etos kerja

Etos Kerja: Pengertian, Kategori, Manfaat, Faktor dan Contohnya

Setiap perusahaan pasti ingin memiliki karyawan yang mempunyai prinsip etos kerja yang tinggi. Perusahaan tidak akan rugi apabila merekrut karyawan yang mempunyai sifat tersebut. Sebab, sifat tersebut dapat memberikan manfaat positif untuk kemajuan perusahaan. Namun, apakah Anda tahu arti dari etos kerja itu sendiri? Kami telah merangkum  jawabannya dibawah ini. Simak yuk!

 

Apa itu Etos Kerja?

Menurut Sinamo (2011), etos kerja adalah serangkaian perilaku positif yang berlandaskan pada keyakinan fundamental yang diikuti dengan komitmen penuh pada pola kerja yang integral.

Sedangkan, menurut Sukardewi (2013), etos kerja ialah sebuah sikap yang muncul akibat kehendak dan kesadaran sendiri yang dilandasi oleh sistem orientasi nilai budaya terhadap kerja.

Jadi, pengertian etos kerja adalah sebuah sikap semangat kerja yang muncul atas kehendak dan kesadaran diri untuk mengembangkan suatu organisasi atau perusahaan. Sikap ini sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan terhadap karyawannya. Dengan semangat kerja yang tinggi, karyawan terdorong untuk menunjukkan performa terbaiknya.

 

Baca Juga: Contoh dan Komponen Surat Perjanjian Kerta atau  MOU

 

Kategori Etos Kerja

Menurut Darojat (2015), etos kerja dibagi menjadi dua kategori, yaitu tinggi dan rendah. Setiap kategori memiliki cirinya masing-masing seperti dibawah ini:

 

Etos kerja tinggi

  • Mempunyai motivasi kerja yang kuat baik internal maupun eksternal
  • Mempunyai orientasi akan masa depan
  • Menjunjung tinggi moralitas dalam bekerja
  • Disiplin terhadap waktu dan kerja keras
  • Tingginya kedisiplinan saat bekerja
  • Hemat serta sederhana
  • Tekun
  • Ulet atau rajin

 

Etos kerja rendah

  • Menganggap pekerjaan merupakan sesuatu yang membebani
  • Hasil kerja kurang diapresiasi bahkan tidak sama sekali
  • Menganggap bekerja adalah sebuah hambatan untuk memperoleh kesenangan
  • Bekerja karena keterpaksaan
  • Bekerja hanya dianggap sebagai bagian dari rutinitas hidup

 

Manfaat Etos Kerja yang Tinggi

Menerapkan semangat kerja yang tinggi tentunya akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari Anda. terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika memiliki semangat kerja yang tinggi dalam rutinitas sehari-hari.

 

Menaikkan Status Sosial

Semangat kerja yang tinggi bisa mengantar Anda untuk meraih jabatan yang lebih tinggi dari jabatan sebelumnya. Dengan semangat kerja yang tinggi, peluang Anda untuk dilihat dan dinilai atasan jadi lebih besar. Jabatan yang lebih tinggi otomatis akan menaikkan status sosial Anda di kantor.

 

Peningkatan Status Ekonomi

Apabila Anda bekerja dengan tekun dan semangat yang tinggi di lingkungan kerja maka Anda akan terlihat lebih menonjol dibandingkan karyawan yang lain. Dengan demikian, atasan akan memperhatikan semangat kerja Anda sehingga berpengaruh pada insentif yang didapatkan. Hal ini juga akan berpengaruh kepada perkembangan karir. 

 

Kesehatan Stabil

Semangat kerja yang tinggi merupakan sebuah sikap positif yang bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan Anda.Jika Anda menjalani pekerjaan dengan baik dan enjoy, maka akan berpengaruh juga pada kesehatan mental menjadi kuat dan tahan banting. Tak hanya itu, makanan yang bergizi dan sehat juga bisa mempengaruhi semangat kerja seseorang.

 

Kehidupan Rohani Terjaga

Seseorang yang mempunyai semangat kerja tinggi bukan berarti mendewakan pekerjaan dan melupakan Sang Pencipta. Justru, orang yang punya semangat kerja tinggi akan lebih banyak bersyukur dengan pekerjaan yang dimilikinya sehingga senantiasa mengingat Tuhan.

 

Cara Membangun Etos Kerja

Sikap etos kerja harus dibangun di lingkungan kerja dengan cara memotivasi karyawan untuk lebih semangat. Berikut beberapa cara membangun etos kerja untuk meningkatkan kinerja dalam bekerja.

 

Datang tepat waktu

Jika Anda ingin menumbuhkan semangat kerja yang tinggi dalam diri, maka Anda harus bisa memanajemen waktu dengan baik. misalnya, datang tepat waktu ke kantor atau bahkan lebih awal. Dengan datang lebih awal, Anda jadi memiliki lebih banyak waktu untuk meninjau pekerjaan sebelumnya maupun pekerjaan hari itu.

 

Disiplin

Dalam meraih atau mencapai suatu tujuan, sikap disiplin sangat diperlukan. Sama halnya dengan bekerja, Anda harus fokus menyelesaikan setiap pekerjaan secara tepat waktu. selain itu, fokus pada tujuan Anda dalam bekerja dan usahakan selalu memberikan hasil yang terbaik dalam segala hal yang dikerjakan.

 

Menjadi Profesional

Jangan jadikan pekerjaan hanya sebagian dari rutinitas hidup, namun Anda juga harus mengembangkan kemampuan dan keterampilan secara berkelanjutan. Dengan begitu, Anda akan menjadi seseorang yang profesional. Sikap untuk selalu tumbuh dan berkembang jadi lebih baik merupakan bagian dari etos kerja.

 

Inisiatif yang tinggi

Inisiatif yang tinggi sangat penting dalam bekerja. Meski Anda sudah diberi porsi kerja masing-masing, namun tidak ada salahnya jika Anda memiliki inisiatif untuk mengulik lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan bidang pekerjaan Anda.

 

Simak lebih lengkap cara meningkatkan etos kerja secara mandiri disini -> https://www.linovhr.com/cara-meningkatkan-etos-kerja/

 

Contoh Etos Kerja

Untuk lebih jelasnya mengenai semangat kerja yang tinggi, berikut dibawah ini beberapa contoh etos kerja: 

 

Bekerja Dengan Penuh Totalitas

Karyawan A bekerja di perusahaan X sebagai HR. Setiap hari, karyawan A selalu datang tepat waktu dan menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal sebelum pulang. Karyawan A juga selalu mentaati peraturan perusahaan dan tidak pernah terlambat hadir selama bekerja.  

 

Tidak Menunda-nunda Setiap Pekerjaan

Pada senin pagi, perusahaan X memberikan tugas kepada karyawan untuk membuat daftar penggajian dan harus diselesaikan malam ini. Tanpa membuang-buang waktu, saat ini juga karyawaan A langsung mengerjakan pekerjaannya.

 

Selalu Teliti dalam Setiap Pekerjaan

Setelah karyawan A menyelesaikan tugas yang diberikan oleh perusahaan, karyawan A tidak langsung menyerahkan tugasnya begitu saja lalu pulang. Namun, karyawan A akan mengecek ulang hasil pekerjaan tersebut 2-3 kali agar tidak terjadi kesalahan

 

Kesimpulan

Sebuah sikap etos kerja sangat penting dan dibutuhkan dalam lingkungan kerja untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. Semangat kerja yang tinggi bisa memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri maupun lingkungan kerja. Maka dari itu, bangun semangat kerja yang tinggi agar hidup Anda jadi lebih bernilai.