HR Analytic Tools

Rekomendasi HR Analytic Tools untuk Membuat Keputusan Strategis SDM

HR modern patut bangga karena sekarang sudah ada teknologi yang memudahkan mereka dalam melakukan pekerjaan yang berbasis analisis.

HR analytic tools adalah sebuah perangkat lunak untuk mengumpulkan atau menganalisis berbagai data sumber daya manusia di perusahaan.

Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan retensi karyawan dalam perusahaan. 

Tools ini sangat berguna untuk memudahkan perusahaan dalam menganalisis dan menangani data-data yang besar dan beragam dalam bentuk statistik, atau teknik analisis lainnya. 

Dengan begitu, perusahaan juga bisa membuat berbagai keputusan bisnis dengan berbasis data. Contohnya terkait biaya rekrutmen karyawan, absensi, kinerja, produktivitas dan turnover karyawan.

Untuk itu, artikel dari LinovHR berikut ini akan menjelaskan mengenai rekomendasi HR analytic tools untuk membuat keputusan strategis SDM di perusahaan.

Simak ulasannya berikut ini, ya!

 

Untuk Apa HR Analytic Tools Digunakan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa, penggunaan HR analytic tools di perusahaan untuk membantu meningkatkan kinerja dan retensi karyawan.

Selain itu, alat ini bisa melakukan rekrutmen karyawan menjadi lebih cepat sehingga membuat proses rekrutmen karyawan menjadi lebih efektif dan efisien.

Terlebih lagi, penggunaan HR analytic tools di perusahaan bisa memvisualisasikan tugas karyawan menjadi lebih jelas dan akurat. Sehingga informasi dan wawasan karyawan menjadi lebih luas terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya miskomunikasi antar karyawan.

 

Fitur Penting dalam HR Analytic Software

Sebagai perangkat penting yang akan menunjang pekerjaan HR, ada beberapa fitur penting yang harus diperhatikan sebelum Anda ingin mengadopsi HR analytic software, berikut di antaranya:

  • Work analytics. Fitur ini berguna untuk mengumpulkan data mengenai pengukuran kinerja karyawan.
  • Employee turnover forecasting. Fitur ini berguna untuk membantu praktisi HR dalam memantau persentase perpindahan karyawan dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya, sehingga perusahaan dapat mempersiapkan perpindahan karyawan di masa yang akan datang.
  • Recruitment analytics. Fitur ini berguna untuk mengidentifikasi dan menganalisis keterampilan dari calon karyawan.
  • Actionable insight. HR analytic tools yang baik harus menawarkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti oleh tim HR berdasarkan data yang dikumpulkannya. 
  • Reporting. Fitur ini berguna untuk membuat laporan berdasarkan data yang telah dikumpulkan sebelumnya.

 

Rekomendasi HR Analytic Tools

Jika Anda bertanya, apa saja rekomendasi HR analytic tools terbaik, berikut ini beberapa di antaranya.

 

1. Deel

Deel merupakan salah satu HR analytic tools yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan rekrutmen karyawan lebih dari 150 negara. 

Platform ini memungkinkan perusahaan untuk mempekerjakan siapa saja sebagai karyawan tanpa mengkhawatirkan hukum setempat, sistem pajak, atau penggajian internasional.

Selain itu, platform ini memiliki sistem integrasi yang memungkinkan pengumpulan data SDM di perusahaan dalam satu wadah.

Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pelacakan data karyawan dan penyimpanan data menjadi lebih tertata dengan baik.

 

2. Paycor

Paycor merupakan salah satu HR tools analytic yang berguna untuk membantu perusahaan dalam mengelola karyawan. Mulai dari absensi, penggajian karyawan, tunjangan, dan lain sebagainya. 

Selain itu, aplikasi ini menawarkan berbagai alat visualisasi untuk membantu perusahaan dalam mengubah data yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami.

Perusahaan menjadi lebih mudah dalam menganalisis tren, dan membuat keputusan bisnis yang tepat mengenai strategi SDM.

 

3. Visier

Visier berguna untuk mendukung pengambilan dan pembuatan keputusan berbasis data. Platform ini memiliki berbagai fitur untuk mengelola berbagai data bisnis seperti perencanaan karyawan, pengelolaan dalam proses rekrutmen, pengembangan karyawan dan lain-lain.

 

Baca Juga: 7 HRD Tools yang Mudahkan Pengelolaan SDM di Perusahaan

 

Gunakan Software HRIS LinovHR untuk Analisis Strategis HR

HR analytic tools berguna untuk memudahkan para praktisi HR dalam mengelola karyawan di perusahaan. Perangkat ini akan menunjang berbagai kegiatan HR dalam melakukan pengelolaan karyawan dengan berbasis data sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan memanfaatkan tools ini, segala keputusan yang diambil bisa berbasis data, bukan hanya mengandalkan insting semata. Proses pengambilan pun bisa dilakukan lebih cepat.

Oleh sebab itu, penggunaannya sangat penting di perusahaan. Namun, dalam memilih HR analytic tools, Anda perlu memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan dan budget perusahaan Anda. 

 

software hris

 

Salah satu rekomendasi HR analytic tools terbaik di Indonesia adalah Software HRIS LinovHR. Dengan menggunakan Software HRIS LinovHR dapat membantu perusahaan dalam melakukan analisis strategi HR untuk seluruh karyawan, sehingga bisa membuat analisis yang lebih tepat dan akurat.

Selain itu, terdapat berbagai modul dan fitur dari Software HRIS LinovHR yang bisa membantu perusahaan dalam mengembangkan manajemen SDM. Seperti modul Organization Management yang berguna untuk melihat secara visual mengenai gambaran besar organisasi perusahaan dan komponen lainnya.

Ada juga modul Personnel Administration yang berguna untuk mengelola informasi dan data diri karyawan secara terperinci. Kemudian modul Recruitment untuk melakukan segala proses mengenai rekrutmen karyawan secara digital.

Modul Payroll LinovHR untuk melakukan pengelolaan terhadap gaji karyawan, mulai dari perhitungan sampai pembuatan laporan slip gaji.

Lalu, modul Competency Management untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola setiap kompetensi yang ada di dalam unit kerja.

Seluruh proses mengenai pengelolaan karyawan bisa dilakukan dengan Software HRIS LinovHR. Segera gunakan softwarenya sekarang!