laporan penilain kinerja karyawan

Manajemen Laporan Penilaian Kinerja Karyawan dengan LinovHR

Saat menyusun laporan penilaian kinerja karyawan, masih banyak perusahaan yang melakukannya dengan cara manual sehingga memunculkan kesulitan dalam memberikan penilaian karyawan.

Karena penilaian tidak dilakukan secara optimal, hasil yang keluar pun tidak sesuai dengan kinerja yang sudah dilakukan karyawan. Hal tersebut bisa mengakibatkan penurunan kinerja karyawan yang berdampak pada perusahaan.

 

Baca Juga : Berbagai Indikator dalam Penilaian Kinerja Karyawan

 

Laporan penilaian kinerja karyawan adalah hasil dari proses penilaian terhadap kinerja karyawan dalam satu bulan atau periode kerja secara terukur.  Laporan ini akan menampilkan hasil kinerja masing-masing karyawan. Jadi Anda akan mengetahui apakah karyawan dapat meningkatkan performa kerjanya atau justru terjadi penurunan.

Dari laporan ini, perusahaan akan mengetahui secara menyeluruh terhadap masing-masing kinerja karyawannya dan memudahkan dalam menentukan tindakan selanjutnya.

 

Software HRD dari LinovHR mampu melakukan penilaian kinerja secara otomatis dan hasil yang akurat melalui modul performance management. Untuk info lebih lengkap, klik tautan berikut ini! 

 

Kendala dalam Menyusun Laporan Penilaian Kinerja Karyawan

Menyusun laporan penilaian kinerja karyawan tentu saja tidak bisa dibuat asal-asalan dan harus berdasarkan data yang valid.

Lalu apa saja kendala dalam menyusun laporan penilaian kinerja karyawan?

 

1. Nilai yang Dihasilkan Tidak Sesuai

Saat melakukan penilaian pastinya akan disesuaikan dari beberapa data. Namun, data-data yang menjadi penentu penilaian seperti kehadiran, ketepatan waktu, jumlah waktu kerja yang digunakan dan sebagainya tidak terisi secara lengkap. Hal ini yang menyebabkan nilai yang dihasilkan tidak sesuai.

 

2. Penyusunan Berjalan Rumit

Perkembangan zaman yang sudah semakin maju ini seharusnya setiap proses kerja bisa dilakukan dengan memanfaatkan bantuan teknologi. Tetapi masih banyak perusahaan melakukan penilaian kinerja karyawan secara manual.

Tentu saja dengan pengerjaan secara manual akan menyulitkan tim hr dan memperlambat proses pekerjaan. Selain itu, proses penilaian secara manual akan memungkinkan terjadinya human error yang akan berdampak pada hasil penilaian yang salah.

 

3. Subjektif

Pada dasarnya, penilaian kinerja harus bersifat objektif tanpa memihak pihak manapun. Namun padanya kenyataannya masih saja ada penilaian kinerja yang bersifat subjektif. Penilaian dengan cara tersebut tentu tidak boleh dilakukan.

 

KPI

Akibatnya penilaian justru tidak berimbang dan tidak mendapatkan hasil yang valid karena keberpihakkan kepada salah satu sisi. 

 

Pengelolaan Penilaian Kinerja Karyawan dengan LinovHR

Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa penilaian kinerja karyawan merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dilakukan dengan baik. Agar proses penilaian kinerja bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan menampilkan hasil yang terukur, HRD bisa memanfaatkan fitur Result dan Report dari Modul Performance Management LinovHR!

Dengan menggunakan modul performance management dalam Software HRIS LinovHR, Seluruh proses manajemen kinerja karyawan mulai dari penentuan target kerja, penilaian kinerja karyawan hingga pembuatan laporan laporan kinerja karyawan akan dapat dilakukan dengan cepat, tepat serta akurat

 

Baca Juga : 5 Proses Penilaian Kinerja Karyawan

 

Fitur Performance Management dalam Software HRIS LinovHR antara lain:

  • Goals & KPI: Untuk menentukan goals perusahaan dan KPI (Key Performance Indicator) Setiap karyawan
  • Performance Review: Untuk memudahkan HR melakukan penilaian kinerja karyawan
  • Balanced Scorecard: Fitur Balanced Scorecard dapat digunakan manajemen untuk mengetahui sejauh mana pergerakan dan perkembangan yang telah dicapai
  • Feedback: Feedback digunakan untuk seluruh karyawan untuk memberikan Feedback untuk rekan kerja, manajer, bahkan untuk dirinya sendiri.
  • Engagement: Fitur ini digunakan untuk mengatur seluruh kegiatan survey dan pulse untuk menilai seberapa besar keterlibatan karyawan

 

Mudahkan Manajemen Laporan Kinerja Karyawan dengan Fitur Result dan Report

Modul Performance Management dalam Software HRD LinovHR masih memiliki fitur lain yang dapat memudahkan manajemen untuk mengelola laporan kinerja karyawan, fitur tersebut adalah Result dan Report.

 

Fitur Result dan Report memiliki masing-masing fungsi yang berbeda, yakni: 

 

  • Result 

 

Fungsi ini akan memudahkan Anda untuk melakukan penilaian kapan saja dan hasilnya bisa dilihat dari fitur Result. Selain itu, Anda juga bisa mendownload hasil penilaian ke berbagai format sesuai dengan kebutuhan (seperti PDF, CSV, excel) dan mencetaknya.

 

 

  • Report 

 

Fitur report dalam modul Performance Management akan menampilkan laporan hasil penilaian kinerja per periode. Jadi divisi HR perusahaan akan mengetahui perkembangan kinerja karyawan dari satu periode ke periode lain. 

Seluruh proses pengelolaan kinerja karyawan mulai dari menentukan target kerja, penilaian kinerja, hingga pembuatan laporan akan dikerjakan secara otomatis, cepat, tepat, akurat, dengan tingkat keamanan yang tinggi berkat modul performance management dari LinovHR. 

Pengelolaan laporan penilaian kinerja karyawan merupakan hal yang cukup krusial.  Karena dari laporan tersebut akan dikaitkan kedalam beberapa proses kerja seperti pembayaran gaji, melakukan promosi jabatan dan lainnya.

 

Jika Anda masih memiliki kendala dalam mengelola laporan penilaian kinerja, segera gunakan Modul Performance dari Software HR LinovHR untuk menghasilkan nilai yang akurat dan dilakukan secara otomatis, cepat dan tepat.  Segera hubungi tim LinovHR untuk info lebih lanjut mengenai sistem performance management LinovHR !

LinovHR/Contact-Us/