ISFJ

Lebih Dalam tentang Kepribadian ISFJ di Lingkungan Kerja

Bagi Anda yang sedang bekerja, tentunya Anda akan menemukan perbedaan karakter orang di tempat kerja. Ada orang yang memiliki kepribadian ekstrover dan introver. Selain kualifikasi keahlian, kepribadian tersebut biasanya digunakan sebagai dasar memilih pekerjaan. Hal ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan saat bekerja.

Membahas tentang berbagai karakter yang ada di dunia kerja, kali ini LinovHR akan menjelaskan tentang orang dengan kepribadian ISFJ di lingkungan kerja. Sudah penasaran dengan penjelasan dari tipe kepribadian ini? Simak penjelasannya bersama LinovHR!

 

Karakter Orang dengan Kepribadian ISFJ

Menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), ISFJ merupakan satu dari 16 tipe kepribadian. MBTI itu sendiri merupakan Indikator yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs, berdasarkan teori kepribadian yang diciptakan oleh Carl G. Jung. Indikator tersebut membuat seseorang dapat mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensinya. 

ISFJ adalah jenis kepribadian yang terdiri atas Introverted, Sensing, Feeling, dan Judging. Tipe kepribadian ini dapat mengidentifikasi permasalahan kepribadian diri untuk menunjang karir.

 

Berdasarkan hal tersebut, berikut adalah arti dari masing-masing karakter ISFJ:

  • Introverted adalah orang yang mendapatkan energi dengan cara menghabiskan waktu sendiri.
  • Sensation adalah orang yang menyukai informasi dengan detail atau konkret daripada sekadar ide atau gagasan.
  • Feeling adalah orang yang suka membuat suatu keputusan berdasarkan sifat emosional atau perasaan daripada berdasarkan logika atau informasi yang objektif.
  • Judging adalah orang yang lebih suka melakukan sesuatu yang terencana dan sudah diatur, daripada hal yang spontan.

 

Individu ini biasanya dikenal karena perhatian dan aura positifnya yang membawa ketenangan dan kehangatan pada lingkungan sekitarnya. Adapun karakteristik orang dengan kepribadian ISFJ sebagai berikut: 

 

  1. Terstruktur

isfj adalah pribadi yang terstruktur
Sumber: Pexels by Lisa Fotios

 

Individu dengan kepribadian ini adalah orang yang sangat terstruktur, tertib, dan rapi dalam hidupnya. Berkat karakternya tersebut, individu dengan personality ini sangat pandai dalam membuat rencana masa depan.

Pada saat mendapatkan informasi dan pengalaman yang baru, ia akan mencari persamaan antara satu informasi dengan informasi lainnya. Ini dilakukan untuk menemukan pola-pola baru yang dapat membantu aktivitasnya.

 

  1. Peka terhadap Perasaan Orang Lain 

Walaupun cenderung memiliki sifat yang pendiam, individu dengan kepribadian ISFJ adalah sosok pengamat yang baik. Mereka juga pandai mengingat hal-hal detail pada dirinya sendiri maupun orang lain.

Umumnya, mereka selalu berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan orang lain bahkan jika itu mengorbankan keinginannya.

 

  1. Cenderung Tertutup 

Seorang yang memiliki kepribadian ISFJ sangat peka terhadap permasalahan orang lain. Namun, mereka kerap kali kesulitan untuk mengekspresikan perasaannya sendiri.

Jika dihadapkan dengan sebuah permasalahan, mereka akan cenderung memendam emosi dan permasalahannya ketimbang menceritakannya kepada orang lain. Mereka memendam emosi karena tidak ingin merepotkan banyak orang.

 

  1. Menyukai Fakta

ISFJ adalah pribadi yang menyukai fakta
Sumber: Pexels by Matheus Bertelli

 

Pada umumnya, individu dengan kepribadian ISFJ lebih menyukai fakta yang konkret. Atau dengan kata lain, mereka akan percaya pada suatu hal jika pernah mengalaminya sendiri atau melihat secara empiris.

 

  1. Sulit Menerima Perubahan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, individu ISFJ adalah seseorang yang sangat terstruktur. Hal tersebut membuat mereka sulit untuk menerima perubahan ketika terjadi suatu hal yang berbeda dari rencana. Akan tetapi, mereka berusaha untuk menerima perubahan tersebut walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Kelebihan dan Kekurangan ISFJ

Setiap tipe kepribadian pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Begitu juga dengan kepribadian ISFJ. Berikut ini adalah beberapa contoh kelebihan dan kekurangan dari kepribadian ISFJ:

 

  1. Kelebihan

Orang yang memiliki kepribadian ISFJ memiliki kelebihan berikut ini:

  • Suportif
  • Setia
  • Detail
  • Peka
  • Pekerja keras
  • Dapat diandalkan
  • Kooperatif
  • Mudah berempati dengan orang lain

 

  1. Kekurangan

Di sisi lain, orang dengan kepribadian ISFJ juga memiliki kekurangan seperti berikut:

  • Pemalu
  • Kaku
  • Cenderung menghindari konfrontasi
  • Tidak menyukai perubahan
  • Kurang berani dalam mengambil risiko
  • Terlalu mementingkan perasaan orang lain

 

Profesi yang Cocok untuk ISFJ

Individu dengan ISFJ personality memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya cocok dengan profesi-profesi tertentu. 

Profesi yang cocok untuk mereka adalah pekerjaan yang melibatkan perencanaan jangka panjang, pekerjaan yang mengutamakan struktur, dan perhatian terhadap detail-detail penting. 

Berikut profesi-profesi yang cocok untuk ISFJ:

 

  1. Data Scientist

Profesi yang cocok untuk ISFJ adalah data scientist
Sumber: Pexels by Christina Morillo

 

Data scientist adalah profesi yang cocok bagi individu ISFJ, karena mereka sangat teliti dan perfeksionis. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengamati dan melakukan observasi dengan baik.

 

  1. Akuntan

Akuntan adalah profesi yang cocok bagi individu ISFJ, karena mereka seorang yang teliti terhadap sesuatu. Seorang akuntan harus teliti dalam memeriksa dan mengelola keuangan perusahaan.

 

Baca Juga: Akuntan: Pengertian, Tugas, dan Pedoman Kode Etik 

 

  1. Project Manager

Pekerja keras, memiliki antusias yang tinggi, serta bisa dipercaya adalah karakteristik dari seorang ISFJ. Anda tidak perlu khawatir jika menyerahkan semua tugas atau proyek kepada seorang ISFJ, karena semuanya akan dikerjakan dengan baik dan terstruktur.

 

  1. Konselor

Profesi yang cocok untuk ISFJ adalah konselor
Sumber: Pexels by Alex Green

 

Individu yang memiliki kepribadian ISFJ akan mementingkan kepentingan orang lain dibandingkan kepentingan dirinya sendiri. Untuk itu, profesi konselor sangat cocok karena mereka akan siap membantu permasalahan orang lain dengan senang hati. 

 

  1. Perawat

Sifat kepedulian yang natural dari seorang ISFJ cukup cocok dengan profesi perawat. ISFJ adalah seorang yang sensitif dan peka terhadap sesuatu serta memiliki pengamatan yang baik. Sehingga, mereka akan mudah memahami keadaan seseorang jika bekerja sebagai perawat.

 

Kebiasaan ISFJ di Lingkungan Kerja

Seorang individu dengan kepribadian ISFJ akan mencari tahu banyak hal sebelum mereka bekerja. Ini karena kenyamanan pada saat bekerja adalah hal yang terpenting bagi mereka, apalagi jika sudah masuk ke dalam sebuah instansi atau perusahaan. Namun bagaimanapun lingkungan kerjanya, seseorang dengan kepribadian ISFJ akan berusaha beradaptasi.

Kebiasaan dari orang ISFJ adalah berdiam diri, mengerjakan tugas mereka dengan baik, dan membantu tugas orang lain jika tugasnya telah selesai. Mereka cukup teliti dan terstruktur sehingga sering dianggap sebagai karyawan yang bisa diperhitungkan. 

Tak hanya itu, seorang ISFJ juga memiliki kepekaan sosial yang kuat dan memiliki keterampilan dalam problem solving yang baik. Itulah mengapa kehadiran seorang ISFJ di perusahaan cukup membantu karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja. 

 

Baca Juga: Arti Problem Solving: Skill Penting Agar Karir Meningkat

 

Demikian artikel tentang kepribadian seorang ISFJ di lingkungan kerja. Semoga dapat menambah wawasan Anda tentang kepribadian seseorang. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.