Cara Membuat Laporan Bulanan yang Efektif

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Laporan bulanan perlu dibuat oleh perusahaan secara rutin. Laporan ini dapat berfungsi untuk memberikan wawasan tentang situasi yang terjadi pada perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Pembuatan laporan ini sendiri dinilai dapat memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih bijaksana serta untuk melakukan identifikasi terhadap suatu masalah yang bisa diperbaiki.

Pada artikel LinovHR kali ini, kami akan membantu Anda untuk membicarakan mengenai contoh laporan bulanan hingga cara membuatnya secara efektif.

Untuk mengetahuinya simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Laporan Bulanan 

Laporan bulanan adalah sebuah dokumen yang berisi ringkasan dari aktivitas bisnis yang perusahaan lakukan pada periode tertentu. 

Pada laporan ini sendiri, nantinya akan memberikan Anda gambaran umum tentang beberapa statistik utama yang ada di dalam bisnis, seperti informasi tentang posisi keuangan perusahaan dan tinjauan kinerja bisnis perusahaan secara keseluruhan.

Selain itu, laporan bulanan juga bisa dibuat untuk menilai kinerja divisi-divisi dalam perusahaan dan setiap karyawan di dalamnya.

Laporan kerja tidak selalu dibuat dalam rentang waktu setiap bulan. Ada beberapa perusahaan yang membuat laporan setiap seminggu sekali, sebulan sekali, hingga setahun sekali.

 

Baca Juga: Laporan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Ciri-ciri

 

Kegunaan Laporan Bulanan

Pembuatan laporan bulanan tentu akan menghadirkan banyak kegunaan terhadap perusahaan.

Tak hanya berguna sebagai dokumen yang menggambarkan kegiatan bisnis perusahaan Anda, pembuatan laporan ini juga memiliki beberapa kegunaan lainnya terhadap, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Membantu Perusahaan dalam Menjalankan Bisnis

Dalam menjalani sebuah bisnis, tentu perusahaan akan mengalami perkembangan dengan cara yang berbeda di setiap bulannya.

Dengan membuat laporan bulanan, maka perusahaan akan terbantu dalam menjalani bisnis yang lebih terorganisir dan fokus. Tak hanya itu, laporan bulanan juga dapat mempermudah perusahaan untuk mengetahui segala aktivitas yang terjadi di dalam bisnis.

 

2. Membantu Melacak Kinerja Bisnis Perusahaan

Pembuatan contoh laporan bulanan juga dapat membantu perusahaan Anda dalam melacak kinerja bisnis dari waktu ke waktu.

Hal ini dapat terjadi karena laporan ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja bisnis perusahaan dari bulan ke bulan. 

Selain itu, laporan ini juga dapat membantu perusahaan untuk melihat hal-hal apa saja yang perlu dilakukan atau untuk melihat hal yang telah dicapai. 

 

3. Membantu Memprioritaskan Tugas Anda

Kegunaan selanjutnya dari pembuatan laporan bulanan adalah dapat membantu Anda untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas.

Dengan demikian, setiap aktivitas di perusahaan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

 

4. Membantu Mengetahui Kinerja Karyawan

Laporan kerja bulanan juga biasa dibuat untuk menilai pencapaian kinerja divisi dan karyawan yang terlibat di dalamnya setiap bulan.

Melalui laporan ini, perusahaan bisa mengetahui sudah sejauh apa kontribusi karyawan terhadap perusahaan.

 

Baca Juga: Pantau Performa dengan Aplikasi Laporan Kerja Harian

 

Isi Laporan Bulanan 

Sebelum mengetahui cara membuat laporan bulanan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai isi apa saja yang akan tercantum di dalam laporan tersebut.

Berikut adalah penjelasannya. 

 

Halaman Cover

Pembuatan laporan bulanan biasanya akan diawali dengan cover atau sampul.

Dalam halaman cover sendiri, Anda harus menyertakan beberapa elemen seperti logo perusahaan, tanggal/bulan/tahun, judul laporan, dan siapa yang membuatnya. 

 

Daftar Isi

Selanjutnya adalah daftar isi yang akan menunjukkan kepada pembaca di mana letak berbagai bagian pada laporan tersebut.

Akan lebih baik lagi jika Anda menulisnya di halaman terpisah dan menyertakan judul serta nomor halaman di setiap bagian. 

 

Tujuan

Dalam bagian ini, Anda bisa menjelaskan tujuan Anda dalam membuat laporan tersebut. Hal ini akan membantu para pembaca untuk mendapatkan gambaran secara rinci mengenai isi yang akan Anda jelaskan nanti. 

 

Status Proyek

Pada status proyek, Anda bisa menjelaskan secara singkat mengenai status proyek yang telah dilakukan. Dalam hal ini, Anda bisa menjelaskan apa saja yang sudah dicapai dan apa saja yang belum tercapai. 

Pada bagian ini, Anda juga bisa memasukkan tugas yang diberikan, jam kerja yang dihabiskan, tenggat waktu proyek, dan informasi terkait proyek lainnya.

 

Metrik/KPI

Metrik/KPI merupakan alat yang paling penting dalam melakukan evaluasi terhadap efektivitas upaya yang ada di dalam tim Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengaitkan metrik dengan tujuan dan strategi bisnis perusahaan. 

 

Rencana untuk Bulan Selanjutnya

Membuat perencanaan untuk bulan selanjutnya merupakan salah satu tujuan utama dari penulisan laporan bulanan. 

Pada bagian ini, Anda dapat memberikan informasi tentang apa yang ingin dicapai pada bulan selanjutnya. 

 

Anggota Tim

Pada halaman terakhir, Anda bisa mencantumkan anggota tim dan memberikan gambaran secara jelas tentang tanggung jawab yang mereka miliki dalam di dalam bisnis. 

 

Baca Juga: Laporan Pertanggungjawaban (LPJ): Pengertian, Prinsip, dan Format Penyusunannya

 

Cara Membuat Laporan Bulanan yang Efektif 

Untuk membantu Anda dalam membuat laporan bulanan, maka berikut adalah beberapa cara membuat laporan bulanan secara efektif yang dapat Anda ketahui.

 

1. Memerhatikan Isi Laporan

Dalam bagian ini, Anda harus memerhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan laporan bulanan yang akan Anda buat nantinya, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Melakukan identifikasi terhadap tujuan bisnis perusahaan Anda
  • Memberikan pemahaman terkait tujuan bisnis tersebut kepada seluruh karyawan dalam tim
  • Mengumpulkan data dan informasi dari contoh laporan kerja bulanan sebelumnya
  • Melakukan analisis terhadap data yang sudah terkumpul 
  • Mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi terhadap masalah tersebut.

Selain itu, untuk membuat laporan bulanan, Anda juga perlu menyesuaikan isinya dengan peruntukannya. Sebagai contoh, jika ingin membuat laporan kerja bulanan karyawan, maka Anda perlu menilai ketepatan dan kesesuaian pekerjaan karyawan di bulan yang bersangkutan.

Sementara itu, jika ingin membuat laporan keuangan bulanan, Anda perlu melihat pendapatan dan pengeluaran perusahaan untuk bisa melihat efektivitas keuangannya.

 

2. Membuat Laporan

Setelah melakukan cara-cara pada poin pertama, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat laporan. 

Dalam cara membuat laporan bulanan sendiri, Anda bisa memerhatikan apa saja isi yang harus tercantum di dalam laporan bulanan seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Agar dapat memberikan Anda gambaran yang lebih detail lagi dalam melakukan cara ini, maka berikut adalah tahapan-tahapan yang dapat Anda ikuti. 

  • Memulainya dengan membuat template laporan bulanan
  • Membuat halaman cover yang menarik
  • Menggunakan visualisasi data
  • Mempertimbangkan branding bisnis
  • Melibatkan tim Anda dalam pembuatannya
  • Membagikan laporan bulanan Anda kepada tim
  • Mempresentasikan hasil laporan bulanan untuk kebutuhan diskusi

 

Contoh Laporan Bulanan

Berikut ini adalah beberapa contoh laporan bulanan untuk memudahkan Anda dalam membuatnya. Contoh laporan kerja bulanan di bawah ini terbagi menjadi beberapa aspek tertentu.

 

1. Laporan Kehadiran Karyawan

Laporan Kehadiran Karyawan
Laporan Kehadiran Karyawan Sumber: lenvica.com

 

2. Laporan Bisnis Perusahaan

Laporan Bisnis Perusahaan
Laporan Bisnis Perusahaan. Sumber: https://help.gettimely.com

 

3. Laporan Payroll Karyawan

Laporan Payroll Karyawan
Laporan Payroll Karyawan. Sumber: https://ru.venngage.com

 

Nilai Kinerja Bulanan Bisnis Secara Mudah dengan Software HRIS LinovHR 

Software HRIS

Salah satu manfaat dan kegunaan dari pembuatan laporan bulanan adalah perusahaan dapat mengetahui tingkat kinerja bisnis secara keseluruhan. Hal ini sendiri dapat membantu perusahaan dalam menjalani bisnis dan dalam mengambil sebuah keputusan. 

Agar perusahaan Anda dapat melakukan penilaian terhadap kinerja bisnis secara mudah, Anda dapat menggunakan bantuan dari Software HRIS LinovHR.

Software HRIS LinovHR merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat memberikan perusahaan Anda kemudahan dalam melakukan analisa secara keseluruhan terhadap kinerja bisnis secara terukur.

Di dalam Software HRIS LinovHR sendiri, sudah terdiri dari berbagai macam modul dan fitur menarik yang dapat memberikan banyak kemudahan kepada perusahaan Anda, beberapa di antaranya seperti modul Payroll, Reimbursement, Loan, hingga Performance Management.

Melalui modul-modul tersebut, Anda dapat membuat laporan bulanan bisnis Anda secara mudah.

Mulai dari pembuatan laporan kinerja perusahaan, laporan pinjaman, laporan reimbursement, laporan payroll, laporan absensi, hingga laporan KPI bulanan karyawan. Anda dapat membuat semua laporan tersebut secara cepat, tepat, dan mudah hanya melalui satu sistem terpusat, yaitu Software HRIS LinovHR.

Kini, Anda bisa membuat laporan bulanan perusahaan secara efektif dan efisien bersama Software HRIS LinovHR.

Segera gunakan Software HRIS LinovHR sekarang juga untuk membuat laporan dengan anti repot dan anti ribet!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter