HR

5 Cara Agar HR dan IT Dapat Bekerjasama untuk Meningkatkan Pengalaman Karyawan

Semua orang yang memiliki usaha dengan banyak karyawan tentu tahu bahwa HR tidak dapat berjalan sendiri tanpa IT sekarang ini. Jika di era sebelumnya sebelum penggunaan komputer sudah umum, HR sering mengalami kesulitan mengatur banyak hal soal karyawan. Hal ini tentu berefek pada karyawan yang sering tidak puas. Masalah seperti birokrasi yang muluk – muluk soal cuti dan hari libur, pengaturan posisi di bagian perusahaan tertentu yang tidak cocok dengan skill dan bahkan masalah penghitungan gaji yang terkadang tidak transparan.

Tapi dengan perkembangan dunia digital, karyawan tidak perlu lagi mengalami banyak hal negatif ini. Penggunaan teknologi membuat akses data dan kebutuhan karyawan lebih praktis. Tapi untuk hal ini, pihak HR perlu bekerja sama dengan bagian IT perusahaan untuk menciptakan sistem yang baik.

 

Baca Juga: 5 Tren Teknologi Yang Mengubah Cara Anda Bekerja

 

Jika Anda adalah pemilik perusahaan yang ingin memaksimalkan sisi HR dan IT dalam perusahaan untuk kualitas pengalaman kerja karyawan, mari bahas bersama caranya berikut ini:

 

Buat Struktur Organisasi Baru untuk Hal Ini

Untuk kebutuhan memadukan HR dan IT, Anda tentu memerlukan tim tersendiri untuk memperhatikan hal ini. Tim ini nantinya akan mendesain sistem dan pengaturan dalam satu tenda untuk diaplikasikan dalam perusahaan.

Agar tim bisa menghasilkan kinerja yang baik, tentu Anda perlu memilih anggota tim yang berpengalaman dalam segi HR dan IT. Selain itu Anda juga bisa mengambil berbagai skill baru dari recruitment khusus hal ini. Nah, tim pengalaman kerja ini nantinya akan berfungsi sendiri dalam manajemen perusahaan sebagai jembatan IT dan HRD.

 

Investasi ke Teknologi dalam Perusahaan

Menurut Gartner, “Pada tahun 2022, 75% organisasi akan memasukkan peningkatan pengalaman karyawan sebagai tujuan kinerja untuk kelompok HR dan IT”.

Ini artinya, HR dan IT kini memiliki prioritas yang semakin besar untuk bekerja bersama untuk memastikan teknologi baru yang tidak hanya mengatasi masalah bisnis yang kompleks, tetapi juga memenuhi harapan orang-orang yang menggunakannya.

Untuk keperluan mewujudkan kerja sama antara HR dan IT, tentu Anda perlu menginvestasikan biaya ke dalamnya. Teknologi yang mendukung kerjas sama ini perlu diutamakan. Hal seperti server, sistem platform data karyawan dan berbagai hal lain, tentu bisa jadi alat – alat yang berguna untuk digunakan. Jika pihak HR dan IT sudah memiliki tool yang diperlukan, mereka cukup fokus membuat sistem yang cocok bagi pengembangan pengalaman kerja karyawan.

 

Baca Juga: Aplikasi HR Berbasis Cloud, Tren Bisnis Masa Ini!

 

Optimasi Single Platform untuk Tingkatkan Pengalaman Karyawan

Dalam perusahaan yang modern, penggunaan satu platform untuk semua kebutuhan karyawan tentu akan menghilangkan kerumitan suatu sistem. Sebagai contoh saja untuk urusan pengiriman email pada karyawan, perusahaan yang telah memiliki kerja sama HR dan IT baik, bisa membuat sistem otomatis untuk urusan ini.

Karyawan tidak perlu lagi harus tahu banyak alamat email individu yang harus dikirimkan soal tertentu dan cukup mengetahu alamat email sistem perusahaan. Contoh untuk informasi izin cuti, karyawan bisa mengirimkan ke alamat email otomatis bagian absen. Respon otomatis dari mesin untuk pendataan absen tentu lebih baik daripada pengecekan email manual oleh HR yang bisa terkubur di bawah email lainnya.

 

Peningkatan koneksi dan kolaborasi melalui Desain Digital Experience

Transformasi pengalaman karyawan bukan hanya tentang mengotomatisasi tugas atau menjawab pertanyaan tentang individu. Namun juga bagaimana mengidentifikasi dan menata kembali momen dalam perjalanan karyawan yang dapat memiliki dampak yang sangat positif maupun negatif pada end-user.

Ada beberapa momen puncak sepanjang perjalanan karyawan di mana HR dan IT dapat bermitra untuk menciptakan pengalaman yang menginspirasi dan menumbuhkan rasa memiliki, seperti pre-boarding dan onboarding, proses adaptasi, peluang berkesinambungan untuk pembelajaran dan feedback sepanjang perjalanan karir karyawan di tempat tersebut.

 

Dengarkan Feedback, Lakutan Test dan Desain Ulang

Setiap iterasi IT dan HR tentu harus mengikuti feedback dari para penggunanya yaitu karyawan. Pastikan analisa feedback yang perusahaan terima, lakukan test untuk konsep baru sesuai feedback tersebut dan desain ulang sistem untuk membuatnya lebih baik.

 

Kolaborasi HR dan IT melalui LinovHR

LinovHR merupakan sebuah platform Human Resource Information System berbasis web yang memudahkan manajemen HR dalam menjalankan proses end-to-end di bidang HR. Mulai dari manajemen pendataan karyawan, manajemen organisasi perusahaan, Manajemen Kehadiran, Payroll, rekrutmen, Performance Appraisal, Employee Self Services, Feedback, Learning and Development dan Succession management.

Coba gratis LinovHR sekarang juga dengan mengisi form di sini, https://www.linovhr.com/#/request-free-trial. Hubungi tim sales kami di 021-28542835 atau email di website@linovhr.com untuk informasi lebih lanjut.