kaggle

Mengenal Kaggle, Komunitas Data Scientist yang Bantu Tingkatkan Karir

Apakah Anda seorang data scientist atau masih ingin tahu lebih dalam terkait profesi ini? Sekarang, profesi sebagai data scientist menjadi salah satu profesi yang sedang banyak digemari dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Berbicara mengenai data scientist, Anda pasti akan tertarik dengan Kaggle. 

 

 

Kaggle bukan hanya sebatas platform kumpulan para data scientist, namun bisa saling berbagi ilmu dan berkenalan bahkan memberikan peluang pekerjaan di bidang ini.

 

Manfaat Komunitas untuk Pengembangan Karir

Manfaat Komunitas untuk Pengembangan Karir
Manfaat Komunitas untuk Pengembangan Karir

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut mengenai komunitas Kaggle, mari pahami dulu apa manfaat komunitas bagi pengembangan karir. 

Jika karir Anda sedang stagnan dan tidak mengalami perubahan dalam beberapa bulan belakangan ini, sebaiknya Anda mencoba hal yang sekiranya membantu Anda, misalnya saja, masuk dalam sebuah komunitas.

Apa saja manfaat yang dapat dirasakan jika bergabung dalam komunitas?

  1. Dapat berbagi informasi dan kolaborasi sehingga dapat memperkaya wawasan
  2. Membangun karakter sehingga mampu menghadapi dan berkomunikasi dengan berbagai macam orang
  3. Bersosialisasi sehingga dapat membangun jaringan relasi yang baru
  4. Mendapatkan feedback bagi karir masa depan

 

Apa itu Komunitas Kaggle? 

Kaggle adalah komunitas online yang dibangun oleh Goldbloom di tahun 2010. Komunitas ini mengumpulkan para ahli ataupun minat dalam dunia data science yang ingin belajar lebih dalam terkait machine learning ataupun ilmu terkait lainnya.

Kaggle telah memiliki lebih dari 1000 dataset, 170.000 post di forum, dan 300 kernel. Oleh karena itu, Kaggle dianggap sebagai platform yang luar biasa hingga diakuisisi Google pada tahun 2017.

 

Baca Juga: Mari Kelola Bisnis Lebih Mudah Menggunakan Google Bisnisku! 

 

Aktivitas dalam Komunitas Kaggle

Ada banyak hal yang dapat dilakukan jika menjadi bagian komunitas Kaggle, seperti :

 

1. Mempelajari Data

Kaggle menyediakan banyak dataset yang dapat digunakan oleh anggotanya. Dataset ini membantu Anda untuk membuat model proyek yang ingin dikembangkan atau hanya untuk mencari inspirasi. Terdapat beberapa format file yang disediakan seperti JSON, SQLite, archive, BigQuery, dan CSV.

 

2. Belajar Coding

Terdapat banyak kode yang dapat Anda akses dalam Kaggle. Kode ini adalah hasil kontribusi dari anggota komunitas. Tentunya dengan tersedia sumber ini dapat menjadi bahan belajar machine learning. Biasanya kode tersebut menggunakan Bahasa pemrograman Python, namun terdapat beberapa bahasa pemrograman lainnya seperti R, SQLite, dan Julia.

 

3. Komunitas untuk Profesi Terkait Data 

Dalam Kaggle, tidak hanya terbatas pada data scientist, terdapat data analyst dan machine learning engineer yang ikutan untuk berbagi ilmu dalam forum. Pastinya dalam sebuah komunitas, networking dan sharing menjadi hal utama yang ditawarkan.

 

4. Kompetisi

Kompetisi dalam Kaggle menjadi hal yang paling ditunggu oleh anggotanya. Bahkan banyak orang yang bergabung dengan alasan ingin mengikuti kompetisi.

Selain pengalaman yang prestige, Anda dapat membangun portfolio yang menarik untuk kedepannya serta mendapatkan uang dari berpartisipasi. 

Terdapat 5 kompetisi yang ditawarkan oleh Kaggle :

  • Getting Started : Kompetisi yang dapat diikuti jika Anda baru mempelajari machine learning. Tidak ada hadiah uang ataupun poin, namun ilmu dan tutorial belajar yang dapat membantu Anda semakin paham tentang machine learning.
  • Playground : Level up dari Getting Started, yang menawarkan hadiah uang jika Anda berhasil sebagai machine learning engineer.
  • Featured : Kompetisi ini bertujuan komersial yang biasanya diikuti oleh anggota yang sudah berpengalaman. Karena semakin susah, hadiahnya pun tidak main-main, hingga satu juta dollar AS.
  • Research : Kompetisi berupa riset lebih dalam yang biasanya diikuti oleh para ahli untuk semakin memperdalam ilmunya.
  • Recruitment : Kompetisi ini bertujuan untuk membentuk model machine learning yang dapat menyelesaikan permasalahan perusahaan.

 

Baca Juga: Mana yang Lebih Efektif Antara Rekrutmen Internal dan Rekrutmen Eksternal? 

 

HR Community LinovHR untuk Membantu Pengembangan Karir HR

Setelah Anda belajar bagaimana profesi data scientist itu sendiri, waktunya Anda untuk mengirimkan surat lamaran ke perusahaan terkait.

Di sini, LinovHR membantu Anda untuk mencari peluang pekerjaan dengan membedah CV ataupun memberikan tips dan trik untuk Anda diterima oleh perusahaan yang Anda inginkan. Jika ilmu yang Anda punya sudah matang, namun masih salah dalam pembuatan CV atau saat mengirimkan surat lamaran, peluang lamaran Anda diterima oleh tim HR semakin sedikit.

Oleh karena itu, HR Community LinovHR  membuka forum diskusi untuk membantu para job hunter yang langsung dijawab oleh HR Specialist.

Jika dirasa Anda memiliki banyak pertanyaan, HR Community LinovHR  memiliki sesi private dengan HR Specialist agar seluruh permasalahan Anda dapat terjawab dengan cepat.

 

Kesimpulan

Data scientist sebagai profesi yang menjanjikan di era digital membuat para ahli semakin yakin untuk membentuk suatu komunitas, salah satunya adalah Kaggle. Kaggle sebagai rumah bagi para data scientist yang tidak hanya berfokus pada forum, namun banyak kegiatan yang bersifat positif dan membangun untuk menjadi ahli dalam bidang ini. Pembentukan forum komunitas seperti ini berdampak baik terutama di masa serba online ini, semoga semakin banyak komunitas yang terbentuk sebagai tempat membangun dan belajar agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.