loyalty program

Apa Sih Manfaat Loyalty Program Bagi Perusahaan dan Contohnya?

Bisnis membutuhkan konsumen setia agar tetap dapat berjalan. Namun, mencari pelanggan yang mau menggunakan produk Anda secara terus menerus juga bukan hal mudah.

Loyalty program disebut-sebut sebagai salah satu cara efektif untuk mempertahankan konsumen dan meraih keuntungan bagi bisnis.

Seperti apa program yang dimaksud ini ?

Simak secara lebih mendalam di artikel LinovHR berikut ini.

 

 

Apa yang Dimaksud Loyalty Program?

Loyalty program adalah program dari perusahaan yang bertujuan untuk memberikan reward pada pelanggan setia. Program ini dilakukan agar pelanggan tidak beralih ke pihak lain.

Dengan menerapkan program ini, konsumen akan terus menggunakan produk dari perusahaan yang sama. Hal ini bisa dipastikan akan terjadi karena konsumen menginginkan reward dari perusahaan.

 

Manfaat Loyalty Program

Loyalty program banyak diterapkan oleh perusahaan bukan tanpa alasan. Penyebab utama diterapkannya adalah adanya manfaat yang bisa diterima perusahaan.

Contoh manfaat program ini yaitu:

 

  1. Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

Sering kali, program loyalitas membuat konsumen membeli produk secara terus menerus. Mereka melakukannya demi memperoleh reward yang ditawarkan oleh perusahaan.

Jika pembelian terus berlanjut, maka penjualan dan pendapatan perusahaan pun meningkat.

 

  1. Membesarkan Nama Perusahaan

Pelanggan yang merasa puas dengan loyalty program juga cenderung membicarakannya dengan orang lain. Dari word of mouth, reputasi loyalty reward program yang ditawarkan akan semakin terkenal.

Akibatnya, nama perusahaan jadi semakin populer. Banyak orang akan penasaran dengan program yang ditawarkan dan memutuskan untuk membeli produk.

 

  1. Mempertahankan Konsumen

Konsumen mempunyai pilihan untuk tetap menggunakan produk dari perusahaan yang sama atau pindah ke produk dari perusahaan lain. Tugas perusahaan adalah memastikan konsumen menggunakan produk dari perusahaannya. Hal itu bisa dicapai dengan loyalty program.

Berkat program ini, konsumen akan setia. Ini karena konsumen ingin mendapatkan reward terbaik dari perusahaan yang hanya dapat dicapai jika mereka terus menggunakan produk perusahaan.

 

  1. Mengumpulkan Informasi Konsumen dengan Mudah

Informasi pribadi konsumen seperti nama dan kontak adalah informasi yang berharga bagi bisnis. Berdasarkan informasi tersebut, perusahaan dapat mengirim promosi yang bisa menarik minat pelanggan.

Melalui loyalty program, nama dan kontak konsumen dapat dikumpulkan tanpa bersusah payah. Sebab biasanya, justru konsumen sendirilah yang mencantumkan informasi pribadinya.

 

Baca Juga: Meningkatkan Omzet Penjualan dengan Strategi Bundling

 

Alasan Loyalty Reward Program Harus Diterapkan pada Bisnis

Loyalty program penting untuk diterapkan pada bisnis. Apalagi pada bisnis fashion, makanan dan minuman, penerbangan dan travel, kartu kredit, e-commerce, serta bisnis retail.

Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah loyalty reward program dapat meningkatkan retensi konsumen.

Retensi konsumen adalah persentase pelanggan yang bertahan dalam menggunakan produk perusahaan. Pelanggan ini selalu menggunakan produk yang sama tanpa beralih ke produk lain.

Mempertahankan pelanggan setia ini jauh lebih mudah dan murah daripada harus mencari pelanggan baru. Sebab biasanya, konsumen mayoritas justru adalah konsumen yang sudah pernah menggunakan produk. Melakukan promosi pada pelanggan lama pun lebih mudah, karena mereka sudah mengenal produk sebelumnya.

Pada konsumen baru, program loyalitas menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam memutuskan penggunaan suatu produk. Banyak konsumen lebih suka jika produk yang digunakan memiliki loyalty program. Mereka lebih senang menggunakan produk yang dapat memberi reward di suatu hari nanti.

Bisnis Anda tentu saja tidak ingin kehilangan pelanggan yang berharga. Karena itulah, loyalty reward program perlu diterapkan dalam bisnis.

 

Contoh Loyalty Program yang Efektif untuk Digunakan

contoh loyalty program
contoh program

 

Anda sudah mengetahui manfaat loyalty reward program bagi bisnis perusahaan. Saat ini, Anda tentu ingin memperoleh manfaat loyalty program dengan menerapkannya. Namun, bagaimana caranya?

Anda dapat mencontek contoh program berikut ini.

 

1. Program Reward Berdasarkan Poin

Programyang satu ini mewajibkan konsumen untuk mengumpulkan sebanyak mungkin poin. Poin-poin yang diperoleh dari pembelian kemudian dapat ditukarkan dengan reward tertentu.

 

2. Program Referral

Lewat program referral, konsumen lama mengajak orang lain untuk turut serta menjadi konsumen. Biasanya, kedua pihak akan menerima reward tertentu dari perusahaan. 

 

3. Program Membership

Program membership menawarkan konsumen untuk menjadi anggota konsumen produk. Umumnya, anggota membership akan menerima keuntungan yang tidak dimiliki non-membership.

 

4. Program Tier-level

Program tier-level membuat konsumen dapat menjajaki level demi level. Misalnya ketika pertama kali bergabung dalam program ini, konsumen berada di level 1 dan menerima sedikit reward. Reward yang dijanjikan bisa terus bertambah jika konsumen naik level.

 

5. Program Subscription

Program subscription membuat konsumen dapat memperoleh keuntungan dalam menggunakan produk jika mereka melakukan subscription dalam jangka waktu tertentu.

Cara kerjanya sama seperti penyedia layanan film yang mengharuskan konsumen untuk berlangganan agar bisa menyaksikan tayangan yang telah disediakan.

 

6. Program Donasi

Beberapa perusahaan sering mengajak konsumennya untuk melakukan donasi setelah bertransaksi. Ternyata, hal ini juga termasuk loyalty program.

Program donasi membuat konsumen merasa empati sehingga mereka akan melakukan transaksi lagi agar bisa terus berdonasi.

 

Itulah tadi beberapa pembahasan terkait loyalty program. Diharapkan dengan menerapkan strategi ini, perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan juga mempertahankan pelanggan.

Semoga bermanfaat!