self awerness

7 Cara Meningkatkan Self Awareness untuk Kesuksesan Karir

Setiap orang tentu ingin mempunyai karir dengan jenjang yang semakin baik dari hari ke hari. Untuk memperbaiki diri dalam rangka mengembangkan potensi karir, Anda perlu mengenali sikap Self Awareness.

Bagaimana cara meningkatkan self awareness? Simak ulasan di bawah ini! 

 

Cara Meningkatkan Self Awareness untuk karir

Sikap Self Awareness atau kesadaran diri tentunya dapat Anda pelajari. Berikut cara dalam meningkatkan sikap ini.

 

1. Ketahui Apa yang Membuat Anda Emosi

Dalam kehidupan, Anda tidak bisa terus bahagia. Ada beberapa hal yang dapat Anda kecewa. Bahkan, tak jarang dari kekecewaan diri timbul rasa emosi yang meluap. Nah, emosi tersebut dapat dikurangi dengan sikap kesadaran diri.

Sikap kesadaran diri dapat dimulai dengan mempelajari berbagai hal yang menimbulkan emosi dalam diri Anda.  Dengan begitu, Anda dapat mengenal lebih jauh diri sendiri.

 

Baca Juga: 5 Kelemahan Sistem Absensi Fingerprint

 

2. Jangan Terburu-Buru Mengambil Keputusan

Apabila Anda telah mengetahui apa saja hal yang membuat Anda emosi, sebaiknya mengambil waktu sesaat. Mengapa demikian? Karena segala keputusan yang diambil saat emosi akan mendatangkan hal buruk lainnya.

Dengan mengambil waktu sesaat, Anda dapat mengontrol emosi dan meredamnya. Setelah itu, barulah Anda mengambil keputusan.

 

3. Meminta Bantuan Orang Lain

Tidak semua orang mampu mengenal lebih jauh mengenai dirinya sendiri. Atas hal tersebut, Anda perlu kehadiran orang lain. Karena pada dasarnya, setiap orang lebih mudah menilai orang lain dibanding dirinya sendiri.

Orang lain tentu memiliki pandangan yang berbeda atas kelebihan dan kekurangan Anda. Mintalah pendapat dan saran mengenai pribadi Anda. Dengan begitu Anda mengetahui pandangan orang lain terhadap Anda.

 

4. Meditasi

Yap, meditasi dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan sikap Self Awareness. Dengan meditasi, Anda dapat merenung, berpikir, dan menentukan hasil yang ingin dicapai.

Melalui meditasi, Anda dapat mengetahui apakah semua aktivitas telah dijalankan dengan benar. Apabila merasa salah langkah, Anda dapat merenungkan apa  yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

 

5. Lakukan Evaluasi Diri

Anda dapat melakukan evaluasi diri akan segala perbuatan yang telah dilakukan. Ketahuilah apa saja kekurangan Anda.

Setelah mengidentifikasi segala kekurangan, Anda dapat memperbaikinya di kemudian hari. Evaluasi diri dapat Anda lakukan sendiri. Namun, apabila kesulitan tidak masalah apabila bertanya atas pada orang terdekat yang mengenal diri Anda.

 

Baca Juga: Cara Menjawab Pertanyaan “Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Anda?”

 

6. Menulis Buku Harian

Buku harian atau diary merupakan hal tidak asing untuk kita semua. Melalui buku harian, Anda dapat menulis berbagai kebaikan dan keburukan yang terjadi dalam suatu hari.

Adanya catatan buku harian akan memudahkan Anda mengeksplorasi segala kesalahan yang telah dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat memperbaiki diri untuk kemudian hari.

 

7. Maafkanlah Diri Sendiri

Semua manusia tidak luput dari kesalahan, begitupun Anda. Kerap kali melakukan kesalahan tentu muncul rasa kecewa pada diri sendiri.

Namun,membiarkan kekecewaan terus berlarut-larut tidak baik untuk Anda. Karena, rasa kecewa tersebut akan menimbulkan rasa takut dalam melakukan sesuatu. Sebaiknya, maafkanlah diri Anda setiap melakukan kesalahan. Lalu, pelajarilah agar tidak terulang di kemudian hari. 

Kesuksesan tentu bukan hal yang instan. Jadi, bagi Anda yang ingin sukses dan lancar dalam berkarir, Anda perlu mengenali  Self Awareness. Dengan menguasai sikap ini Anda pun akan lebih mudah dalam menghadapi berbagai kendala dalam menjalani kehidupan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!