webinar adalah

Webinar Adalah Trend Diskusi Terkini Dimasa Pandemi?

Sejak COVID-19 melanda, semakin banyak perusahaan memilih untuk membuat webinar sebagai bagian dari strategi komunikasi mereka dan beralih dari acara fisik, karena webinar online memungkinkan perusahaan berpotensi memperluas jangkauan mereka. 

 

 

Webinar menjadi bagian penting dari strategi pemasaran konten khususnya pada era digital saat ini. Webinar juga diandalkan sebagai alat atau sarana yang bagus untuk berkomunikasi, mendidik, promosi maupun menginformasikan sesuatu hal kepada audiens secara online

 

Apa itu Webinar?

Webinar adalah bentuk digital dari acara fisik yang dikenal sebagai seminar. Oleh karena itu, webinar adalah singkatan dari seminar berbasis web dan didefinisikan sebagai suatu kegiatan ketika sekelompok orang mengakses internet pada saat yang sama untuk mempelajari dan mendiskusikan sesuatu. 

Webinar biasanya diadakan dalam berbagai format seperti presentasi video sederhana, seminar, workshop, atau pelatihan. 

Webinar memungkinkan komunikasi dua arah yang diaktifkan antara pihak penyaji materi dan peserta. 

Selama webinar, informasi dapat dibagikan secara bebas, mudah, dan real time. Bergantung pada jumlah peserta yang menghadiri, acara tersebut bisa sangat kolaboratif dan kaya akan pembelajaran untuk semua pihak yang terlibat.

 

mobile ess

 

Apa Saja yang Dibahas Dalam Webinar?

Ada berbagai macam hal yang dibahas selama webinar berlangsung dan hal tersebut disesuaikan dengan tema acara yang berlangsung. 

Misalkan, sebuah perusahaan mengadakan webinar mengenai pengelolaan karyawan berdasarkan UU Ketenagakerjaan, pastinya pembahasan akan menjelaskan soal regulasi ketenagakerjaan berdasarkan UU terbaru. 

Umumnya pihak narasumber atau pembicara yang berpengalaman di bidang tertentu akan menjelaskan secara rinci paparan materi, kemudian barulah dibuka sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber. 

Beberapa webinar juga mengadakan praktik singkat saat itu juga  untuk menguji kemampuan pemahaman materi seorang peserta secara garis besar. 

 

Baca Juga: Webinar LinovHR: Peran HR dalam Implementasi UU Cipta Kerja

 

Manfaat Webinar untuk Perusahaan dan Peserta

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, webinar adalah salah satu platform pemasaran terbaik yang tersedia untuk bisnis di era digital ini. 

Berikut daftar lengkap manfaat menggunakan webinar untuk perusahaan dan peserta.

 

Manfaat Webinar bagi Perusahaan:

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan jika mengadakan webinar: 

 

1. Memperkaya Konten Digital Perusahaan

Salah satu alasan mengapa bisnis harus secara serius mempertimbangkan untuk menyelenggarakan webinar adalah membantu meningkatkan jumlah konten yang tersedia bagi pihak yang berkepentingan secara online.

Webinar membantu menciptakan kumpulan informasi yang tidak hanya relevan dengan karyawan saat ini, tetapi juga untuk generasi karyawan mendatang. 

2. Membangun Kredibilitas Brand

Salah satu cara untuk membangun otoritas perusahaan di kalangan konsumen adalah dengan membuat dan menyelenggarakan webinar yang dikemas informasi berwawasan dan berharga bagi audiens. 

Setelah audiens mengikuti webinar dan menganggapnya informatif, mereka pasti akan mulai melihat bisnis dan merek perusahaan sebagai brand yang kredibel. Ini menandakan bahwa branding perusahaan berhasil dan akan sering muncul di benak audiens setiap kali mereka mencari konten informatif. 

 

3. Jangkauan Lebih Luas

Dengan menyelenggarakan webinar, bisnis tidak lagi terbatas hanya pada pemasaran layanan atau produk saja, melainkan dapat menjangkau calon customer lebih luas Sebab webinar dapat diakses oleh audiens secara global. 

Ini menandakan bahwa bisnis dapat memperluas jangkauan ke seluruh dunia dengan mudah, asalkan audiens memiliki akses ke perangkat internet.

 

4. Membangun Kepercayaan

Jika dijalankan dengan benar, webinar online dapat digunakan untuk membangun loyalitas merek dengan membuat pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan terhubung dengan merek atau bisnis. 

Selain itu, saat perusahaan berupaya menunjukkan keterampilan, pengetahuan, dan keahlian mereka dalam bidang bisnis melalui wawasan yang ditawarkan dalam presentasi webinar, kepercayaan audiens terhadap layanan, produk, dan merek bisnis secara keseluruhan akan, terus tumbuh secara eksponensial.

 

5. Membangun Hubungan Bisnis yang Lebih Kuat dan Tahan Lama

Webinar memberi kesempatan kepada perusahaan dan perwakilannya untuk memperkenalkan diri mereka dengan benar kepada target audiens, termasuk kepada prospek, pelanggan, karyawan, dan pemasok. 

Perusahaan dapat mendemonstrasikan produk atau layanan mereka dan mengkomunikasikan misi mereka sedetail mungkin. 

 

6. Pemahaman yang Lebih Baik Tentang Audiens

Bisnis yang memiliki pemahaman baik tentang target pasar mereka kemungkinkan lebih bisa mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai, menghasilkan lebih banyak penjualan,serta berkinerja lebih baik dalam jangka panjang. 

Melalui polling dan sesi tanya jawab yang diadakan selama webinar berlangsung, perusahaan memiliki kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dicari atau dibutuhkan oleh prospek, pelanggan, pemasok, dan karyawan. 

 

Manfaat Webinar bagi Peserta

Tak hanya itu, ada beberapa manfaat yang juga dirasakan oleh peserta yang mengikuti program webinar dari perusahaan, yakni: 

 

1. Memperluas Relasi

Walau dilakukan secara online, adanya webinar dapat membantu para peserta untuk memperluas relasi. Sebab, tak jarang para peserta bertukar sosial media mulai dari LinkedIn dan Instagram dengan sesama peserta lain. Dengan begitu, koneksi atau relasi peserta jadi lebih luas.  

 

2. Menambah Wawasan & Meningkatkan Skill 

Tak hanya memperluas relasi, mengikuti program webinar juga dapat menambah wawasan dan meningkatkan skill yang mana hal ini akan membantu para peserta untuk meningkatkan kualitas diri atau mengembangkan karir jauh lebih baik. 

 

3. Mengisi Waktu Luang

Walau kebanyakan para peserta mengikuti program webinar untuk meningkatkan kemampuan, ada pula peserta yang ikut hanya karena iseng belaka loh! Alasan ini tentu sah-sah saja.

Peserta menjadi punya kegiatan bermanfaat daripada tak melakukan apa pun di waktu luang. 

 

Baca Juga: Pengertian, Contoh & Jenis Pasar Tenaga Kerja 

 

Platform Media Webinar Paling Populer 

Sama seperti seminar atau konferensi, webinar membantu perusahaan menyatukan sekelompok peserta yang luas dan beragam, meskipun melalui internet.

Untuk menyelenggarakan webinar, perusahaan perlu menemukan platform webinar yang akan membantu perusahaan membagikan presentasi dengan peserta secara online.

 

  • Zoom Meeting

Salah satu platform yang paling populer dan banyak digunakan saat ini adalah Zoom Meeting. Zoom Webinar memungkinkan perusahaan untuk menyiarkan rapat online hingga 50.000 peserta, tergantung pada ukuran lisensi webinar. 

Lisensi webinar mulai dari kapasitas 500 peserta dan ditingkatkan hingga 50.000 peserta.

Sebagai pembawa acara atau host, pihak perusahaan dapat membagikan layar, video, dan audio selama webinar berlangsung, sementara peserta dapat menggunakan opsi obrolan atau tanya jawab untuk berinteraksi dengan pembawa acara.

 

  • Youtube

Selain aplikasi Zoom, bagi perusahaan yang ingin mengadakan webinar bisa menggunakan aplikasi video Youtube.

Platform Youtube juga menampilkan opsi penyiaran yang memungkinkan penggunanya menjadwalkan acara dan dengan demikian menyelenggarakan webinar gratis.

  • Google Meet

Platform media webinar berikutnya yang paling umum digunakan dan juga populer adalah Google Meet. Aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk menyelenggarakan webinar dengan kapasitas peserta sebanyak 250 orang. 

Berbeda dengan Zoom, Google Meet memungkinkan peserta untuk bisa membagikan, mengunduh, dan mengunggah hasil webinar ke Google Drive. Tak hanya itu, Google Meet juga menyediakan fitur subtitle yang tentunya memudahkan peserta untuk memahami sesi webinar yang berlangsung. 

 

Webinar LinovHR – Tempat Tingkatkan Skill HR

Bagi HRD yang sedang mencari webinar yang informatif untuk meningkatkan skill dan pengetahuan, LinovHR Webinar adalah solusinya.

LinovHR kerap menyelenggarakan acara webinar dengan topik-topik yang informatif dan relevan dengan tugas dan tanggung jawab HRD. Misalnya, webinar tentang Cara Tepat Melakukan Perhitungan PPh 21 dan Peran HR dalam Implementasi UU Cipta Kerja. 

LinovHR menyelenggarakan webinar secara  gratis bagi peserta yang berminat dan tertarik untuk meningkatkan skill, khususnya dalam bidang Human Resources.

Selain itu, narasumber yang diundang oleh LinovHR pun terpercaya dan ahli di bidangnya sehingga peserta akan mendapatkan banyak wawasan baru dan informasi yang akurat!