kebutuhan manusia

Kebutuhan Manusia: Contoh Primer, Sekunder, dan Tersier

Tiap manusia memiliki kebutuhan sesuai kapasitas yang diciptakan oleh Sang Kuasa. Sebagai makhluk hidup, pastinya dibutuhkan udara dan air sebagai kebutuhan manusia yang mendasar untuk bertahap hidup. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas lebih jauh lagi terkait kebutuhan manusia.

 

Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia secara sederhananya adalah hal yang dibutuhkan seseorang untuk memenuhi hidupnya. Kebutuhan tiap individu juga berbeda-beda dan bersifat fleksibel walaupun terdapat hal mutlak yang memang dibutuhkan dalam hal bertahan hidup.

Manusia sendiri secara naluriah sudah sewajarnya mengutamakan hal-hal yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Baca Juga: Apa Itu People Analytics? Hal Penting Untuk Diterapkan Dalam SDM Selain HR Analytics

 

Jenis Kebutuhan Manusia

Jenis kebutuhan manusia memiliki banyak ragamnya tergantung kebutuhan dan keadaan manusia di kondisi saat itu. Oleh karena itu, yuk kita belajar bersama aja saja jenisnya!

 

Menurut Intensitas

Kebutuhan sendiri bukan hanya sebuah kebutuhan yang dipenuhi, namun juga berdasar dari intensitasnya. Berdasarkan intensitasnya, ada 4 jenis kebutuhan yaitu, kebutuhan mutlak, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

  • Kebutuhan mutlak sendiri merupakan kebutuhan pasti yang wajib didapatkan oleh manusia, seperti udara, air, dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok untuk menunjang mobilitas manusia seperti sandang/pakaian, pangan/makanan dan minuman, dan papan/rumah tinggal.
  • Kebutuhan sekunder akan terjadi setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Tiap orang memiliki kebutuhan yang beragam tergantung kemampuan seseorang untuk memenuhinya. Misalnya, mobil, make-up, handphone, dan lainnya.
  • Sedangkan kebutuhan tersier merupakan jenis kebutuhan manusia yang terakhir. Hal ini lebih bersifat pemuas atau hiburan manusia. Rumah mewah, liburan ke Eropa, atau memiliki supercar adalah beberapa contohnya.

 

Menurut Waktu Keperluan 

Hal disini bukan berdasarkan durasi dari kebutuhan itu, namun lebih berbicara pada masa kebutuhan ini dibutuhkan. Hal ini dibagi menjadi tiga yaitu, kebutuhan mendesak, kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang.

  • Kebutuhan dasar manusia yang mendesak merupakan kebutuhan yang dibutuhkan saat ini bahkan detik ini dan bersifat kritis dan cenderung memaksa. Misalnya, kebutuhan plasma darah untuk orang yang terinfeksi virus COVID-19.
  • Kebutuhan sekarang hampir mirip dengan kebutuhan mendesak namun kebutuhan sekarang lebih bersifat hari ini namun tidak terburu-buru. Seperti berobat ke dokter atau memberi sembako kepada korban bencana alam.
  • Untuk kebutuhan yang akan datang sendiri adalah kebutuhan yang memang sudah direncanakan dan disimpan untuk nanti. Biasanya hal ini sering dilupakan dan ditunda, namun sebaiknya tetap dipersiapkan saat ini. Misalnya, asuransi jiwa dan pendidikan.

 

Menurut Sifat 

Kebutuhan manusia berdasarkan sifat merupakan kebutuhan yang dilihat dari kebutuhan jasmani dan rohaninya.

  • Kebutuhan jasmani yang bersifat fisik sebagai pemenuh tubuh individu tersebut. Misalnya, olahraga atau istirahat. 
  • Sedangkan kebutuhan rohani lebih bersifat batin dan spiritual seperti ibadah.

 

Menurut Subjek 

Berdasarkan klasifikasinya, manusia dapat diklasifikasikan sebagai individu ataupun berkelompok atau kolektif.

  • Kebutuhan individu merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi terlebih dahulu. Tentunya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung kebutuhan dan keadaan individu tersebut. Misalnya, mandi, tidur, dan lain-lain.
  • Berbeda dengan individu, kebutuhan kolektif mementingkan kepentingan bersama. Jalan tol, pembangunan stadion ataupun taman merupakan contohnya.

 

Menurut Sosio-Budaya

Hal ini lebih mengedepankan sosial masyarakat dan kebudayaan ataupun tradisi yang ada di lingkungan Anda. Aspek dalam hal ini bergantung pada kebutuhan sosial dan kebutuhan psikologis.

  • Kebutuhan sosial sendiri muncul karena kedudukan seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Karena mau tidak mau Anda harus memiliki kemampuan adaptasi dengan cepat di lingkungan tersebut. Misalnya, membayar iuran sampah komplek.
  • Sedangkan kebutuhan psikologis lebih bersifat perasaan menerima satu sama lain. Hindarilah untuk berkepribadian yang dingin karena dengan sikap Anda yang ramah dan selalu senyum jika bertemu tetangga, akan membuat Anda lebih dihormati dan disenangi.

 

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Dengan banyaknya jenis kebutuhan manusia, sebenarnya faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia yang berbeda-beda itu?

 

Faktor Psikologi

Elemen psikologis dapat mempengaruhi kebutuhan kita. Misalnya, orang-orang kebanyakan suka memakai pakaian modern untuk mendapatkan rasa hormat di masyarakat serta untuk meningkatkan rasa percaya diri.

 

Faktor Geografis

Kebutuhan manusia tentunya bergantung pada kondisi geografis dan iklim negara. Misalnya, pakaian wol dan teh panas sangat penting untuk iklim dingin. Sebaliknya, minuman dingin dan pakaian katun akan populer di iklim yang sejuk dan hangat.

 

Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi juga mempengaruhi kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan orang kaya berbeda dengan kebutuhan strata lainnya. Tidak semua orang butuh tas mewah karena tidak mampu untuk membelinya.

 

Faktor Sosial

Ada faktor sosial tertentu yang mempengaruhi kebutuhan. Misalnya, melakukan upacara pernikahan. Hal ini terjadi  karena tradisi yang terdapat di suatu lingkungan sosial. 

 

Faktor Agama dan Moral

Seseorang yang memiliki teori hidup sederhana dan berpikir tinggi memiliki kebutuhan yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang menjalani hidupnya dalam kemewahan.

 

Faktor Sains

Penemuan modern mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari dan meningkatkan kebutuhan hidup. Misalnya, penemuan kalkulator, televisi, jam tangan elektronik, dan lainnya sangat mempengaruhi keinginan.

 

Penyebaran Pengetahuan dan Pendidikan

Peningkatan pendidikan meningkatkan pengetahuan dan menyebarkan taraf hidup. Pengetahuan dan kedudukan dalam masyarakat memaksa manusia untuk membeli kendaraan bermotor, pakaian yang bagus, barang-barang berkualitas untuk meningkatkan prestise sosial.

 

Baca Juga: Apa itu DRP (Disaster Recovery Plan)? Ini Pembahasan Lengkapnya!

 

Distribusi Pendapatan

Distribusi pendapatan juga mempengaruhi kebutuhan. Jika dalam masyarakat terjadi pemerataan pendapatan, maka daya beli masyarakat miskin akan berkurang. Di sisi lain orang kaya akan mulai membeli barang-barang mewah dan kenyamanan.

Peningkatan pendapatan akan menciptakan permintaan barang mewah dan kenyamanan semakin tinggi.

 

Beragamnya jenis kebutuhan hingga faktor yang mempengaruhi membuat kebutuhan manusia juga beragam. Tentunya hal ini balik lagi di kebutuhan Anda tanpa harus membandingkan dengan orang lain. Hope you have a good life!