eNPS

eNPS (Employee Net Promoter Score): Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengukur

Kualitas perusahaan dalam pengelolaan karyawan dapat dilihat dari sudut pandang karyawan. Maka dari itu, perusahaan dapat menggunakan eNPS dalam survey karyawan. Namun, penggunaan eNPS masih jarang dipahami oleh pihak perusahaan. 

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan eNPS? Simak ulasan lengkapnya berikut! 

 

Pengertian eNPS

eNPS atau Employee Net Promoter Score adalah sistem penilaian yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk mengukur tingkat kepuasan dan loyalitas karyawan. Selain itu, sistem ini juga digunakan untuk mengukur tingkat kemungkinan seorang karyawan untuk merekomendasikan perusahaan tempat bekerja kepada teman atau kerabat mereka.

performance review

 

eNPS adalah pengukuran waktu terbaik untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi karyawan dalam satu bulan atau setahun. Melalui penilaian ini juga perusahaan akan mengetahui seberapa banyak karyawannya yang telah merekomendasikan perusahaannya kepada pihak lain.

 

Baca Juga : Manajemen Laporan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan LinovHR

 

Manfaat eNPS

Sistem eNPS memiliki manfaat utama untuk perusahaan, antara lain:

  1. Hasil survey dapat direalisasikan dan juga dibagikan kepada pihak yang berhak untuk mengakses, seperti HRD dan manjaerial.
  2. Melakukan survey dapat dilakukan berbagai tahap kerja, yaitu pelatihan atau peninjauan kinerja.
  3. Survei dapat dilakukan secara cepat dan mudah untuk diselesaikan karyawan.
  4. Hasil eNPS dari satu periode ke periode lainnya akan menjadi tolok ukur kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan di masa depan.
  5. Karyawan yang memiliki keterlibatan tinggi terhadap perusahaan akan memberikan pengalaman pelanggan yang baik sehingga menciptakan loyalitas serta membuat citra baik perusahaan.

 

Sistem eNPS digunakan untuk mendapatkan secara tepat tentang gambaran besar perusahaan mengenai sejauh mana tingkat loyalitas dan keterlibatan karyawan dengan perusahaan. Semakin sering perusahaan melakukan metode eNPS, maka akan lebih besar kemungkinan untuk melakukan benchmarking.

 

Cara Mengukur eNPS

Untuk mengukur penilaian menggunakan eNPS bisa dikatakan cukup mudah. Anda hanya cukup membuat 1 pertanyaan seperti

Berapa besar kemungkinan Anda akan merekomendasikan perusahaan ini?” atau

Berapa besar kemungkinan Anda untuk mengajak teman atau kolega Anda untuk bekerja di perusahaan?

 

Pertanyaan tersebut akan dijawab oleh karyawan dengan memberikan skala dari 0-10. Nilai 0 berarti karyawan tersebut benar-benar tidak merekomendasikan perusahaan ini kepada orang lain. Sedangkan nilai 10 yaitu karyawan benar-benar puas dan ingin mengajak teman-temannya untuk bisa bekerja di perusahaan.

Jika seluruh karyawan telah selesai melakukan penilaian, hasil penilaian tersebut dapat membagi menjadi 3 kategori karyawan, yaitu:

  • 0-6 Detractors, yaitu karyawan tersebut tidak merasakan kenyamanan selama bekerja di perusahaan serta menyebarkan perkataan negatif kepada orang lain.
  • 7-8 Passive, yaitu karyawan yang merasa puas tetapi dapat dengan mudah terpikat dengan tawaran perusahaan lain.
  • 9-10 Promoters, adalah golongan karyawan setia dan bersedia untuk merekomendasikan perusahaan Anda kepada pihak lain dan terlibat aktif dalam perusahaan.

 

Fitur Engagement LinovHR Mudahkan eNPS Perusahaan Anda!

Keterlibatan karyawan kepada perusahaan merupakan pengaruh penting untuk menentukan apakah perusahaan Anda telah memberikan kepuasan dan kenyaman kerja kepada para karyawan. Untuk itu, eNPS bisa Anda gunakan melalui fitur Engagement dari Software HRD LinovHR.

Fitur Engagement berfungsi sebagai mengelola seluruh kegiatan survey dan pulse perusahaan. Semakin seringnya perusahaan Anda melakukan survei dan pulse akan memberikan informasi yang valid tentang kualitas internal perusahaan. Hal ini tentu saja akan memudahkan tim HRD perusahaan untuk melakukan langkah terbaik untuk memperbaiki dan meningkatkan keterlibatan karyawan dengan perusahaan.

 

Baca Juga : Keterlibatan Karyawan di Kantor, Apakah Adakah Sisi Gelapnya?

 

Feedback dan pengalaman baik yang karyawan bagikan kepada pihak luar akan membuat nama baik perusahaan semakin meningkat sehingga membuat proses bisnis semakin lancar. Karena perusahaan dapat memahami dengan benar apa saja yang terjadi di tengah karyawan internal. 

eNPS menjadi salah satu cara perusahaan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan loyalitas karyawan. Dengan memanfaatkan fitur Engagement dari Modul Performance Management Software HRD LinovHR, proses penilaian akan dilakukan secara cepat dan mudah hanya dengan mengakses sistem.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, segera hubungi tim LinovHR sekarang juga!