini juga membuka jasa laundry bagi tamu yang menginap dalam waktu lama.

 

4. Linen Section

Seksi linen section merupakan lanjutan dari seksi laundry. Seksi ini bertugas untuk membagikan kain bersih ke semua ruangan hotel agar bisa dipasang kembali. Pekerja pada seksi ini harus bekerja dengan sigap agar kain bersih bisa terdistribusi dengan baik.

 

5. Florist and Gardener 

Sebagai bagian dari housekeeping, pekerja pada seksi florist and gardener akan bekerja untuk memelihara keindahan taman dan bunga-bunga di sekitar hotel.

Florist umumnya akan bertanggung jawab atas kesegaran dan keindahan hotel melalui bunga-bunga yang ada di dalam hotel. Selain itu, posisi ini juga bertugas untuk membuat rangkaian bunga khusus dari acara tertentu.

Sementara itu, gardener umumnya bertugas untuk memelihara tumbuhan dan taman di luar dan dalam hotel.

Petugas pada seksi ini akan bertanggung jawab dalam menjaga kesegaran dan keindahan dari taman depan gazebo, taman sekitar kolam, dan taman bermain untuk anak. Mereka bertugas untuk memangkas, menyiram, dan membersihkan tanaman.

 

Alat-Alat Housekeeping Beserta Fungsinya

peralatan housekeeping
Peralatan Housekeeping

 

Housekeeping adalah pekerjaan yang erat dengan pemeliharan dari kebersihan suatu ruangan atau tempat. Maka dari itu, alat yang dibutuhkan oleh housekeeper adalah berupa alat-alat kebersihan, seperti:

 

  • Sikat gosok, berupa bahan plastik berbulu yang kuat dengan pegangan untuk pembersih kotoran membandel di toilet.
  • Sikat toilet, yaitu benda yang biasa Anda temui di pinggir toilet untuk membersihkan toilet secara menyeluruh.
  • Kemoceng serbaguna, kain berbulu halus dan lembut untuk membersihkan kotoran di dinding seperti debu dan sarang laba-laba.
  • Spons, yaitu benda untuk mencuci piring dan peralatan masak dan makan yang kotor.
  • Vacuum cleaner, benda untuk menyedot debu dengan cepat dan menyeluruh.
  • Botol semprot, benda untuk menyebarkan cairan pembersih secara efektif dan merata.
  • Kain pembersih microfiber, benda lembut yang dapat membersihkan layar, kaca, atau furnitur lain tanpa meninggalkan goresan.
  • Sapu dan pengki, benda paling penting untuk membersihkan tumpahan, debu, serta kotoran yang ada di lantai.
  • Pel, alat untuk membersihkan lantai yang dibasahi cairan pembersih dan antiseptik.
  • Ember, alat untuk menampung air dan cairan pembersih saat mengepel.
  • Larutan pembersih, sebuah produk yang digunakan untuk membersihkan benda-benda atau furnitur dalam ruangan.
  • Sarung tangan untuk membersihkan tangan Anda dari cairan pembersih, sabun, dan kotoran lainnya yang dapat melukai atau membuat tangan iritasi.

 

Kisaran Gaji Housekeeping

Gaji housekeeping biasanya tergantung pada tempat mereka bekerja. Semakin berkualitas tempat mereka bekerja, maka semakin besar gaji yang akan didapatkan. Berikut adalah pembahasan tentang gaji housekeeping

 

1. Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 3

Gaji housekeeping di hotel bintang 3 biasanya berada pada angka Rp2.100.000 per bulan. Untuk seorang executive housekeeper, umumnya akan mendapatkan gaji sebesar Rp3.100.000 per bulan. 

 

3. Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 4

Umumnya, gaji housekeeping di hotel bintang 4  adalah sebesar Rp3.100.000 per bulan. Sedangkan untuk seorang executive housekeeper-nya bisa mendapatkan gaji sebesar Rp4.600.000 per bulan.

 

3. Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 5

Gaji housekeeping di hotel bintang 5 memiliki kisaran angka yang paling besar, yaitu sebesar Rp4.600.000 per bulan, sedangkan untuk executive housekeeper-nya bisa mendapatkan gaji sebesar Rp6.200.000 per bulan.

 

payroll

Pengelolaan gaji karyawan seperti housekeeper dapat dilakukan dengan efektif menggunakan Software Payroll LinovHR. Pengelompokan gaji berdasarkan struktur profesi dari housekeeper dapat menggunakan fitur payroll group. Semua komponen gaji juga dapat dihitung secara otomatis. Coba sekarang!

 

Itulah pembahasan tentang housekeeping. Pada intinya, pekerjaan ini menjadi bagian terpenting karena tugas dan tanggung jawabnya yang berkaitan dengan kebersihan berbagai tempat, terutama penginapan.

Kebersihan penginapan sangat penting karena berdampak positif pada kenyamanan tamu dan sebagai cerminan dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel.