kerja online

15 Jenis Kerja Online yang Bisa Dilakukan di Rumah 2021

Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan memukul berbagai bidang kehidupan, salah satunya perekonomian. Akibatnya, untuk mengurangi beban pengeluaran perusahaan, banyak pekerja yang harus dirumahkan. Akan tetapi, jangan khawatir berikut ada 15 jenis kerja online yang dapat dikerjakan dari rumah. Apa saja jenisnya? 

 

1. Penulis Lepas (Freelance Writer)

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menulis, pekerjaan online sebagai penulis lepas dapat Anda lakukan. Seorang penulis lepas umumnya akan bekerja untuk menulis konten atau berbagai bentuk promosi suatu produk.

Nantinya, seorang penulis lepas akan mendapatkan bayaran dari pihak yang membutuhkan jasanya. Semakin baik kemampuan seorang penulis lepas, maka kian tinggi pula penghasilannya. Terlebih, bagi penulis lepas yang mampu menulis dalam bahasa asing. 

 

2. Bisnis Toko Online

Anda yang mempunyai jiwa bisnis dan terbiasa melakukan aktivitas jual-beli dapat membuat toko online sendiri untuk mendatangkan penghasilan. Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang, banyak masyarakat yang melakukan jual-beli melalui toko online.

Bentuk kerja online ini memiliki peluang bisnis yang terbuka bagi siapapun. Anda dapat memulai bisnis toko online melalui situs marketplace yang telah tersedia, seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

 

3. Reseller Online

Reseller online memiliki kemiripan dengan bisnis toko online seperti yang dijelaskan sebelumnya. Namun, seorang reseller online lebih berfokus pada penjualan barang kembali kepada konsumen dan tidak harus memiliki toko online sendiri.

Untuk melakukan kerja online jenis ini, Anda perlu membeli barang dari distributor dengan harga murah, lalu menjualnya kembali pada konsumen dengan harga yang lebih tinggi untuk  menghasilkan keuntungan.

 

4. Penerjemah Bahasa

Anda yang memiliki kemampuan baik dalam bahasa asing, dapat melakukan kerja online jenis ini. Saat ini ada banyak pihak yang memerlukan jasa seorang penerjemah bahasa.

Kerja online ini pun mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang banyak jika Anda mau menekuninya. Terlebih, jika Anda sudah memiliki relasi dengan perusahaan internasional, tertentu dapat memberikan biaya tarif yang lebih tinggi.

 

Baca Juga: Pilihan Karir Penerjemah, Ternyata Beragam! 

 

5. Desainer Grafis Lepas 

Jasa desain grafis sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Melalui desain grafis perusahaan dapat mempromosikan produknya. Desain yang semakin bagus, tentu akan menarik minat konsumen lebih banyak.

Saat ini, ada banyak situs yang menjadi tempat penyedia desainer grafis lepas. Mulai dari, Fiverr, Freelancer Indonesia, Sribulancer, 99design, dan lainnya. Jenis kerja online ini dapat menghasilkan pendapatan mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta, sesuai kemampuan Anda.

 

Baca Juga: Mau Jadi UI/UX Designer? Ini Job Description UI/UX Designer

 

6. Pengisi Data (Data Entry)

Pekerjaan online sebagai pengisi data akan sesuai bagi Anda yang memiliki waktu luang. Sebagai pengisi data, kemampuan utama yang dimiliki, yaitu ketelitian dan sabar. Berbekal kemampuan tersebut, Anda dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Anda dapat menemukan lowongan kerja online di berbagai situs di internet. Mulai dari, freelance, sribulancer, projects, dan lainnya. 

 

7. Guru Les Online

Anda yang memiliki gelar sarjana atau latar belakang pendidikan serupa, memiliki peluang untuk menjadi seorang guru les online. Jenis kerja online ini, memerlukan kemampuan dalam membimbing orang lain.

Saat ini, sudah banyak sekali platform penyedia jasa pembelajaran secara online. Seperti, ruang guru, quipper, dan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat membuka layanan pembelajaran online sendiri dengan memanfaatkan aplikasi, seperti Zoom, Google Meet, Skype, dan lain-lain.

 

8. Penyedia Foto

Seorang fotografer yang handal tentu memiliki banyak foto yang bagus. Namun, amat disayangkan apabila foto-foto bagus tersebut hanya berakhir di ruang penyimpanan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menjual foto-foto itu untuk menghasilkan uang.

Stok foto yang Anda miliki, dapat dijual di berbagai situs penyedia foto online. Selain itu, Anda juga dapat menjadi penyedia foto untuk suatu perusahaan. Namun, untuk melakukan kerja online ini, Anda sebaiknya sudah memiliki berbagai jenis foto agar dapat memenuhi apa pun jenis yang diinginkan pembeli.

 

9. Programmer

Semakin majunya era teknologi tentu kian banyak pula kebutuhan seorang programmer. Namun, Anda membutuhkan beberapa kemampuan di antaranya, yakni penguasaan ilmu seputar koding, menguasai alat untuk pembuatan software, dan mengetahui perkembangan software terkini.

Banyak perusahaan yang membutuhkan layanan programmer dan membolehkan pekerjanya bekerja secara online. Kerja online ini dapat menghasilkan bayaran tinggi jika Anda memiliki kemampuan baik serta pengalaman yang banyak.

 

Baca Juga: Mau Menjadi Programmer? Kuasai Skill dan Tugas di Bawah Ini!

 

10.Konten Kreator

Saat ini keberadaan konten kreator sangat dibutuhkan. Berbagai sektor kehidupan perlu akan adanya pekerja ini. Nah, Anda yang memiliki kreativitas tinggi, dapat melakukan kerja online jenis ini.

Tujuan adanya konten kreator, yaitu untuk meningkatkan promosi suatu produk atau layanan perusahaan. Konten yang dipublikasikan ada berbagai jenis, mulai dari foto, video, audio, ataupun percampuran dari jenis tersebut.

 

11. Penjual Pulsa

Pekerjaan penjual pulsa kerap dianggap sepele.  Namun, apabila Anda menekuninya tentu dapat memberikan penghasilan yang tinggi. Kerja online jenis ini dapat Anda lakukan di mana pun.

Transaksi pulsa pun dapat dilakukan dengan mudah. Berbekal smartphone, Anda dapat melakukan jual-beli pulsa kapanpun saat diinginkan. Kerja online ini terbilang cukup mudah dan hanya memerlukan waktu dalam hitungan menit.

 

12. Penjual Akun Game Online

Saat ini, bermain game online menjadi kegemaran bagi hampir semua orang. Tak jarang, antar pemain game memamerkan kehebatan akun yang dimilikinya. Namun, banyak juga pemain game online yang tidak memiliki waktu luang, namun ingin memiliki akun yang hebat.

Nah, hal tersebut dapat menjadi peluang kerja online bagi Anda. Cukup dengan bermain game, Anda dapat menghasilkan uang melalui akun yang dijual. Semakin hebat suatu akun game online, maka kian tinggi pula kisaran harga yang dapat ditawarkan.

 

13. Editor Foto

Layaknya pekerja desainer grafis lepas, Anda seorang editor foto memerlukan kemampuan untuk mengoperasikan berbagai software terkait. Di antaranya, Adobe Photoshop. Adobe Illustrator dan Adobe Lightroom.

Jenis kerja online ini umumnya banyak bekerja sama dengan para fotografer. Editor foto akan menyunting hasil foto dari fotografer agar tampak semakin bagus. Setelah itu, fotografer akan memberikan bayaran pada editor foto atas hasil kerjanya.

 

14. Penjual Makanan dan Minuman Online

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam membuat masakan dan minuman yang enak, dapat memanfaatkan peluang kerja online ini. Seperti diketahui, makanan dan minuman adalah kebutuhan utama bagi setiap orang.

Penjual makanan dan minuman dapat meningkatkan penjualannya dengan cara promosi di sosial media, pemberian diskon untuk pembelian tertentu, dan lainnya. Lalu, pembayaran atas transaksi ini, dapat dilakukan melalui transfer bank.

 

15. Admin Media Sosial

Saat ini, hampir setiap orang banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial. Atas hal tersebut, banyak perusahaan yang mulai mengembangkan akun sosial medianya. Tujuan utamanya tentu untuk melakukan promosi produknya.

Kerja online ini perlu kemampuan komunikasi yang baik serta kreativitas dalam menyampaikan segala bentuk promosi produk.  Selain itu, kemampuan marketing juga diperlukan untuk Anda karena akan berguna untuk membangun citra positif atas produk-produk yang ditawarkan.

 

Kesimpulan

Jadi, bagi Anda yang belum mendapatkan pekerjaan resmi, dapat menggunakan referensi kerja online di atas untuk mengisi waktu luang dan mendapatkan penghasilan. Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini, Anda tentu dapat melakukan kerja online untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Diharapkan 15  jenis kerja online di atas dapat membantu Anda dalam mencari kerja sesuai kemampuan yang dimiliki. Selamat bekerja!