Cara Membuat Laporan Gaji Karyawan Perusahaan

Apakah Anda mencari cara mudah membuat laporan gaji karyawan? Jika Anda belum menggunakan software payroll online yang ada, mungkin Anda bisa menggunakan format Microsoft Excel yang umum digunakan banyak perusahaan kecil. Pembuatannya cukup mudah untuk jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak.

Berikut ini beberapa informasi yang bisa Anda cantumkan dalam laporan gaji karyawan Anda:

 

Informasi Umum

Masukkan informasi umum perusahaan Anda seperti nama, alamat, lokasi dan nomor telepon. Isikan juga jabatan serta departemen karyawan bersangkutan.

 

Periode Gaji

Informasi penting ini wajib diisi dan berubah mengikuti bulan berjalan. Tanggal gajian yang ditetapkan perusahaan harus disebutkan dalam slip tersebut sehingga tidak menimbulkan kerancuan di kemudian hari apabila hendak dicocokkan dengan bukti transfer atau pembayaran.

 

Data Pribadi Karyawan

Gunakan sistem 2 langkah untuk memastikan karyawan yang tepat menerima jumlah pembayaran yang tepat. Nama lengkap, departemen, jabatan, nomor pegawai, nomor KTP, atau tanggal lahir. Kombinasi dari beberapa data ini bisa membedakan karyawan yang memiliki nama depan atau belakang sama dan menghindari kekeliruan pembayaran.

 

Informasi Pajak

Informasi pajak menunjukkan data pembayaran pajak karyawan bersangkutan dari gaji dan tunjangan yang didapat. Ini juga membuat transparansi serta ketertiban dalam pemenuhan tanggung jawab terhadap pemerintah.

 

Nominal Gaji Karyawan

Gaji yang diberikan kepada karyawan bisa berupa beberapa macam, namun yang paling umum adalah:

  • Gaji pokok: penghasilan rutin yang diterima karyawan melalui jam kerja standar selama periode pembayaran tertentu.

  • Tunjangan: penghasilan tambahan yang didapatkan berdasarkan insentif atau kriteria tertentu, misalnya tunjangan makan, tunjangan jabatan, tunjangan transport, dan lainnya.

  • Bonus: sesuai dengan sistem yang diberlakukan perusahaan dan diberikan keterangan untuk periodenya.

 

Potongan Gaji

Sertakan pemotongan gaji (jika ada) yang dikenakan kepada karyawan. Komponen umum yang biasanya dipotong adalah pajak dan asuransi BPJS. Jika ada perusahaan yang menanggung komponen ini maka bisa ditulis juga sebagai tunjangan dan tetap terlihat dalam potongan untuk kepentingan administrasi yang baik.

 

Total Gaji

Setelah semuanya dilengkapi, bagian terpenting bagi karyawan pada umumnya adalah jumlah Netto yang mereka dapatkan. Buatlah suatu skema pendapatan dikurangi pemotongan yang jelas sehingga mudah dibaca dan dimengerti. Karyawan menjadi paham akan hak dan kewajiban mereka terhadap perusahaan maupun negara secara keuangan. Marilah kita menjadikan Indonesia bangsa yang benar-benar makmur.

 

Tambahan

Di bawah ini adalah contoh yang dibuat berdasasrkantemplateyang sudah disediakan.

 

Contoh Laporan Gaji Karyawan

Jika Anda memiliki banyak karyawan, ada baiknya Anda menggunakansoftware payroll berbasis webyang banyak tersedia saat ini. Ini juga akan menghemat waktu karena semuanya dikerjakan secara otomatis.