Kenali 3 Tipe Kepribadian Karyawan: Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

tipe kepribadian
Isi Artikel

Kepribadian di setiap manusia ini menggambarkan watak, perilaku, maupun karakter dari setiap manusia yang ada. Karena kepribadian manusia yang berbeda-beda, maka secara otomatis ketiga aspek di atas juga akan berbeda pada setiap manusia.

Para ahli mengelompokkan kepribadian manusia menjadi beberapa tipe atau jenis. Namun, dalam pembahasan kali ini, LinovHR akan membahas mengenai 3 tipe kepribadian yang sudah sangat familiar dan banyak digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang.

 

Perbedaan 3 Tipe Kepribadian Introvert, Extrovert, Ambivert

Setiap kepribadian memiliki ciri khasnya masing-masing. Kepribadian ini nantinya akan menentukan bagaimana Anda berinteraksi dan juga bereaksi terhadap hal-hal yang ada di lingkungan sekitar Anda.

berikut penjelasan mengenai ketiga tipe kepribadian tersebut.

 

1. Introvert

Kepribadian satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang, termasuk Anda.

Introvert merupakan tipe kepribadian yang lebih condong ke arah diri sendiri. Seringkali orang menganggap orang yang memiliki kepribadian ini penyendiri, angkuh, dan dingin.

Padahal nyatanya, orang dengan tipe kepribadian ini lebih berfokus pada perasaan internal yang mereka miliki.

Meski begitu, tidak sedikit introvert yang suka bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Namun, tidak sedikit juga introvert yang lebih memilih untuk tertutup secara sosial dan lebih suka menyendiri di rumahnya masing-masing.

Perlu dicatat bahwa, introvert tidak sama dengan orang-orang yang memiliki kecemasan dan rasa malu berlebih. Seorang introvert tidak berarti menjadi pribadi yang memiliki rasa cemas dan malu pada saat di lingkungan sosial.

 

Baca Juga: Ciri Khas Tipe Kepribadian INFP

 

2. Ekstrovert

Kepribadian ekstrovert adalah kebalikan dari kepribadian introvert. Kepribadian ekstrovert dikenal sebagai pribadi yang ramah, aktif, dan senang bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Orang-orang dengan kepribadian ini cenderung senang untuk mencari pengalaman yang baru dan bersosialisasi dengan orang sebanyak mungkin. Tak heran, jika kepribadian ini sering disebut sebagai social butterfly.

Pribadi ekstrovert cenderung mudah dalam menjalin hubungan dengan orang-orang baru, dan memiliki jaringan atau koneksi yang luas.

Keterbalikan dari introvert, pribadi ekstrovert akan merasa tidak betah dan bosan, jika hanya menghabiskan waktu sendirian saja.

 

3. Ambivert

Mungkin sebagian orang ada yang sudah familiar dan mengetahui dengan tipe kepribadian yang ketiga ini, namun banyak pula yang hanya mengetahui 2 tipe kepribadian yang sudah dijelaskan di atas.

Pada dasarnya tipe kepribadian yang ketiga ini mengadopsi tipe kepribadian introvert dan ekstrovert.

Kepribadian ambivert tidak condong ke salah satu kepribadian di atas, melainkan berada di tengah-tengah. Orang-orang dengan kepribadian ini berinteraksi dan bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan situasi yang ada.

Ambivert dapat mudah bergaul dan berinteraksi dengan orang-orang yang baru, namun di satu sisi, mereka juga tidak merasa keberatan dan bisa menikmati waktu sendiri yang mereka miliki.

Karena percampuran kedua tipe kepribadian tersebutlah, maka kepribadian satu ini dinamakan ambivert.

 

Baca Juga: 7 Hal yang Hanya Dilakukan Karyawan dengan Kepribadian Ambivert

 

Jenis Pekerjaan yang Tepat untuk Karyawan Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert

Setelah Anda memahami dan mengetahui definisi dari ketiga tipe kepribadian di atas. Maka berdasarkan kepribadian tersebut, ada beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk jenis kepribadian tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaannya.

 

Introvert

Seperti yang sudah Anda ketahui, seorang introvert cenderung lebih senang melakukan hal yang berorientasi pada dirinya dan tidak banyak berinteraksi dengan orang-orang.

Mereka juga cenderung membutuhkan lingkungan kerja yang nyaman dan tenang, agar bisa fokus dan meningkatkan produktivitas yang mereka miliki.

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk para introvert:

  1. Programer
  2. Content Writer
  3. Fotografer
  4. Desaing Grafis
  5. Personal Chef

 

Ekstrovert

Seorang ekstrovert senang dengan pengalaman baru dan menantang. Selain itu, mereka juga suka untuk membangun relasi dan hubungan dengan orang-orang yang baru.

Berikut ini beberapa pekerjaan yang cocok untuk seorang ekstrovert:

 

  1. Sales
  2. Perawat
  3. Mediator
  4. Content Creator
  5. Humas

 

Baca Juga: Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Introvert dan Ekstrovert

 

Ambivert

Orang dengan kepribadian ambivert umumnya mengadopsi sifat yang ada pada kepribadian introvert dan ekstrovert. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang cocok dengan kepribadian ambivert:

 

1. Guru

guru
guru

Seorang guru pastinya perlu untuk berdiri dan berinteraksi dengan murid-muridnya di depan kelas. Hal ini tentunya sangat cocok bagi seorang ambivert yang juga senang dalam berinteraksi dengan banyak orang.

Di sisi lain, seorang guru juga harus mengerjakan pekerjaannya secara mandiri, seperti menyiapkan materi pembelajaran, memberikan penilaian terhadap tugas-tugas murid, dan lain sebagainya.

Kedua sisi tersebut pastinya sangat cocok dan dimiliki oleh orang-orang dengan kepribadian ambivert ini. Sehingga, guru merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk dilakukan.

 

2. Aktor/Aktris

Menjadi aktor/aktris mengharuskan Anda untuk tetap berinteraksi dengan para pemain maupun kru yang bertugas di lapangan.

Di sisi yang lain, Anda juga perlu menyelesaikan tugas tersebut secara mandiri, seperti membaca naskah ataupun melakukan improvisasi adegan saat shooting.

Kombinasi kepribadian di atas, tentunya sangat relevan dan cocok dengan orang-orang ambivert.

 

3. Human Resource

Jenis pekerjaan terakhir yang cocok dengan ambivert yaitu menjadi seorang HR di perusahaan.

Seorang HR harus memiliki kemampuan sosialisasi yang baik, sebab pekerjaan mereka berhubungan dengan orang-orang yang ada di sebuah perusahaan.

Selain itu, seorang HR juga harus mampu bekerja secara mandiri, seperti saat melakukan wawancara perekrutan, menyelesaikan masalah pada karyawan, maupun dalam membuat kebijakan bagi para karyawan yang ada.

 

Demikian pembahasan mengenai 3 tipe kepribadian yang banyak ditemukan pada kehidupan masyarakat, mulai dari introvert, ekstrovert, hingga ambivert.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat memahami kepribadian yang Anda miliki, serta pekerjaan apa yang cocok untuk kepribadian tersebut. 

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter