Jualan online

Menjanjikan! Inilah 12 Ide Jualan Online yang Mudah Dilakukan!

Jualan online menjadi sebuah tren ketika era digital mulai memasuki kehidupan manusia.

Jualan online kian hari semakin menjamur karena mudahnya untuk membentuk bisnis sekaligus barang yang dipasarkan juga terjangkau. Zaman sekarang sudah sedikit orang yang membeli suatu barang dengan metode window shopping. Selain itu, diskon dan potongan gratis ongkir menjadi semakin menggiurkan untuk berbelanja online.

Untuk Anda yang ingin membentuk bisnis online, terdapat beberapa ide bisnis online yang dapat Anda tiru. Apa saja?

 

Ide Jualan Online untuk Anda!

Jika digali lebih lanjut, ada banyak ide bisnis yang bisa dilakukan secara online. Mari kita buka simak satu-satu! 

 

1. Pandemic Kit (Masker, Disinfectant Spray, dan Hand Sanitizer)

ide jualan online
Pandemic Kit (Masker, Disinfectant Spray, dan Hand Sanitizer)

 

Di era pandemi seperti ini, membuat hampir seluruh masyarakat menjaga kebersihannya semakin ketat. Yang biasanya asal duduk di kursi umum atau menaruh barang di meja, saat ini orang suka menyemprot kursi dan mejanya dengan disinfectant spray.

Kebutuhan masyarakat akan masker juga melonjak, baik masker medis maupun masker kain. Anjuran dari pemerintah akan menggunakan double masking membuat para pebisnis rumahan menyambut hal ini dengan baik.

Menyediakan disinfectant spray, hand sanitizer, masker kain, masker medis, dan face shield dalam bentuk pandemic kit dapat menjadi ide bisnis online yang menarik. 

Pastikan Anda menjual barang kebersihan yang memang sesuai dari anjuran pemerintah dan WHO. untuk masker kain, sebaiknya Anda menggunakan model yang memang nyaman untuk dipakai seharian karena akan di double dengan masker medis. Selain itu, model yang lucu dan unik menjadi nilai plus untuk jualan Anda.

 

2. Snack/Makanan Ringan

Penerapan work from home membuat banyak karyawan sering kali merasa bosan saat bekerja. Selain untuk menghilangkan rasa kantuk, snack juga dapat membantu pekerja agar tetap terisi perutnya walaupun tidak sempat makan karena sibuknya jadwal virtual meeting. 

Snack yang dijual juga tidak harus Anda bikin dari awal, Anda dapat menjadi reseller snack kiloan yang tersebar di online. Pastinya Anda melihat kebutuhan masyarakat dan target pasar dulu, snack seperti apa yang disuka?  Anda bisa melihat hal ini dari trend yang sedang bekembang di masyarakat. 

 

3. Kopi Botolan

Kopi merupakan minuman yang selalu dicari semua orang bahkan menjadi asupan utama untuk memberikan energi dalam tubuh. Rasanya kurang afdol jika tidak meminum segelas kopi dalam sehari. Hal ini dapat menjadi ide bisnis online modal kecil yang dapat Anda lakukan bahkan dari rumah.

Modal yang cukup terjangkau yaitu bubuk kopi, susu, krimer, serta botolnya. Mungkin dengan packaging yang kekinian yang dapat menjadi nilai tambah dan penarik pelanggan.

Agar jualan kopi Anda dapat diterima, Anda dapat memberikan rasa lain selain kopi. Misalnya, coklat, matcha, banana, hazelnut, dan lain sebagainya. 

 

Baca Juga: Apa Saja Syarat dan Gejala Modernisasi? 

 

4. Loungewear

Loungewear masuk dalam trend fashion 2020 yang berlangsung hingga saat ini. Banyak waktu yang dihabiskan di rumah, membuat banyak masyarakat yang butuh baju santai namun tetap nyaman untuk aktivitas satu harian dirumah.

Memang butuh modal lebih terutama dalam pemilihan kain dan konveksi baju, namun profit yang di dapat juga tidak main-main.

Loungewear yang memiliki ciri khas longgar dan nyaman membuat banyak minat terutama kaum hawa yang work from home. Ingin tetap presentable untuk kerja namun santai untuk dirumah.

Corak tie-dye menjadi idaman dalam pemilihan loungewear. Namun corak polkadot, abstrak, bahkan polos dengan pemilihan warna earth tone juga laris diminati.

 

5. Peralatan Olahraga

jualan online
Peralatan Olahraga

Olahraga bukan hanya sekedar musiman namun memang kebutuhan agar tetap fit di masa pandemi ini. Menjual peralatan olahraga juga bisa menjadi ide bisnis online. Cukup menjadi reseller alat-alat olahraga atau pakaian olahraga. Mungkin bisa start dari alat olahraga untuk workout from home seperti yoga mat, light dumbbell, pakaian olahraga, dan lain sebagainya.

 

6. Minuman Herbal/Jamu

Minuman herbal yang lebih berorientasi untuk pasar orang tua, nampaknya mulai digandrungi oleh para remaja. Terutama jika Anda memiliki inovasi untuk lebih mengembangkan jamu yang cocok dengan selera remaja.

Selain khasiatnya yang banyak, jamu juga membutuhkan modal yang sedikit. Rempah-rempah di Indonesia yang menjamur menjadikan ini bukan masalah yang besar. Cukup dengan dikemas yang menarik dan kekinian tanpa meninggalkan inti dari jamu tersebut. Bisa dibilang, ide bisnis rumahan online yang satu ini cukup menjanjikan loh! 

 

7. Peralatan Rumah Tangga

Menghabiskan waktu lebih banyak di rumah membuat rasa ingin membeli peralatan rumah tangga semakin meningkat. Apalagi dengan warnanya yang menarik dan semakin fungsional membuat hal ini menjadi peluang bisnis online.

Untuk mengikuti bisnis ini, Anda dapat mengikuti kemitraan untuk menjadi reseller ataupun dropship. Memang butuh modal awal yang cukup merogoh kantong, namun sebanding dengan penghasilan yang akan didapat.

 

8. Dessert

Ide bisnis rumahan online ini cukup menjanjikan karena hampir disukai semua orang dan pasarnya tidak terpaku pada satu range umur. Semua orang pasti mencari dessert. Always have room for dessert, right?

Dessert sebagai cemilan untuk meningkatkan mood membuat makanan satu ini laris diborong konsumen. Mulai dari dessert box dengan berbagai macam rasa, croffle yang sedang hits, es krim, bahkan bolu jadul.

 

9. Frozen Food

Sibuknya work from home sambil mengurus anak di rumah pastinya cukup merepotkan terutama bagi para ibu yang bekerja. Frozen food menjadi sajian yang menarik dan praktis untuk menyiasati menu masakan di tengah kesibukan. 

Saat ini frozen food bukan hanya fokus pada makanan olahan. Namun makanan jadi  seperti lauk pauk, sambel, hingga makanan setengah matang juga tersedia dalam bentuk frozen food. Cara membuatnya juga cukup mudah karena hanya tinggal dipanaskan dan makanan pun siap dihidangkan. Peluang bisnis online yang menjanjikan dan mudah untuk mengelolanya.

 

Baca Juga: Bagaimana Mengembangkan Strategi Bisnis Online Melalui E-Commerce? 

 

10. Voucher Game

Jualan Online
Voucher Game

Maraknya bermain game online hingga terbit istilah mabar atau main bareng membuat banyak anak-anak hingga orang dewasa kecanduan bermain game online. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis. Emang bisa? Tentunya!

Anda dapat menjual voucher game online. Misalnya, menjual skin atau diamond dari game tersebut. Walaupun start dari harga yang cukup murah, namun jika banyak pelanggannya entunya menjadi bisnis menguntungkan, bukan?

 

11. Paint by Number

Menghabiskan waktu dirumah dengan aktivitas yang monoton membuat rasa jenuh semakin meningkat. Oleh karena itu, bisnis paint by number bisa menjadi jawaban bagi Anda yang bingung ingin berbisnis sekaligus menjawab rasa kejenuhan masyarakat.

Paint by number adalah semacam canvas lukisan yang sudah diberi nomor. Untuk melukisnya, Anda tinggal memberi warna sesuai panduan yang ada di instruksi sesuai nomor. Mudah dan menyenangkan untuk mengisi waktu luang, bukan? 

 

Baca Juga: 15 Daftar Kerja Online Paling Populer di Tahun 2021

 

12. Tanaman Hias

Ide jualan online selanjutnya adalah menjual tanaman hias. Tanaman hias menjadi populer untuk menjadi penghilang rasa bosan selama menjalani karantina di rumah. Tanaman bonsai atau zen garden bahkan hingga sistem hidroponik cukup banyak menyita perhatian.

Anda dapat memperjualkan tanaman hias yang sudah jadi ataupun hanya bibit atau steknya. Selain itu, menjual pot, pupuk, dan alat taman lainnya dapat membantu meningkatkan profit bisnis Anda.

 

12 ide bisnis online atau ide jualan online diatas pastinya bisa berubah sesuai dengan tren pasar saat itu. Pastikan untuk selalu update kira-kira apa yang diinginkan pasar. Mana yang menjadi pilihan Anda untuk menjalankan bisnis jualan online? Selamat berbisnis!