ikigai

Memahami Konsep Ikigai Demi Keseimbangan Karir & Hidup

Anda memiliki rutinitas kerja yang padat dalam setiap hari kerap hingga sering merasa jenuh. Bahkan, terkadang timbul rasa malas untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Anda dapat mempelajari konsep Ikigai agar lebih bersemangat dan memperoleh keseimbangan antara karir dan kehidupan. Check this out! 

 

Apa itu Ikigai?

Ikigai adalah istilah yang berasal dari Jepang dari kata “iki” yang memiliki arti kehidupan dan “gai” yang berarti nilai. Ikigai dapat diartikan sebagai sebuah prinsip yang berfokus pada tujuan hidup serta nilai-nilai dasar yang perlu dipegang teguh setiap orang.

Dengan mengenal konsep Ikigai, seseorang dapat menjalani hari dengan lebih baik. Hal tersebut karena konsep ini mengandung sebuah kepercayaan akan perolehan kebahagiaan di suatu hari.

Namun, kebahagiaan tersebut dicapai melalui pengorbanan. Nah, pengorbanan tersebut dapat berupa aktivitas kerja Anda sehari-hari. Jika Anda sudah mengenal konsep Ikigai, nantinya timbul keyakinan akan makna dalam menjalani kehidupan.

Implementasi ikigai bisa menjadi prinsip dasar dalam kehidupan Anda. Dengan begitu Anda akan menyadari tujuan dari hidup. Lalu, setiap pengorbanan yang Anda lakukan akan berbuah kebahagian. 

 

Komponen dalam Prinsip Ikigai

Bagi Anda yang hendak menerapkan konsep ini di kehidupan, sebaiknya memahami dulu komponen-komponen dari Ikigai. Berikut penjelasannya.

 

  • Passion 

Jika ingin mendapatkan kebahagiaan dalam hidup, amat perlu untuk mengenal passion Anda terlebih dahulu. Lalu, Anda dapat melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Dengan begitu, Anda dapat menjalani hari sesuai apa yang disukai. Namun,  tetap bermanfaat untuk menunjang kehidupan. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki passion dalam melukis, Anda dapat bekerja sebagai seorang ilustrator. Nah, dengan begitu Anda dapat bekerja pada bidang yang sesuai dengan passion.

 

  • Mission 

Setiap individu memiliki tujuan hidup yang berbeda-beda. Bagi Anda yang masih bingung akan tujuan hidup, sebaiknya tentukanlah terlebih dahulu. Dengan begitu Anda dapat bekerja agar dapat membantu mencapai tujuan hidup.

Prinsip Ikigai dapat diterapkan jika Anda sudah mengetahui tujuan dari hidup. Hal itu bertujuan agar dalam menjalani hidup, Anda tidak melakukan hal yang menyimpang dari tujuan yang telah ditentukan.

 

  • Vocation 

Dalam kehidupan, Anda tidak dapat memperoleh semua hal yang inginkan dan Anda sukai. Terkadang, Anda perlu menyadari dan mensyukuri keadaan tersebut. Jika Anda terus mengeluh, tentu tidak akan memperbaiki keadaan.

Contoh sederhananya ketika Anda bekerja yang tidak sesuai dengan minat dan bakat. Namun, Anda perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal tersebut tentu timbul rasa keterpaksaan dalam bekerja. 

Sebaiknya jika Anda mencoba untuk mensyukuri keadaan tersebut dan yakin akan memperoleh kebahagiaan di waktu mendatang, Anda bisa hidup lebih tenang. 

 

  • Profession 

Anda harus mencoba untuk menikmati profesi yang sedang dijalani. Ketahuilah, banyak orang yang ingin berprofesi seperti Anda. Jalanilah dengan sepenuh hati dan tekun agar mencapai hasil yang maksimal.

Mengapa demikian? Semakin Anda menikmati profesi yang dimiliki, maka kian tumbuh rasa bahagia dalam menjalani hari. Selanjutnya, Anda juga akan percaya bahwa proses yang baik akan mendapatkan hasil yang baik juga.

 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Self Awareness untuk Kesuksesan Karir

 

Manfaat Konsep Ikigai Dalam Menunjang Karir

Apakah Anda sudah tahu manfaat Ikigai dalam menunjang karir? Jika belum mari simak penjelasan berikut.

 

1. Meningkatkan Motivasi Kerja

Semakin Anda memahami konsep ikigai maka kian kuat motivasi kerja yang dimiliki. Hal itu karena Ikigai memudahkan Anda dalam menerima keadaan dan meyakini proses kerja pada saat ini akan membuahkan kebahagiaan di masa depan.

 

2. Mempermudah Dalam Mengambil Tindakan

Anda yang telah menerapkan Ikigai tentu akan lebih mudah dalam mengambil sebuah tindakan. Hal tersebut karena Anda sudah mengetahui makna dan tujuan dari hidup yang ingin dicapai. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah untuk menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan.

 

3. Orang yang Menerapkan Konsep Ikigai Lebih Sulit Terkena Penyakit

Apabila Anda sudah menerapkan konsep Ikigai maka kemungkinan dalam terserang penyakit lebih rendah. 

Mengapa demikian? Karena Anda sudah mengetahui tujuan dari hidup, serta mampu mengatasi segala masalah yang dihadapi, terutama pada saat bekerja.

 

4.Lebih Cepat Menyelesaikan Pekerjaan

Melalui konsep Ikigai, Anda dapat lebih mudah dalam memahami pekerjaan Anda. Terlebih jika Anda bekerja sesuai dengan passion, tentu akan semakin mudah dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam bekerja.

 

5.Menciptakan Etos Kerja yang Baik

Anda yang telah menerapkan konsep Ikigai maka akan timbul rasa bahwa hal yang sedang dikerjakan akan bermanfaat bagi orang lain. 

Dengan begitu, Anda akan semakin baik dalam bekerja agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk orang banyak.

 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Etos Kerja Secara Mandiri

 

Cara Menerapkan Konsep Ikigai di Kehidupan

Ikigai bisa digunakan untuk mencapai keseimbangan hidup dan karir. Sehingga kinerja Anda pun juga akan meningkat dari hari ke hari. Berikut cara menerapkan konsep ikigai.

 

1. Tentukan Tujuan Hidup Terlebih Dahulu

Anda perlu mengetahui tujuan hidup terlebih dahulu. Yakinilah bahwa tujuan tersebut dapat memberikan arti bagi kehidupan Anda. 

Bagi Anda yang sulit menemukan tujuan hidup, mulailah dengan mengetahui hal-hal yang Anda sukai terlebih dahulu. Lalu, setelah mengetahuinya Anda dapat mencari manfaat dari hal-hal tersebut. Nah, dengan begitu Anda dapat lebih mudah menentukan tujuan hidup.

 

2. Mulai Lakukan Sesuatu

Jika Anda sudah mengetahui tujuan dari hidup Anda, mulailah untuk mewujudkannya. Jangan terlalu lama memikirkannya. 

Mengapa? Karena Semakin anda memikirkan nya maka akan semakin kesulitan untuk memulai tujuan tersebut, karena terlalu banyak hal yang anda pikirkan terkait tujuan tersebut tetapi tidak ada perbuatan sedikitpun untuk mencapainya.

Ketahuilah, setiap orang yang mampu mencapai tujuan hidup tentu memiliki proses yang panjang untuk mewujudkannya. Mulailah dari hal sederhana dan terus berkembang dari waktu ke waktu.

 

3. Berkomunikasi dengan Orang yang Memiliki Kesamaan Passion

Anda dapat mulai mencari orang-orang terdekat yang memiliki kesamaan passion. Terlebih jika orang terdekat tersebut sudah memiliki pengalaman. Anda dapat meminta banyak pertimbangan dari orang tersebut.

Semakin, sering Anda berkomunikasi dengan orang yang memiliki kesamaan passion, maka akan semakin paham pula arti dari tujuan hidup Anda. Contoh sederhananya, yaitu Anda memiliki passion dalam alat musik. Anda dapat bergabung dalam sebuah band atau komunitas musik yang ada di sekitar.

 

software hris

Untuk HR, agar semakin dapat menerapkan Konsep IKIGAI dalam hidup, dapat menggunakan Software HR LinovHR. 

Dengan LinovHR segala jenis pekerjaan terkait human resource akan dapat dengan mudah dikerjakan seperti pengelolaan reimbursement, proses rekrutmen karyawan hingga pengelolaan jadwal kerja. Segera undang kami untuk meeting dan melakukan Demo Software LinovHR melalui tautan ini LinovHR.com/Free-Demo/

 

4. Menyadari Perlunya Rintangan untuk Mencapai Tujuan Hidup

Dalam proses mewujudkan tujuan hidup, pasti setiap orang perlu menghadapi berbagai rintangan. Semakin berat rintangan yang dilalui maka kian besar pula kemungkinan Anda dalam mencapai tujuan hidup.

Lalu, Anda pun perlu mempelajari setiap rintangan yang sedang dialami. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menghadapi rintangan yang sama jika terjadi di waktu yang akan datang.

 

Melalui Ikigai, Anda dapat lebih mudah menentukan tujuan hidup. Berjuang dari proses secara baik maka akan memudahkan diri dalam mencapai tujuan hidup. Selain itu, Ikigai juga memudahkan Anda dalam menghadapi segala rintangan yang sedang dialami. 

Itulah penjelasan dari konsep Ikigai. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas hidup, penting untuk mempelajari konsep ini. Karena Ikigai akan membantu Anda dalam menemukan arti dari sebuah kehidupan. Tentunya dapat menyeimbangkan antara karir dan kebahagian hidup.

Selamat mencoba konsep Ikigai!