kuliah s2

Apakah Karyawan Perlu Kuliah S2? Simak Pembahasan Ini!

Salah satu hal yang paling sering dipikirkan setelah menyelesaikan pendidikan S1 adalah memilih antara bekerja dengan melanjutkan studi ke jenjang Magister atau kuliah S2.  Kedua pilihan ini memang menjadi salah satu pilihan yang cukup sulit bagi sebagian besar orang. Nyatanya, ada banyak manfaat yang akan didapatkan jika Anda memilih untuk melanjutkan kuliah S2 sehabis menyelesaikan pendidikan sarjana sebelum mulai bekerja.

Anda juga dapat memilih untuk bekerja sambil melanjutkan studi S2 sekaligus.  Jika Anda mengincar kesempatan di dalam mencapai jenjang karir yang lebih tinggi, maka Anda perlu untuk melanjutkan studi hingga ke jenjang Magister. Ada banyak perusahaan yang juga memberikan program beasiswa kepada para pegawai yang bekerja untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan kinerja pegawai di perusahaan tersebut. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat serta alasan mengapa Anda perlu menempuh kuliah S2 untuk karir yang lebih cemerlang.

 

Alasan Menempuh Kuliah S2 Untuk Karir

Ada beberapa  alasan mengapa anda perlu menempuh kuliah S2  untuk melanjutkan ke jenjang karir yang lebih tinggi di dunia kerja. Alasan tersebut adalah :

 

Sudut Pandang Lebih Luas tentang Permasalahan

Alasan pertama yang membedakan antara lulusan S2 dan seorang lulusan S1 atau diploma adalah bagaimana cara pandang terhadap suatu permasalahan atau tantangan yang terjadi. Umumnya, seorang lulusan S2 memiliki pola pikir serta cara pandang yang jauh lebih luas, lebih kedepan, dan lebih mendalam tentang suatu permasalahan yang dihadapi.

Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi kinerja serta menjadi satu poin penting bagi perusahaan tempat pegawai tersebut bekerja. Karena, perkembangan suatu perusahaan tentu saja sangat dipengaruhi oleh bagaimana kinerja pegawainya serta cara pandang mereka terhadap menyikapi sebuah masalah di dalamnya. Umumnya seorang lulusan program Magister atau S2 mendapatkan harapan yang lebih tinggi dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam suatu perusahaan.

 

Memiliki Relasi yang Lebih Luas

Tidak dapat kita pungkiri jika sebuah jalinan hubungan yang jauh lebih luas merupakan salah satu manfaat  yang akan didapatkan dari S2 serta akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan karir Anda di dalam perusahaan. Ketika Anda belajar di tingkat Magister, tentu Anda memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk bertemu dengan para mahasiswa serta dosen yang memiliki bidang pekerjaan yang sama atau mirip dengan anda.

 

Baca Juga: 8 Cara Membangun Networking di Dunia Kerja

 

Inilah yang menjadi salah satu hal yang menjadi alasan mengapa melanjutkan pendidikan S2 penting. Karena bukan hal yang mustahil bila Anda akan mendapatkan peluang kerja yang jauh lebih tinggi dan relasi yang membantu anda dari lingkungan pendidikan S2.

 

Manfaat Kuliah S2 dari Beasiswa Perusahaan

Apakah anda tahu mengenai beasiswa perusahaan? Beasiswa perusahaan merupakan salah satu jenis bantuan yang diberikan oleh sebuah instansi maupun satu badan usaha yang bertujuan untuk membantu pihak yang menginginkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke bidang yang lebih tinggi.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis beasiswa perusahaan yang sangat populer. Sebut saja beasiswa Djarum, beasiswa Sampoerna, dan masih banyak lagi. Beasiswa yang ditawarkan juga bervariasi.  Mulai dari biaya selama setahun masa kuliah, biaya full selama melanjutkan pendidikan, bahkan hingga memberikan tunjangan kepada para calon mahasiswa.  Di bawah ini adalah alasan  mengapa perusahaan memberikan program beasiswa S2, antara lain : 

 

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

idak semua karyawan yang bertalenta mampu membiayai pendidikan lanjutan. Beasiswa yang diberikan perusahaan atau instansi tertentu umumnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) karena mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.  Dengan begitu, harapannya karyawan tersebut dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan dan membawa pengaruh positif bagi rekannya yang lain. 

 

Baca Juga:   7 Manfaat Learning by Doing Selama Bekerja

 

Menjaring talenta terbaik sejak dini

Kriteria karyawan untuk menerima beasiswa tidaklah mudah. Karyawan harus memperoleh prestasi dan IPK tinggi selama menempuh kuliah S1. Dengan memberikan beasiswa kepada karyawannya, perusahaan secara tidak langsung akan menarik kandidat unggul lain yang berada di luar perusahaan untuk bergabung dengan perusahaan. Sehingga perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor untuk mendapatkan kandidat terbaik. 

 

Media Promosi dan Branding

Perusahaan yang memberikan beasiswa dinilai bertanggung jawab dan mempunyai budaya kerja yang baik. Dengan begitu, pandangan masyarakat secara umum kepada perusahaan juga semakin baik. Maka perusahaan turut meningkatkan promosi dan branding selain menggunakan periklanan dengan cara biasa. Masyarakat pun akan semakin tertarik menggunakan produk dari perusahaan. 

 

Mengawasi Progress Beasiswa Perusahaan

Apabila Anda tertarik dengan program beasiswa yang ditawarkan oleh salah satu pihak perusahaan, ada baiknya untuk selalu mengawasi progress beasiswa tersebut. Jika diartikan secara harfiah, progress merupakan suatu tatanan atau proses di dalam suatu kondisi. Jadi dapat disimpulkan bila progress beasiswa sendiri merupakan tahapan perjalanan dari beasiswa itu sendiri. 

Sangat penting untuk tetap mengawasi dan memantau proses penerimaan beasiswa mulai dari awal hingga masa pendidikan selesai. Gunanya adalah untuk tetap mengerti serta paham mengenai apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan beasiswa dari suatu perusahaan. Untuk itu, diperlukan kerjasama yang baik antara pihak perusahaan sebagai pemberi beasiswa dan juga para penerima bantuan beasiswa.

Biasanya beasiswa yang diberikan perusahaan memiliki sistem ikatan dinas. Maksudnya, karyawan yang mendapatkan beasiswa kuliah S2 dari perusahaan harus bekerja di perusahaan selama waktu yang telah ditentukan. Agar lebih mudah memantau bagaimana progres ikatan dinas kuliah S2 berlangsung, perusahaan dan HRD dapat memanfaatkan modul Learning and Development dari LinovHR.

Dengan begitu HRD dapat memantau perkembangan karyawan lebih efektif dan efisien. Hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut melalui tautan berikut ini linovhr.com/contact-us/