imputed income

Imputed Income: Pengertian, Jenis, dan yang Dikecualikan

Imputed income mengacu pada tambahan pendapatan yang dihitung oleh perusahaan untuk keuntungan atau fasilitas tertentu yang diterima oleh karyawan.

Bentuk benefit tersebut bukan dalam bentuk gaji tunai. Lalu, apa saja yang termasuk dalam perhitungan ini? Mari simak artikel LinovHR berikut!

 

 

Apa Itu Imputed Income?

Imputed income adalah tambahan penghasilan yang diterima oleh karyawan yang bukan bagian dari gaji atau upah utama mereka.

Namun tetap dikenakan pajak sebagai bagian dari penghasilan mereka. Karyawan mungkin tidak perlu membayar tunjangan yang mereka dapatkan, tetapi mereka bertanggung jawab untuk membayar pajak atas nilai tunjangan tersebut.

Sebagai contoh, jika karyawan memiliki akses ke mobil perusahaan, mereka akan dikenakan pajak atas nilai yang sebanding dengan biaya penyewaan mobil serupa. 

Namun, ada juga beberapa manfaat tertentu, seperti asuransi kesehatan atau makanan, yang dikecualikan dan tidak dikenai pajak.

 

Contoh Imputed Income

Beberapa hal yang termasuk dalam imputed income adalah:

 

1. Mobil Perusahaan 

Jika seorang karyawan sering bepergian dalam menjalankan tugas pekerjaan, umumnya mereka akan diberikan mobil atau van perusahaan.

Kendaraan ini dapat digunakan baik oleh mereka untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Dalam hal ini, perusahaan akan menerapkan aturan khusus untuk menghitung dan menganggap sebagai imputed income pada karyawan tersebut.

 

2. Diskon Karyawan 

Selain itu, imputed income juga dapat muncul dari keuntungan seperti diskon karyawan dan fasilitas tambahan yang diberikan oleh perusahaan.

Misalnya, seperti diskon pada barang atau jasa dari mitra perusahaan.

Diskon dan fasilitas ini dapat dianggap sebagai imputed income karena menambah nilai pada total pendapatan karyawan.

 

3. Gym Member 

Contoh ketiga ada dalam bentuk keanggotaan gym yang diberikan oleh banyak perusahaan besar. 

Keanggotaan gym ini ditawarkan sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan karyawan serta masuk dalam employee wellness program

 

4. Penggantian Biaya Pindah

Kemudian, penggantian biaya pindah atau relocation package untuk pekerjaan juga dapat dianggap sebagai imputed income.

Jika seorang karyawan harus pindah lokasi untuk pekerjaan, mereka kemungkinan besar akan mencatat semua biaya yang timbul selama proses tersebut.

Mulai dari biaya sewa mobil pindahan, biaya relokasi, honorarium agen real estate, dan biaya pindah lainnya. 

 

Apa Saja yang Tidak Termasuk Dikecualikan dari Imputed Income?

Secara umum, ada juga beberapa hal yang memiliki batasan dari imputed income. Contohnya yaitu seperti:

  1. Hadiah liburan (kecuali kartu hadiah, yang selalu dikenakan pajak)
  2. Tunjangan makan sesekali atau uang transportasi untuk bekerja lembur
  3. Bunga, buah, buku, dll., yang diberikan dalam keadaan khusus
  4. Penggunaan ponsel pribadi yang disediakan oleh pemberi kerja terutama untuk tujuan bisnis
  5. Makanan ringan kantor sesekali.

 

Baca Juga: 6 Daftar Fasilitas Kantor Kena Pajak

 

Kelola Perhitungan Tunjangan Karyawan Lebih Mudah dengan Payroll Service LinovHR 

Banner Payroll 2

Tunjangan adalah salah satu hal yang diberikan perusahaan dalam rangka menunjang pekerjaan dan memastikan kesejahteraan karyawan. Pemberian tunjangan juga akan berimplikasi kepada produktivitas karyawan.

Namun, pemberian tunjangan ini perlu dihitung dengan cermat sehingga tidak menjadi hal yang akan merugikan bagi perusahaan.

Dengan beragamnya paket tunjangan yang bisa diberikan perusahaan, tentu mengelola dan menghitungnya akan semakin mudah bila dikerjakan oleh ahli seperti Payroll Service LinovHR.

 

Payroll Service LinovHR adalah jasa perhitungan payroll berpengalaman yang akan membantu perusahaan menghitung gaji, tunjangan, serta pajak karyawan.

Perhitungan yang dihasilkan oleh Payroll Service LinovHR dipastikan cepat dan tepat. Hal ini karena proses perhitungan tidak dilakukan secara manual melainkan menggunakan Software Payroll LinovHR.

Tidak hanya memberikan hasil hitung yang cepat dan tepat, Payroll Service LinovHR juga membantu perusahaan membuat slip gaji untuk setiap karyawan serta berbagai proses administrasi terkait perpajakan karyawan.

Payroll Services LinovHR tidak hanya menyederhanakan proses penggajian, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi karyawan.

 

Dengan Payroll Services LinovHR, manfaat karyawan dapat dikelola dengan transparan, akurat, dan efisien, memberikan keuntungan bagi perusahaan dan karyawan.

Segera gunakan Payroll Services LinovHR dan Anda dapat kelola tunjangan karyawan dengan praktis!