open minded

Menjadi Open Minded di Lingkungan Kantor, Apakah Perlu?

Pernahkah Anda mendengar istilah open minded? Sebagai seorang individu maupun pekerja, kita kerap kali akan mengalami perbedaan pendapat. Jika Anda berpikiran terbuka atau open minded Anda akan mengatasi hal tersebut dengan lebih baik.

Perlu diingat bahwa  pola pikir Anda akan berpengaruh terhadap keputusan juga tindakan yang akan Anda ambil. Berikut penjelasan tentang open minded, simak ya!

 

Apa yang Dimaksud Open Minded?

Open minded adalah sikap terbuka dan bersedia untuk menerima pendapat atau gagasan baru. Sederhananya, open minded artinya Anda dapat memberi toleransi kepada perbedaan baik itu pendapat, gagasan, ide dan atau informasi dalam perspektif yang luas. 

Menjadi orang yang open minded umumnya dikaitkan dengan kualitas diri yang positif. Saat ini, kemampuan untuk berpikir lebih kritikal juga rasional dengan terbuka kepada pendapat tentu sangat dibutuhkan. 

Saat membicarakan tentang open minded, beberapa orang kemungkinan menganggap hal ini sebagai sebuah ide yang mudah dilakukan. Beberapa mungkin bertanya apa sulitnya berpikiran terbuka? Namun jangan salah, menjadi orang yang open minded tidak semudah itu. 

Jika Anda ingin menjadi orang yang open minded, Anda harus menerima gagasan atau informasi yang bahkan kadang Anda tidak sukai atau tidak setuju. Sebagai manusia biasa, terbuka akan informasi yang tidak Anda setujui tentu bukan hal mudah. 

Ada beberapa faktor yang sebenarnya bisa memengaruhi bagaimana Anda bisa menjadi orang yang open minded atau bahkan close minded.

Faktor tersebut seperti personalitas Anda yang terbuka untuk menerima hal baru atau tidak, keahlian juga bisa menjadi salah satunya karena beberapa orang yang merasa ‘lebih ahli’ dalam suatu bidang tertentu lebih tidak open minded. 

Karakteristik open minded ini bisa memang kita miliki sejak lama, tapi ada juga orang yang open minded karena dia terlatih untuk mengembangkan growth mindset. Lingkungan kantor menjadi salah satu tempat yang mengharuskan Anda menjadi pribadi yang open minded. Mengapa demikian? 

 

Manfaat Menjadi Orang yang Open Minded di Lingkungan Kantor

Mengapa kita perlu menjadi orang yang open minded di lingkungan kantor?

Selain karena lingkungan kantor adalah tempat Anda bisa mendapatkan banyak ide, pengetahuan dan bertemu individu yang berbeda-beda sifatnya, berikut manfaat yang Anda bisa dapatkan jika Anda open minded di lingkungan kantor:

 

Mendapat Insight Menarik

Dalam dunia kerja Anda perlu mengembangkan ide juga kemampuan Anda. Mendapat insight yang baru, ide-ide yang lebih fresh akan Anda dapatkan jika Anda menjadi orang yang open minded. 

 

Mendapatkan Pengalaman 

Jika Anda terbuka pada ide, informasi juga pengetahuan baru maka Anda akan mendapatkan pengalaman baru juga. Berbagai pengalaman ini dapat menjadikan karir serta ketahanan mental Anda menjadi lebih baik. 

 

Mempelajari Hal Baru

Saat berada di lingkungan kantor dan lingkungan pekerjaan Anda, terkadang belajar hal baru menjadi sesuatu yang sulit. Jika Anda hanya mengisi pikiran dengan ide-ide lama, maka hal tersebut tidak akan berdampak baik untuk pekerjaan Anda. Dengan menjadi open minded, Anda akan melihat perspektif orang lain juga belajar hal baru.

 

Pengembangan Diri

Menjadi open minded dapat membuat diri Anda berkembang. Anda belajar banyak hal baru, juga melihat dan berpikir dari banyak perspektif lain yang tentunya beragam. Sehingga kualitas diri Anda bisa meningkat dari sebelumnya. 

 

Baca Juga: Dilema Karir, Menjadi Specialist atau Generalist?

 

Cara Menjadi Orang yang Open Minded

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjadi orang yang open minded bisa saja dipelajari. Jika Anda ingin menjadi orang yang open minded, tentu saja bisa. Namun dalam prosesnya tentu tidak mudah. 

Terkadang mau bagaimanapun, saat Anda mencoba mempelajari hal serta menerima informasi baru, hal tersebut tidak cocok dengan apa yang kita tahu dan kita pelajari sebelumnya.

Anda perlu menyesuaikan pemahaman Anda dengan informasi baru tersebut. Tidak mudah bukan? Berikut beberapa cara agar Anda bisa menjadi orang yang lebih open minded.

 

Mencoba Hilangkan Confirmation Bias

Confirmation bias ini merupakan tindakan yang biasanya Anda lakukan saat merasa ada ide, gagasan atau pendapat yang tidak cocok dengan Anda sehingga Anda mencari kebenaran atas apa yang Anda percayai.

Hal ini jika terus dilakukan bisa menjadi kontribusi akan sikap close-minded. Anda harus aware akan confirmation bias, dan mencoba menanggapi informasi yang Anda dapat sebagai salah satu tantangan untuk Anda belajar lebih banyak. 

 

Jangan Langsung Judge Sesuatu, Berikan Waktu 

Anda harus mulai memberikan waktu untuk diri Anda sendiri saat Anda menerima pendapat atau sesuatu yang tidak Anda setujui. Biasanya secara ilmiah Anda akan langsung menyangkal hal tersebut. Memberi sedikit waktu untuk Anda berpikir bisa menjadi langkah baik untuk mulai menjadi open minded.

 

Baca Juga: Mempelajari Korespondensi Agar Bisnis Jadi Lancar

 

Lebih Rendah Hati

Jika Anda merupakan suatu expert atau ahli dalam beberapa bidang-bidang tertentu, Anda harus rendah hati akan hal tersebut.

Menjadi seorang ahli bukan berarti berhenti belajar dan tidak menerima masukan sama sekali. Anda harus lebih rendah hati agar tetap terbuka kepada perbedaan juga melatih diri Anda menjadi lebih open minded. 

 

Perbanyak Bertanya 

Dalam kasus bertanya ini, tentu pertanyaan yang baik yang akan dipertanyakan. Menjadi orang yang open minded juga berarti mampu bertanya apa saja yang ingin Anda tanyakan.

Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya akan memperdalam pengetahuanmu akan sesuatu, atau memberi insight baru akan suatu hal. Tidak ada ruginya, kan? 

Demikian hal-hal yang perlu Anda tahu tentang menjadi orang yang open minded di lingkungan kantor. Jika dirangkum, apakah perlu open minded di lingkungan kantor?

 

Tentu perlu. Menjadi open minded akan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang bukan hanya baik untuk lingkungan kantor tapi juga perkembangan pribadi Anda sendiri. Semoga bermanfaat!