Marketing Communication adalah

Apa tugas Marketing Communication di dalam suatu perusahaan?

Marcom atau Marketing Communication adalah salah satu profesi pekerjaan yang dianggap bisa sangat vital untuk perkembangan perusahaan. Ini karena gambaran pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang marcom erat kaitannya dengan income perusahaan. Tidak heran bila marcom sering dianggap pekerjaan bergengsi bagi beberapa orang.

Nah bagi Anda yang baru saja masuk ke dalam dunia kerja, mencari tahu apa tugas marketing communication dalam suatu perusahaan adalah hal yang sangat diharuskan. Apalagi bila Anda memang mengincar posisi tersebut. Jangan sampai Anda hanya tertarik karena perannya yang cukup bergengsi dan berpengaruh untuk perusahaan, tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Hal tersebut malah bisa memberikan dampak negatif pada perusahaan.

Lantas, apa sih tugas seorang Marketing Communication?

 

1. Marketing Communication harus pandai dalam melakukan promosi

Seorang  Marketing  Communication adalah mereka yang harus pandai dalam proses promosi suatu produk perusahaan. Ini merupakan aktivitas penjualan produk dan sifatnya bisa jangka panjang atau pendek tergantung pada kebutuhan perusahaan serta strategi yang sudah dibuat.

Proses promosi produk perusahaan tak dapat dilakukan oleh sembarangan orang. Seorang marcom biasanya memiliki skill persentasi yang tinggi sehingga promosi yang dilakukan diharapkan bisa memberikan efek positif untuk perusahaan.

 

2. Mengiklankan produk

Ini sama halnya seperti promosi namun bedanya adalah dalam bentuk representasi pada produknya yang tidak diiklankan secara langsung, melainkan menggunakan media yang ada, seperti social media facebook, instagram dan yang lainnya

Seorang Marketing Communication harus mampu mengiklankan produk suatu perusahaan dengan baik,  bisa menggunakan dengan pendekatan soft selling maupun hard selling.

 

3. Memasarkan produk secara langsung

Selain mengiklankan produk seorang marketing communication juga harus mempunyai database email para pelanggan. Bagaimanapun database akan sangat penting untuk melaksanakan strategi marketing dan menjalankan tugas sebagai seorang marcom. Anda bisa melakukan pemasaran secara langsung lewat database yang ada, seperti email atau menelepon secara langsung untuk menawarkan produk perusahaan.

 

4. Bernegosiasi secara langsung

Seorang marketing communication adalah orang yang harus bisa melakukan proses negosiasi secara langsung alias tatap muka dengan para pembeli. Saat negosiasi, jangan sampai Anda malah kebingungan apa yang harus dilakukan. Inilah kenapa banyak perusahaan yang selalu memberikan pelatihan sebelum karyawan baru turun ke lapangan agar bisa membiasakan diri saat akan bernegosiasi secara langsung.

Saat bernegosiasi secara langsung seorang marketing communication (marcom ) harus mampu menjelaskan segala keunggulan produk perusahaan dari kompetitor dan meyakinkan calon konsumen untuk menggunakan produk yang di pasarkan, Disinilah skill komunikasi marcom di uji secara langsung.

 

Baca Juga : Perbedaan  Sales, Marketing & Account Executive

 

5. Berhubungan dengan baik dan tidak memutus hubungan dengan pihak lain

Marketing Communication harus bisa dekat dengan masyarakat atau pun instansi tertentu. Jangan sampai hubungan yang pernah terjalin dengan baik malah putus karena sudah tidak bekerja sama kembali. Bagaimana pun nantinya Anda akan membutuhkan pihak lain untuk proses promosi produk Anda sehingga hubungan yang baik akan sangat membantu sekali.

Itulah beberapa tugas marketing communication dalam suatu perusahaan. Pekerjaan yang dianggap vital ini tidak akan terlalu menyeramkan bila Anda sudah memiliki skill kemampuan persentasi yang baik.

Bagaimana tertarik menjadi marketing communication ?