Seperti Apa Tipe Kepribadian INTP di Tempat Kerja?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Kepribadian INTP
Isi Artikel

INTP merupakan salah satu dari 16 kepribadian MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Kepribadian ini ditandai dengan penggunaan logika dan kreativitas yang tinggi serta keterbukaan pikiran dan pemahaman dengan hal-hal baru.

Anda mungkin menemui rekan kerja yang memiliki kepribadian ini. Untuk bisa beradaptasi dengan mereka, Anda perlu mengerti ciri khas dan kepribadiannya.

Dengan melakukan hal itu, Anda bisa bekerja sama dengan baik bersama individu mereka dengan baik.

Karena itulah, berikut ulasan mengenai kepribadian INTP di tempat kerja yang perlu Anda ketahui.

 

 

Apa Itu Kepribadian INTP?

INTP adalah kepribadian yang memiliki kepanjangan Introverted, Intuitive, Thinking, dan Perceiving. Mereka adalah intelektual yang mengedepankan logika dan kreativitas, namun bukan tipe orang yang senang berbaur dengan orang lain.

Pikiran orang kepribadian ini selalu dipenuhi dengan hal-hal unik dan kreatif. Itulah mengapa mereka sering tenggelam dengan pikirannya sendiri.

Contoh individu terkenal yang memiliki kepribadian ini adalah Albert Einstein, Bill Gates, dan Isaac Newton.

INTP sendiri ada dua jenis, yaitu tipe A dan tipe T. Berikut penjelasannya:

 

  • INTP-A: kepribadian ini disebut dengan assertive logician. Mereka merasa nyaman dan bangga dengan kepribadian miliknya.
  • INTP-T: kepribadian ini disebut turbulent logician. Mereka tidak senyaman dan sepercaya diri orang dengan kepribadian INTP-A.

 

Ciri Kepribadian INTP 

Ciri Kepribadian INTP
Ciri-ciri

 

Kepribadian INTP memiliki ciri khas yang membedakannya dengan kepribadian lain, yaitu sebagai berikut.

 

1. Mengutamakan Logika

INTP personality sangat mengutamakan logika. Mereka adalah tipe orang yang tidak pernah berhenti berpikir. Mereka juga menggunakan logika sebagai dasar dalam membuat keputusan atau menyampaikan pendapat.

 

2. Senang Berdiskusi

Individu dengan kepribadian ini memang bukan tipe orang yang senang menghabiskan waktu dengan orang lain. Namun jika bertemu dengan orang yang tepat, mereka akan senang untuk berdiskusi, bertukar pendapat, bahkan berdebat santai.

 

3. Serius dalam Menjalin Hubungan 

Sejak awal menjalin hubungan, individu INTP adalah orang yang serius. Mereka tidak main-main dalam menjalin hubungan. Selain itu, mereka juga sangat jujur.

Di sisi lain, karena kepribadiannya yang mementingkan logika, mereka jadi tidak terlalu berempati. Ketika berkelahi dengan pasangan, mereka cenderung menyampaikan alasan logis dan menyalahkan pasangan.

 

4. Open minded 

INTP adalah kepribadian yang berpikiran terbuka atau open minded. Ini karena mereka terbuka dengan diskusi atau pertukaran pendapat. Mereka juga terbuka terhadap hal atau pengetahuan baru.

 

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian INTP

Sama halnya seperti kepribadian lain, seseorang yang berkepribadian INTP juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Seperti apa kelebihan dan kekurangannya? Berikut ini adalah informasinya.

 

1. Kelebihan

Kelebihan orang dengan kepribadian ini adalah memiliki titik berat pada logika. Seseorang dengan kepribadiannya INTP memang memiliki sangat logis.

Informasi lebih lanjut tentang kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

 

  • Kemampuan analisis: Memiliki kemampuan analisis yang baik. Mereka mampu mengidentifikasi pola atau koneksi dari data.
  • Penuh rasa penasaran: Penuh dengan rasa penasaran. Mereka senantiasa suka belajar hal baru.
  • Bersikap objektif: Tidak mudah termakan bias atau misinformasi. Ini karena mereka berpihak pada kebenaran dan kelogisan.
  • Out of the box: Oleh karena rasa ingin tahu dan imajinasinya yang besar, orang INTP sering berpikir kreatif atau out of the box. Hal ini membuat mereka lebih original.

 

2. Kekurangan

Di sisi lain, orang INTP juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Kekurangan ini berkaitan dengan penggunaan logika yang terlalu berlebihan. Seperti ini penjelasannya:

 

  • Perfeksionis: Mereka sangat perfeksionis. Terkadang, hal tersebut menyulitkan mereka dalam pekerjaan.
  • Tidak sensitif terhadap orang lain: Orang dengan kepribadian ini terlalu mementingkan logika, tak terkecuali saat berbicara dengan orang lain. Apalagi, mereka juga sering tenggelam dengan dunianya sendiri. Hal itu membuat mereka jadi tidak sensitif terhadap orang lain. Mereka pun sering dinilai sebagai orang yang tidak baik atau kurang perhatian, meski sebenarnya belum tentu demikian.
  • Tidak sabaran: Ia sangat bangga dengan pengetahuan yang dimilikinya. Namun, mereka cenderung tidak sabar ketika mengajarkannya kepada orang lain.

 

Karier yang Cocok untuk Kepribadian INTP

Karier yang Cocok untuk Kepribadian INTP
Karier

 

Dalam memilih karier yang cocok, orang dengan kepribadian INTP perlu memanfaatkan kelebihannya, yaitu logika dan kreativitas.

Terkait dengan dua kelebihan tersebut, maka karier yang cocok dengan individu INTP personality adalah sebagai berikut:

 

  • Matematikawan
  • Analis atau peneliti di laboratorium
  • Programmer
  • Engineer
  • Merchandiser
  • Guru

 

Baca Juga: Bagaimanakah Sifat Kepribadian ESFP?

 

Kebiasaan Kepribadian INTP di Tempat Kerja

Mengetahui kebiasaan kepribadian INTP di tempat kerja merupakan hal yang penting. Ini karena Anda atau rekan kerja Anda mungkin berkepribadian ini.

Dengan mengetahuinya, Anda dapat mengevaluasi diri atau melakukan pendekatan yang baik dengan rekan kerja berkepribadian INTP. Alhasil, pekerjaan pun dapat terlaksana dengan lancar karena kerja tim berhasil.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan INTP personality di dunia kerja.

 

1. Atasan dan Rekan Kerja Bukan Prioritas

Bagi seorang individu INTP, rekan kerja dan atasan bukanlah prioritas. Mereka tidak bekerja untuk mencari atensi dari atasan atau kesenangan dengan rekan kerja, tetapi untuk memanfaatkan pengetahuan yang dimilikinya dan memuaskan rasa ingin tahu.

Itulah mengapa, individu dengan kepribadian ini tidak terlalu tertarik dengan acara yang memotivasi karyawan seperti team building atau check-in meeting.

 

2. Inovatif

Pikiran individu INTP penuh dengan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Itulah mengapa mereka mampu mengatasi masalah dengan cara-cara yang tak terduga.

Namun, mereka bisa sangat terganggu jika tidak diberi kebebasan untuk berpikir kreatif. Oleh karena itu, mereka tidak akan mood bekerja apabila atasan terlalu membatasi.

 

3. Kontribusi Ide

Kepribadian satu ini tidak segan untuk terlibat dalam suatu proyek atau tugas. Apalagi jika proyek tersebut membutuhkan ide-idenya.

 

4. Delegasi Tugas Administrasi 

Sebagai seorang manajer, mereka akan menyerahkan tugas administratif kepada bawahannya. Alih-alih tugas administratif, mereka lebih suka memikirkan strategi atau ide baru.

Selain itu, mereka juga terbuka terhadap feedback dari bawahan, asalkan feedback tersebut logis. Namun, di sisi lain mereka memiliki standar yang tinggi sehingga feedback yang tidak memenuhi standar tidak akan digubris.

 

Baca Juga: Perbedaan ISTP dengan Kepribadaian Lainnya

 

Kesimpulan

INTP adalah kepribadian yang tenang, mengedepankan logika dan kreativitas, serta terbuka dengan hal baru. Bekerja sama dengan mereka mungkin awalnya akan menjadi tantangan karena mereka tidak menjadikan rekan kerja sebagai prioritas.

Namun jika sudah akrab, Anda dapat menerima segudang ide kreatif dari mereka. 

Semoga pembahasan mengenai kepribadian ini menjadi insight baru untuk Anda.

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter