penyebab stress

Penyebab Stress di tempat Kerja, Apa Saja?

Anda pernah merasa stress dengan semua kepenatan yang Anda hadapi di tempat kerja? Jika jawabannya adalah “pernah”, maka Anda sudah berada di artikel yang tepat. Di sini akan dibahas secara detail tentang apa itu stress, apa saja penyebab stress, dan bagaimana cara mengatasinya.

Stress adalah sumber dari segala macam jenis penyakit. Tidak hanya di rumah, di kantor pun, Anda sangat memiliki kemungkinan untuk merasakan stress. Jadi, Anda tidak perlu heran jika salah satu deskripsi pekerjaan Anda bisa memberikan andil dalam kesehatan Anda yang muncul akibat stress di tempat kerja.

 

Lalu, apa sebenarnya stress itu?

Apa Itu Stress?

Stress, dalam istilah sehari-hari adalah perasaan yang dimiliki seseorang ketika mereka merasa kelebihan beban dan berjuang untuk mengatasi tuntutan. Tuntutan ini dapat bermacam-macam bentuknya. Mulai dari keuangan, pekerjaan, hingga status hubungan. Intinya, segala sesuatu yang menimbulkan tantangan nyata atau dirasakan sebagai ancaman terhadap kesehatan seseorang dapat menyebabkan stress. 

Sebenarnya, stress juga bisa menjadi motivator bagi seseorang. Ini penting baginya untuk bertahan hidup. Akan tetapi, jika mekanisme yang menyebabkan stress ini terlalu banyak berada di dalam pikiran seseorang, ini dapat merusak kesehatan mental dan fisik seseorang, dan inilah yang sangat berbahaya.

Menurut survey tentang stress yang dilakukan secara rutin satu tahun sekali di American Psychological Association (APA) menyebutkan bahwa tingkat stress rata-rata di Amerika Serikat naik dari 4,9 menjadi 5,1 pada skala 1 hingga 10 di tahun 2015. Alasan utama yang diberikan adalah karena pekerjaan dan keuangan.

 

Penyebab Stress di Tempat Kerja 

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab stress di tempat kerja? Berikut ulasan lengkapnya:

 

1. Sikap Atasan yang Selalu Menuntut

Di tempat kerja, ada beberapa tipikal atasan. Ada yang memotivasi, menganggap bawahannya adalah tim, bahkan terjalin perasaan kekeluargaan dalam satu tim. Namun, ada pula tipikal atasan yang selalu menuntut. Karena pada dasarnya, atasan dengan tipikal ini menginginkan kinerja Anda yang sempurna untuk perusahaan. 

Baik itu secara halus, ataupun dengan cara yang mendikte, atasan pasti akan menuntut yang terbaik dari hasil pekerjaan Anda. Padahal, kondisi inilah yang bisa memancing stress.

 

Baca Juga: Dampak Berbahaya Micromanagement Bagi Karyawan

 

2. Terjadi Konflik dengan Rekan Kerja

Umumnya, seseorang ditempatkan di perusahaan sesuai dengan skill yang mereka miliki sehingga mereka mudah berkerjasama dan menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja. Namun, ada kalanya, semua tidak berjalan mulus seperti yang Anda inginkan.

Bisa saja Anda mendapatkan rekan kerja yang tidak cocok dengan Anda sehingga sering terjadi konflik antar karyawan. Bagaimana jika konflik ini berkelanjutan? Jelas, ini dapat sekali membuat Anda stress dan Anda tidak lagi bisa memberikan hasil yang optimal dalam bekerja.

 

Baca Juga: Ada Konflik di Tempat Kerja? Atasi dengan 7 hal Ini

 

3. Beban Kerja yang Menggila

Pada masa sulit, biasanya sebuah perusahaan akan melakukan perampingan karyawan dengan segera. Dampaknya, tentu saja, beban kerja yang Anda dapatkan akan jauh lebih banyak daripada sebelumnya.

Dengan beban kerja yang begitu menggila, tentu saja Anda tidak lagi bisa pulang cepat karena harus lembur untuk menyelesaikan seluruh beban kerja Anda. Ketidakteraturan inilah yang dapat memancing stress sehingga hasil kerja karyawan yang bersangkutan menjadi kurang produktif.

 

Baca Juga: Fungsi Analisa Beban Kerja Untuk Perusahaan

 

4. Perasaan Anda yang Takut akan Kehilangan Pekerjaan

Seorang atasan tentunya akan menilai kinerja Anda secara keseluruhan. Baik dari produktivitas, prestasi, sampai dengan kuantitas pekerjaan yang sanggup dikerjakannya. Nah, jika Anda mendapatkan nilai buruk, apa yang akan terjadi?

Tentu saja, Anda akan merasa kurang percaya diri, merasa takut karena Anda bisa saja kehilangan posisi/jabatan di perusahaan tempat Anda bekerja. Perasaan inilah yang kemudian memicu munculnya stress yang jika dibiarkan, lama-kelamaan akan menekan mental Anda.  

 

5. Kurangnya Komunikasi

Di manapun Anda berada, pada dasarnya, komunikasi selalu menjadi bagian yang berperan penting untuk bisa menjalin hubungan dengan orang lain, termasuk hubungan Anda dengan teman kerja Anda. 

Namun, apa yang akan terjadi jika Anda tidak mudah berkomunikasi dengan orang-orang baru? Bisa jadi Anda akan mengalami paranoid sendiri, yang pada akhirnya muncul perasaan tersudut dalam benak Anda. Inilah yang perlu Anda hindari karena benar-benar mengancam kesehatan mental Anda dan membuat Anda stress.

 

Bagaimana Cara Tepat untuk Mengatasi Stress?

Apakah Anda mengalami tekanan salah satu diantara kelima dilema di atas? Jika “iya”, kini saatnya Anda bangkit dan tahu cara tepat untuk mengatasinya :

1. Tarik Nafas Anda Dalam-dalam

Ketika stress melanda, tubuh cenderung lebih cepat ketika bernafas daripada kondisi normal. Cobalah tarik nafas dalam-dalam untuk membuat tubuh Anda kembali rileks dan jauh dari stress. Lakukan beberapa kali sampai stress Anda berkurang bahkan hilang.

 

2. Dengarkan Musik Jika Diperlukan

Mendengarkan musik dapat membuat Anda lebih rileks, Anda pun akan kehilangan stress yang Anda alami. Sama seperti cokelat yang mampu mengembalikan mood Anda setelah memakannya, musik juga punya kemampuan magic yang sama dengan cokelat dalam mengelola stress yang Anda alami.

 

3. Lakukan Exercise Ringan

Exercise ringan yang dimaksud adalah peregangan pada tubuh saat sedang bekerja. Stretching atau peregangan ini ternyata dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak sehingga membuat Anda menjadi lebih rileks dan menurunkan kadar stress pada pekerjaan Anda.

 

4. Jangan Tunda Pekerjaan Anda!

Semakin sering Anda menunda pekerjaan Anda di kantor, semakin menumpuk pekerjaan Anda tadi, dan semakin mungkin pula peluang stress itu terjadi pada Anda. Maka, mulai sekarang, bertekadlah untuk tidak meninggalkan pekerjaan-pekerjaan Anda setiap harinya. 

 

5. Gunakan Waktu Istirahat dengan Efektif!

Memanfaatkan waktu ketika bekerja di sela-sela istirahat siang juga bagus untuk menghilangkan stress yang Anda miliki di tempat kerja. Cobalah makan siang bersama dengan rekan kerja Anda, atau sekedar nongkrong keluar kantor untuk membeli jajanan yang Anda sukai.

 

6. Buat Tempat Kerja Anda Senyaman Mungkin

Kondisi tempat kerja yang panas, bau, pengap, berantakan dengan kertas di sana-sini tentu saja semakin menambah beban yang ada di otak Anda. Ada baiknya Anda membereskan ruang kerja Anda dengan suasana baru untuk menghilangkan rasa bosan yang Anda miliki.

 

7. Selalu Motivasi Diri Anda!

Cara tercepat dan paling mudah Anda lakukan di kantor ketika stress melanda adalah dengan selalu memotivasi diri Anda. Ingat-ingat kembali, apa yang menjadi motivasi awal Anda bekerja di perusahaan tersebut?

 

8. Bersyukur! 

Apapun profesi Anda saat ini, sesibuk apapun Anda di kantor, dan bagaimanapun penuntutnya atasan Anda, kalau Anda menghadapi semuanya dengan syukur, maka sinyal-sinyal stress akan hilang dengan segera. Bersyukurlah dengan hidup Anda. Bersyukurlah dengan pekerjaan Anda saat ini, karena di luar sana masih banyak pengangguran yang menginginkan posisi pekerjaan Anda sekarang.

 

Baca Juga: 7 Cara Efektif Menurunkan Stress Saat Kerja

 

Dengan mengetahui penyebab serta penanganan stress yang baik di tempat kerja anda, maka produktivitas anda di tempat kerja akan menjadi semakin lebih baik.