komunikasi pemasaran

Komunikasi Pemasaran: Pengertian, Tujuan & Manfaat untuk Perusahaan

Suatu perusahaan selalu membutuhkan komunikasi pemasaran untuk mengorbitkan produk atau jasa ke masyarakat luas. Daya beli masyarakat,  brand awareness, serta pendapatan perusahaan pun ditentukan melalui hal ini. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran? Apa tujuan dan manfaat bagi perusahaan?

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran merupakan sebuah alat atau media yang digunakan sebuah perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen tentang produk yang sedang dijual baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Terdapat beberapa definisi komunikasi pemasaran menurut para ahli terkemuka, antara lain:

 

  • William G. Nickels

Komunikasi pemasaran adalah proses pertukaran informasi yang dilakukan dengan cara persuasif agar proses komunikasi bisa berjalan secara efektif dan efisien.

 

  • Terence A. Shimp

Komunikasi pemasaran merupakan aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran dan juga menjadi penentu kesuksesannya.

 

  • Soemanagara 

Komunikasi pemasaran adalah bentuk komunikasi yang dibuat untuk memperkuat strategi pemasaran agar meraih segmentasi yang luas.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran adalah strategi atau teknik komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk menyampaikan suatu pesan kepada target sasaran yang dituju melalui media yang berbeda-beda.

 

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Setiap pola komunikasi memiliki tujuan tertentu, begitu pula dengan komunikasi dalam pemasaran. teknik komunikasi ini memiliki beberapa tujuan, yaitu:

 

1. Mendapatkan Koneksi

Dengan melakukan komunikasi melalui berbagai media yang ada seperti media sosial atau media penyebaran informasi lainnya akan mendapatkan koneksi antara perusahaan dengan pelanggan. 

Anda juga bisa bertukar informasi seputar ide bisnis dan membuat perusahaan akan selalu terhubung dengan konsumen. Hal ini juga akan membangun kepercayaan konsumen dan juga mendorong bisnis untuk semakin lebih maju.

 

2. Feedback

Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa meminta kritik dan saran dari konsumen mengenai produk yang dijual. Kritik dan saran bisa Anda lakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, survei, atau form khusus yang disebarkan melalui media sosial atau media lain.

Feedback dari konsumen akan berpengaruh dengan kualitas produk dan juga bisnis yang sedang berjalan. Anda bisa melakukan evaluasi atau memberikan inovasi agar bisnis Anda bisa semakin berkembang.

 

3. Memberikan Edukasi

Media komunikasi yang telah digunakan akan memberikan pengetahuan kepada konsumen Anda melalui produk yang dipasarkan. Contohnya, tata cara suatu produk berbasis situs web merupakan bentuk komunikasi ini memiliki tujuan agar konsumen terbiasa dengan produk Anda.

 

4. Branding Merek Perusahaan

Selain itu jenis komunikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan branding merek perusahaan agar bisa lebih dikenal oleh orang banyak. Dengan branding, Anda dapat meningkatkan layanan serta membentuk citra baik perusahaan.

 

5. Meningkatkan Pelayanan

Jika perusahaan bisa melakukan komunikasi dengan baik akan sangat membantu dalam meningkatkan pelayanan konsumen. Peningkatan layanan bisa dilakukan dengan cara membuat blog yang interaktif, melakukan iklan, dan memberikan cerita tentang kejadian atau asal-usul perusahaan.

 

6. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari komunikasi pemasaran adalah meningkatkan penjualan produk. Semakin banyak produk yang terjual maka perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan. 

Jika Anda bisa melakukan pelayanan yang baik terhadap konsumen, mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, dan memiliki solusi dari setiap permasalahan maka bisnis akan terus berulang dan membuat konsumen puas telah membeli produk Anda.

 

Baca Juga : Apa Saja Tugas Marketing Communication?

 

Manfaat Komunikasi Pemasaran

Teknik komunikasi yang efektif akan meningkatkan penjualan serta memajukan merek perusahaan. Maka dari itu, terdapat manfaat yang didapatkan yaitu:

 

1. Mengembangkan Visi Strategis Perusahaan

Dengan menggunakan teknik komunikasi ini akan membantu perusahaan untuk mengembangkan visi yang strategis berkaitan dengan memanfaatkan peluang pemasaran dan juga perangkat yang dapat membantu perusahaan untuk membuat inovasi terbaru dalam mempromosikan produk.

Hal ini akan membuat perusahaan memiliki ciri khas identitas merek di pasar ataupun masyarakat.

 

2. Membuat Masyarakat Sadar Akan Merek Produk

Secara tidak langsung, komunikasi yang baik dan benar akan membuat masyarakat menjadi sadar akan merek produk perusahaan meskipun banyak produk serupa dari kompetitor. Keunikan dan ciri khas yang dimiliki sebuah merek mampu mendorong masyarakat lebih mudah mengenali produk.

 

3. Menonjolkan Keunggulan Produk Secara Kompetitif

Melalui komunikasi pemasaran, perusahaan bisa melakukan komunikasi yang strategis dan tepat melalui beberapa media pendukung untuk mempromosikan produk yang dijual. 

Perusahaan bisa merancang iklan produk dengan kualitas gambar, video, atau tulisan yang unik. Sehingga, persaingan antar perusahaan bisa dilakukan secara kompetitif.

 

Baca Juga : Strategi Pemasaran Kreatif Agar Keuntungan Makin Ekspansif!

 

4. Memunculkan Niat Baik

Selanjutnya, melakukan teknik komunikasi ini akan menumbuhkan niat baik perusahaan dengan cara mengikuti berbagai kegiatan terkait dengan tanggung jawab sosial untuk kepentingan masyarakat. Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan itikad baik dari konsumen.

 

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Konsumen merupakan unsur terpenting di dalam sebuah bisnis. Maka dari itu, teknik komunikasi yang dilakukan secara tepat akan membentuk hubungan yang baik antara penjualan (perusahaan) dengan konsumen. Sehingga konsumen memiliki kepercayaan terhadap produk dan melakukan pembelian selanjutnya.

 

6. Menarik Investor

Jika komunikasi dilakukan secara tepat, memiliki ciri khas, dan memiliki nilai lebih akan menarik minat investor untuk melakukan investasi di perusahaan. Investor akan merasa puas dengan produk yang diiklankan karena pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

 

7. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Tentu saja jika masyarakat sudah mengetahui produk, menaruh kepercayaan, dan puas terhadap produk akan berdampak pada peningkatan keuntungan perusahaan. Karena keinginan produk di masyarakat akan semakin tinggi dan membuat perusahaan terus melakukan produksi.

 

8. Memunculkan Ide-Ide yang Inovatif

Jika Anda mengerti teknik komunikasi terkait pemasaran, pastinya membuat Anda semakin kreatif dan berinovatif untuk memunculkan ide promosi yang baru dan segar. Dengan mengikuti trend yang sedang terjadi, pastinya perusahaan bisa melakukan promosi produk yang pas.

Demikianlah artikel tentang komunikasi perusahaan berikut dengan tujuan serta yang bisa diterapkan di perusahaan. Namun, tentu saja perusahaan harus menentukan cara strategi pemasaran yang baik agar pesan yang disampaikan bisa diterima oleh masyarakat. 

Dengan membentuk strategi komunikasi pemasaran yang efektif, penjualan juga akan meningkat dan berpengaruh pada keuntungan perusahaan. Semoga penjelasan artikel ini dapat membantu Anda!