Apa Itu Literasi Keuangan? Mengapa Anda Perlu Memahaminya?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

literasi keuangan
Isi Artikel

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat sering sekali terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan keuangan dan anggaran. Namun, banyak yang masih belum bisa mengelolanya dengan baik.

Oleh karena itu, literasi keuangan adalah kemampuan yang dibutuhkan oleh setiap individu agar dapat membuat skala prioritas ketika mengelola keuangan.

Bagi para pelaku bisnis, pemahaman ini sangat penting agar dapat mengatur keuangan dalam bisnis dengan baik dan tepat.

Namun, sebenarnya apa itu literasi keuangan? Artikel LinovHR berikut akan membahas pengertian, pentingnya, manfaat, serta cara meningkatkan literasi mengenai keuangan.

Mari simak artikel ini bersama!

 

Apa Itu Literasi Keuangan?

Literasi keuangan adalah pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan masyarakat mengenai finansial. Sehingga mereka mampu mengelola dan memanfaatkan keuangan yang mereka punya secara maksimal. Dengan kemampuan ini, diharapkan masyarakat mampu mengambil sikap dan memilih keputusan finansial yang lebih bijak.

Sedangkan, menurut OJK, literasi keuangan adalah ilmu atau keahlian yang memengaruhi tingkah laku seseorang sebagai bentuk peningkatan kualitas pengelolaan keuangan dan pengambilan keputusan untuk mencapai kesejahteraan hidup.

Secara umum literasi keuangan adalah kemampuan masyarakat dalam mencari informasi dan memahami lembaga keuangan serta berbagai produknya dalam parameter ukuran indeks.

 

Mengapa Literasi Keuangan Penting?

Pemahaman keuangan penting dalam menyadarkan masyarakat untuk mencapai kemandirian secara finansial di masa depan. Jika tingkat literasi masyarakat tinggi, maka masyarakat akan paham pentingnya kegiatan menabung untuk mempersiapkan finansial di masa depan.

Selain itu, masyarakat dengan tingkat literasi yang tinggi akan memahami kerugian pada sikap konsumtif sehingga terhindar dari pengajuan pinjaman dan berhutang.

Di sisi lain, masyarakat dengan tingkat literasi keuangan rendah akan mudah terbujuk untuk bersikap konsumtif, belanja secara kredit, dan berhutang. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan karena masyarakat yang melakukan kredit, harus membayar uang yang lebih besar untuk melunasi bunga. 

Selain itu, tingkat literasi keuangan yang rendah dapat mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan strategi, pembuatan keputusan, serta perencanaan keuangan sehingga dapat terjadi kebangkrutan dan penyitaan aset.

Kurangnya pengetahuan mengenai investasi dan pentingnya persiapan finansial untuk hari tua juga akan mengakibatkan risiko finansial yang lebih buruk di masa depan.

 

Baca: Tips untuk Karyawan Agar Mencapai Financial Freedom

 

Manfaat Memahami Literasi Keuangan

Setelah memahami betapa pentingnya literasi keuangan, kemampuan ini juga memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna bagi Anda. Adapun manfaat dari literasi keuangan yang dapat Anda nikmati adalah sebagai berikut.

 

1. Literasi Keuangan sebagai Bentuk Investasi

Literasi keuangan dapat menjadi bentuk investasi jangka panjang bagi Anda karena kemampuan ini sangat bermanfaat untuk mengelola dan memelihara kondisi keuangan Anda supaya stabil dan aman di masa mendatang.

 

2. Menentukan Keputusan dan Strategi Keuangan yang Tepat

Dalam mengambil keputusan, utamanya dalam keuangan, tentu Anda dituntut untuk membuat pilihan yang tepat sehingga aspek keuangan menjadi aspek yang rumit. Literasi keuangan bermanfaat untuk membantu Anda agar dapat mengambil strategi dan keputusan keuangan yang benar.

 

3. Dapat Bertanggung Jawab pada Keputusan Keuangan yang Dipilih

Jika Anda memiliki kemampuan literasi keuangan, Anda dapat bertanggung jawab pada pilihan strategi dan keputusan keuangan serta memahami faktor pendukung dan risiko dalam pengambilan keputusan tersebut.

 

4. Berpengaruh pada Kekayaan Finansial

Tingkat literasi keuangan juga dapat berpengaruh pada pertumbuhan kekayaan finansial Anda. Dengan tingkat literasi keuangan yang cukup, Anda dapat memilih produk investasi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda serta mendapatkan hasil yang menguntungkan di masa mendatang.

 

 Baca Juga: Tips Meningkatkan Kesehatan Keuangan untuk Karyawan

 

Cara Meningkatkan Literasi Keuangan

Anda telah mengetahui pentingnya literasi tentang keuangan beserta manfaatnya. Kini, Anda akan menyimak bagaimana cara untuk meningkatkan literasi ini. 

Berikut adalah 6 cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya. 

 

1. Perencanaan Keuangan

Luangkanlah waktu untuk merencanakan keuangan rumah tangga Anda. Habiskan waktu minimal 1 jam seminggu untuk mengecek kondisi keuangan terkini, tagihan dan cicilan, serta rencana keuangan di masa mendatang. 

 

2. Menggali Informasi

Selain meluangkan waktu untuk merencanakan keuangan, Anda juga perlu menyediakan waktu untuk menggali informasi dengan membaca keuangan pribadi, berdiskusi, ikut seminar dan berkonsultasi dengan ahli. Luangkan waktu minimal 30 menit untuk menggali informasi tentang keuangan.

 

3. Melakukan Diskusi

Berdiskusi mengenai keuangan dapat dilakukan bersama dengan siapa saja. Anda dapat berdiskusi dengan teman atau rekan yang juga mengetahui keuangan pribadi. Anda juga bisa berdiskusi dengan orang yang sudah sukses untuk mendapatkan ilmu baru dan motivasi dalam mengelola keuangan.

Selain itu, Anda bisa mengikuti komunitas yang membahas keuangan untuk mempelajari dan mendapatkan wawasan dari pengalaman orang lain.

 

4. Melakukan Simulasi

Lakukanlah simulasi keuangan untuk mendapatkan pengalaman lebih dan mempelajari hal baru dalam mengelola keuangan Anda.

 

5. Trial and Error

Anda dapat melakukan banyak percobaan dan belajar memahami benefit, risiko, serta kesalahan yang Anda buat untuk menemukan strategi dan keputusan keuangan yang tepat bagi kebutuhan dan kemampuan Anda.

 

6. Berkonsultasi

Dengan berkonsultasi pada ahli keuangan, Anda akan dijelaskan mengenai hal-hal terkait dengan keuangan pribadi. Ahli keuangan juga dapat memberikan pertimbangan-pertimbangan yang dapat membantu menyelesaikan masalah keuangan Anda.

 

Itulah pengertian, pentingnya, manfaat serta cara meningkatkan literasi keuangan Anda. Semoga dengan informasi di atas, Anda dapat meningkatkan kemampuan literasi keuangan dan dapat memanfaatkannya untuk mengelola keuangan pribadi Anda.

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter