HRM Payroll, Apa yang Membuatnya Berbeda dari yang Lain?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

hrm payroll
Isi Artikel

HRM payroll adalah salah satu solusi yang hadir dalam mempermudah pekerjaan seorang HR dalam mengelola berbagai fungsi sumber daya manusia dengan bantuan teknologi informasi di suatu perusahaan.

Tujuan utama dari perangkat lunak ini adalah untuk membantu HR perusahaan dalam mengelola kegiatan penggajian karyawan dan dapat memungkinkan bagi mereka untuk fokus pada tugas yang lebih relevan.

Perusahaan yang menggunakan software ini dinilai dapat meningkatkan nilai efisiensi dan produktivitas perusahaan secara keseluruhan dengan mengotomatiskan tugas berulang dan manual tertentu.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai HRM payroll software, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya! 

 

 

Apa Itu HRM Payroll?

HRM payroll adalah salah satu jenis software HR yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola berbagai fungsi HR dengan bantuan teknologi dan informasi. 

Fungsi utama penggunaan perangkat lunak ini sendiri adalah untuk mempermudah pekerjaan seorang HR ketika melakukan kegiatan penggajian karyawan.

Dalam proses kerjanya, HRM payroll software biasanya akan dilengkapi dengan jaringan cloud atau komputasi awan yang dapat memungkinkan perusahaan untuk mengelola segala kegiatan administrasi dari mana saja dan kapan saja. 

Selain itu, HRM software biasanya akan memiliki dua karakteristik utama, di antaranya adalah manajemen waktu dan tenaga kerja serta penggajian. 

Namun, perlu diketahui, bahwa tidak semua perangkat lunak HRM memiliki kedua karakteristik utama tersebut. Karena akan terdapat beberapa HRM software yang tidak menyediakan fitur payroll pada software yang mereka miliki. Mereka cenderung hanya fokus pada SaaS saja.

 

Perbedaan HRM Payroll dengan Sistem Lain

Dalam melaksanakan fungsinya, tentu HRM payroll akan memiliki beberapa perbedaan dari sistem lainnya. 

Seperti yang Anda ketahui, kegiatan penggajian karyawan adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara baik dan benar oleh seorang HR maupun divisi payroll di suatu perusahaan, karena hal ini akan berhubungan langsung dengan kondisi finansial perusahaan.

 

Maka dari itu, penggunaan HRM payroll dinilai penting untuk digunakan oleh perusahaan, karena akan menawarkan banyak keuntungan yang jelas, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Dapat mengakses langsung ke data penghargaan dan kompensasi karyawan
  • Memudahkan perusahaan dalam hal input data, karena perusahaan tidak perlu melakukan input data terlalu banyak
  • Mengurangi biaya overhead dan dapat mempersingkat waktu yang dimiliki oleh karyawan dalam melakukan pekerjaannya 
  • Dapat memastikan kepada karyawan untuk tidak lagi bergantung pada penggunaan spreadsheet, file, dan database

 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu HRIS Payroll Software

 

Kelebihan HRM Payroll Software

Dalam menggunakan sebuah software, tentu akan terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan perangkat lunak tersebut, begitu pula dengan penggunaan HRM payroll software.

Adapun beberapa kelebihan dari HRM payroll yang akan didapatkan oleh perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Dalam catatan penggajian karyawan, biasanya seorang HR perusahaan maupun divisi payroll akan memiliki banyak informasi sensitif berupa angka gaji, detail rekening bank, nomor jaminan sosial, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan HRM software payroll, maka perusahaan akan menjamin tingkat keamanan data yang dimiliki oleh para karyawannya dan dapat meminimalisir risiko kehilangan data atau pelanggaran keamanan.

 

  1. Data yang Akurat

Perusahaan yang dapat memilih sistem HRM berbasis cloud dengan tepat tentu akan memberikan manfaat kepada perusahaan itu sendiri, salah satunya adalah dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang disengaja oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Hal ini dapat terjadi, karena sistem HRM akan bertanggung jawab atas seluruh data yang berkaitan dengan kegiatan administrasi karyawan, mulai dari kehadiran serta timesheet yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan penggajian karyawan. 

 

  1. Dapat Meningkatkan Produktivitas

Tak hanya itu, penggunaan HR payroll software juga dapat menjadi salah satu pemicu para karyawan, manajer, dan staff HR dalam meningkatkan produktivitas yang mereka miliki, serta dapat membantu mereka untuk fokus pada aktivitas yang menghasilkan keuntungan. 

Sedangkan, beberapa kekurangan dari penggunaan software HR payroll di antaranya adalah sebagai berikut.

 

Kekurangan HRM Payroll Software

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, HRM payroll juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Memiliki Biaya yang Tidak Sedikit

Walaupun penggunaan perangkat lunak HRM berbasis cloud merupakan hal yang hebat dan dapat membantu perusahaan untuk menghemat biaya dalam jangka waktu yang panjang, namun, terdapat pula beberapa perusahaan yang merasa kesulitan untuk memulai penggunaannya karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Salah satu contohnya adalah, perusahaan harus melakukan pelatihan kepada para karyawan agar bisa cepat beradaptasi dengan software baru yang digunakan oleh perusahaan.

 

  1. Menjadi Terlalu Bergantung pada Satu Hal

Dalam penggunaan software HR payroll, ternyata dapat menimbulkan ketergantungan bagi perusahaan pada suatu hal. Di mana dalam hal ini tentu bukanlah sesuatu yang baik bagi perusahaan.

Karena, jika software HR payroll mengalami mogok atau menghadapi masalah lain, maka hal tersebut akan langsung memberikan pengaruh terhadap kelangsungan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan.

 

  1. Tidak Semua Departemen Bisa Menggunakannya

Perusahaan yang sudah besar, biasanya mereka akan memiliki departemen yang berbeda dalam menangani penggajian para karyawan yang mereka miliki. 

Dalam kasus seperti ini, kemungkinan besar setiap departemen akan menggunakan sistem penggajian yang berbeda, serta memiliki sikap dan prioritas yang berbeda.

Tantangan yang akan didapatkan oleh perusahaan dalam situasi seperti ini adalah dengan menyatukan departemen yang berbeda untuk memastikan mereka dalam menggunakan sistem yang sama.

 

Dapatkan HRM Payroll Terbaik dari Aplikasi Payroll LinovHR 

 

payroll

 

Perusahaan yang masih melakukan penggajian karyawan secara manual, tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan dapat menurunkan tingkat produktivitas para karyawan yang bekerja pada divisi payroll atau divisi HR.

Selain itu, melakukan kegiatan penggajian karyawan secara manual juga akan memungkinkan terjadinya kesalahan dan kecurangan yang dilakukan oleh seorang karyawan.

Untuk menangani hal ini, tentu perusahaan perlu menggunakan HR payroll software yang akan memberikan banyak manfaat dan kemudahan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Penggunaan HRM payroll akan mempersingkat proses penggajian, menghilangkan proses repetisi yang biasa dilakukan HR sehingga mereka bisa mengerjakan hal strategis dan analitik.

Di Indonesia sendiri terdapat aplikasi payroll terbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan Anda. Aplikasi tersebut adalah Aplikasi Payroll LinovHR.

 

Aplikasi Payroll LinovHR adalah salah satu aplikasi dan software berbasis cloud yang memiliki banyak fitur menarik yang dapat memberikan perusahaan kemudahan dalam melakukan kegiatan penggajian. 

Dengan menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR yang sudah terintegrasi dengan software absensi, maka perusahaan dapat melakukan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan proses payroll, seperti perhitungan payroll, beserta komponen-komponennya, pengelompokkan payroll berdasarkan jenis karyawan, pembuatan slip gaji, hingga membuat laporan payroll dengan lengkap, cepat, dan tepat.

Anda juga dapat menghitung simulasi pembayaran pajak dengan memanfaatkan fitur Tax Calculator.

Jika Anda menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR, Anda juga tidak usah khawatir lagi dengan tingkat keamanan dari seluruh data yang Anda miliki. Karena, aplikasi ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi guna memberikan kenyamanan terhadap penggunanya.

 

Apakah Anda ertarik dengan segala kemudahannya? Segera gunakan Aplikasi Payroll LinovHR sekarang juga!

 

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter