Tantangan

9 Tantangan yang Umum Dihadapi Tim HR

Tantangan sangat umum dihadapi oleh semua perusahaan. Tiap perusahaan mengalaminya  cukup beragam dan berbeda tergantung sektor bisnisnya.  Di sisi lain, tim HR harus meningkatkan wawasan agar dapat mengantisipasi tantangan tersebut. Alih-alih menggapnya sebagai hambatan, ada baiknya perusahaan menganggap beberapa hal tersebut sebagai tantangan justru akan memperkuat perusahaan. Apa saja tantangan yang umum dihadapi oleh tim HR dan perusahaan? 

 

Hukum dan Peraturan

Patuh kepada undang-undang ketenagakerjaan adalah kewajiban bagi semua perusahaan.  Pelanggaran terhadap hukum akan meruntuhkan image perusahaan di depan masyarakat. Belum lagi sanksi yang akan menimpa dari lembaga terkait. Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis, penting untuk memastikan perusahaan mematuhi undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku.

 

Perubahan Manajemen

Ketika bisnis mulai bertumbuh, strategi, struktur, dan proses internal tumbuh bersamanya. Beberapa karyawan mengalami kesulitan mengatasi perubahan ini. Banyak perusahaan mengalami penurunan produktivitas akibat hal ini. Pemilik perusahaan bersama HR harus fokus pada mengkomunikasikan manfaat perubahan untuk semua orang.

 

Keanekaragaman Tempat Kerja

Perbedaan generasi dan budaya di tempat kerja adalah hal yang harus dihormati dan dijunjung tinggi. Menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang harmonis berperan dalam menjaga lingkungan kerja tetap positif dan produktif. 

 

Pengembangan kepemimpinan

Pengembangan kepemimpinan sangat penting untuk membuat karyawan termotivasi dan mempersiapkan mereka untuk mengambil tanggung jawab lebih di masa depan. Jadikanlah kepemimpinan sebagai bagian dari budaya dan peluang untuk  menggunakan kekuatan mereka setiap hari. Sifat kepemimpinan yang berkembang akan memicu keterampilan lain yang menunjang kinerja ikut berkembang. 

 

Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja

Berinvestasi dalam pelatihan dan pengembangan karyawan adalah hal yang baik untuk operasional perusahaan karena mempengaruhi kinerja karyawan. Sayangnya, beberapa perusahaan mengalami kesulitan dalam merencanakan pelatihan dan pemgembangan tersebut terutama dalam masa pandemi COVID-19. Tim HR bisa melakukan pengembangan dan pelatihan karyawan sambil melakukan physical distancing dengan mengadakan pelatihan secara online.  Perusahaan pun akan memiliki tim yang terampil dan produktif.

 

Beradaptasi dengan Tekonologi

Teknologi terus berubah. Bisnis harus cepat beradaptasi, atau berisiko ditinggalkan oleh pesaing mereka. Tantangan bagi pemilik usaha kecil adalah membuat karyawan merangkul inovasi dan mempelajari teknologi baru. Komunikasi sangat penting. Dengan perubahan apapun, pastikan tim memahami mengapa, kapan, dan bagaimana perubahan tersebut berlangsung. Ada banyak sekali hasil dari teknologi yang dapat diterapkan. Perusahaan dapat menggunakan sistem payroll yang akurat dan terotomatisasi dalam perhitungan gaji karyawan. Penggajian bulanan menjadi hal yang mudah dan tak lagi merepotkan karena perusahaan mampu beradaptasi dengan teknologi.  

 

Merekrut Karyawan Berbakat

Merekrut karyawan adalah investasi besar waktu dan uang. Mencari staf dengan perpaduan skill, kepribadian, dan motivasi yang benar adalah sesuatu hal yang sulit, bahkan ketika calon yang tersedia relatif banyak. Sangat penting bagi proses rekrutmen untuk dikelola secara terpusat dan efektif.

 

Mempertahankan Karyawan Berbakat

Persaingan antar perusahaan dalam mendapatkan karyawan berbakat sangat ketat. Hal ini disebabkan adanya anggapan bahwa karyawan berbakat mempunyai kinerja jauh lebih baik.Karyawan adalah komponen terpenting setiap perusahaan, dengan memberikan skill dan pengalaman agar tepat pada performa terbaiknya. Bisnis anda juga telah berinvestasi pada waktu dan uang yang sangat besar agar memastikan produktivitas tepat maksimal.  Pergantian karyawan mahal dan dapat berdampak negatif terhadap pertumbuhan bisnis.

 

Baca Juga : Kelola Absensi Karyawan dengan LinovHR

 

Jam Kehadiran

Jam kehadiran karyawan atau absensi merupakan hal penting lainnya yang patut diperhatikan perusahaan bersama tim HR. Masalah yang sering terjadi umumnya adalah jam kehadiran karyawan yang tidak tepat waktu. Belum lagi metode absensi manual yang menyulitkan tim HR dalam mengelola jam kehadiran bulanan karyawan. Untuk mengatasinya, perusahaan bisa beralih kepada aplikasi absensi unggulan. User interface yang mudah dipahami akan memudahkan karyawan dalam melakukan absensi mandiri melalui ponsel pintar secara real time saat itu juga. Keamanan data dan keakuratan data pun tak perlu diragukan sehingga mempermudah kinerja tim HR. 

Dengan uraian singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa tim HR memiliki tanggung jawab yang besar untuk menghadapi tantangan yang ada dan terus memantau serta mempelajari lingkungan bisnis perusahaan dari segi aspek perkembangan bisnis hingga regulasi pemerintah mengenai hukum ketenagakerjaan. Perusahaan akan sangat terbantu oleh tim HR yang handal, sigap, dan berkualitas. Semua itu demi tercapainya kebijakan yang menguntungkan perusahaan dan karyawan. Tantangan yang dihadapi pun bukanlah hal yang menyulitkan lagi.